DAFTAR UPACARA ADAT DI TATAR SUNDA

1. Upacara Adat Seren Taun
Kampung Sinar Resmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Tanggal 12 – 13 Juli Sebagai ungkapan rasa syukur, rasa hormat serta terimakasih kepada Yang Maha Kuasa dan Dewi Sri atas panen yang telah diperoleh.

2.Upacara Adat Seren Taun Ciptagelar
Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirna Resmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Tanggal 5 dan 6 Juli Sebagai ungkapan rasa syukur, rasa hormat serta terimakasih kepada Yang Maha Kuasa dan Dewi Sri atas panen yang telah diperoleh.

3. Upacara Adat Labuh Saji
Kelurahan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi Tanggal 5 – 6 April Agar hasil tangkapan berlimpah setiap tahun dan memelihara hubungan baik dengan Nyi Dewi Roro Kidul.

4. Upacara Adat Nyalawena
Pantai Apra Kabupaten Cianjur Muara Sungai Cisadea Kecamatan Sindangbarang dan Komplek Makam Buyut Sinaraja Kabupaten Cianjur Bulan Desember Untuk menyambut datangnya ikan kecil (impun) dari laut menuju pantai yang jumlahnya sangat banyak yang ditangkap oleh masyarakat untuk dijadikan lauk pauk.


5. Upacara Adat Badirian Pengantin Tebu
Pabrik Gula Jatiwangi dan Kadipaten Kabupaten Majalengka Bulan April/Mei Sebagai rasa syukur atas hasil penanaman tebu yang diperoleh,memohon berkah dan keselamatan untuk memproses (menggiling) tebu menjadi gula, dan mohon berhasil lagi di masa mendatang.

6. Upacara Adat Mipit Indung Pare
Kampung Leuwi Panas Desa Sirnajati Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka Bulan Agustus Sebagai pernyataan syukur atas keberhasilan pertanian serta upaya dalam memelihara hubungan dan mendekatkan diri kepada Allah YME.

7. Desa Legok Herang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan
Bulan November Syukuran, perayaan, hiburan bagi anak gembala dan para petani.

8. Upacara Adat Seren Taun
Komplek Paseban Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Tanggal 18 s.d 22 Rabiul Awal Sebagai salah satu media dalam mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkah yang telah diterima seiring dengan harapan agar dimasa yang akan datang, hasil panen seluruh anggota masyarakat dapat lebih melimpah lagi.

9. Upacara Adat Kawin Cai
Desa Balong dalam Kecamatan Jalakasana Kabupaten Kuningan Bulan November Untuk memohon turun hujan guna mengairi lahan pertanian serta kebutuhan hidup lainnya.

10. Upacara Adat Sapton dan Panahan Tradisional
Sebagai upaya promosi kepariwisataan daerah dan pelestarian nilai-nilai budaya tradisional daerah serta memeriahkan hari jadi Kuningan

11. Upacara Adat Panjang Jimat
Keraton Kasepuhan Kota Cirebon Bulan Mei Untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW dan mengenang jasa-jasanya dalam menyiarkan agama islam.

12. Upacara Adat Nadran
Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon Bulan Juli Untuk keselamatan bagi para nelayan selama melakukan penangkapan ikan di laut serta syukuran atau menyampaikan rasa terimakasih kepada Sang Pencipta yang telah memberikan rezeki pada masyarakat nelayan.
13. Upacara Adat Buyut Nyimas Gandasari
Desa Kasugenan Kidul Kecamatan Plumbon Bulan Oktober Sebagai peringatan (hari ulang tahun/haul) meninggalnya Nyi Mas Gandasari yang dianggap cikal bakal/pendiri kampung.
14. Upacara Adat Memayu
Komplek Pasarean Gede Trusmi Kabupaten Cirebon Bulan November

15. Upacara Adat Ngunjung
Makam Keramat Syekh Magelung Sakti Desa Karang Kendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon
Bulan Oktober Sebagai media untuk memohon perlindungan Yang Maha Kuasa dan para leluhur setempat agar tanah garapan tetap bisa menghasilkan sesuai harapan, juga mendapat berkah dan keselamatan serta lindungan Tuhan yang Maha Esa

16. Upacara Adat Giling Tebu
Desa Karang Suwung Kecamatan Karang Sembung Kabupaten Cirebon Bulan April Sebagai ungkapan rasa syukur dari masyarakat desa Karang Suwung kepada Tuhan YME yang telah memberikan panen yang berlimpah serta tanda terimakasih Pabrik Gula Karang Suwung untuk masyarakat desa yang telah lama bekerja sama membantu Pabrik Gula Karang Suwung dalam penyediaan bahan baku gula.

17. Upacara Adat Nadran
Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandang Haur Kabupaten Indramayu Bulan Oktober Sebagai ungkapan syukuran nelayan atas hasil ikan yang telah diperoleh, mohon keselamatan dari gangguan “penguasa laut”.

18. Upacara Adat Ruatan Bumi
Kampung Banceuy Desa Sanca Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang Sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan pertanian dan upaya tolak bala, sebagai media penghormat kepada leluhur yang berjasa dalam sejarah perkembangan kampung Banceuy.

19. Upacara Adat Ngaruat Laut
Pantai Belanakan Kabupaten Subang Bulan September Sebagai ungkapan rasa syukur nelayan atas nikmat dari Allah Yang Maha Esa, malakukan penghormatan terhadap leluhur, memohon mendapat hasil melimpah di masa mendatang, dan terhindar dari roh-roh jahat.

20. Upacara Adat Nadran
Sungai Buntu Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang Bulan Juni Sebagai Ungkapan rasa syukur nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil ikan yang diperolehnya dan memohon agar dimasa yang akan datang dapat menghasilkan lebih banyak lagi, serta untuk menghormati Budug Basu sebagai tokoh yang dipercaya masyarakat
Sungai Buntu sebagai cikal bakal adanya ikan.

21. Upacara Adat Wuku Taun
Kampung Cikondang Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Tanggal 25 Januari (16 Muharam) Seabagi ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT dan memohon keselamatan, kesejahteraan, terhindar dari kekurangan dan kelemahan di tahun lalu.

22. Upacara Adat Ngalungsurkeun Jimat
Situs Makam Godog, Kampung Godog Desa Lebak Agung Kecamatan Karang Pawitan Kabupaten Garut Bulan Maret Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Prabu Kiasantang yang bernama lain Sunan Rochmat Suci.

23. Cialuteureun Pameungpeuk Kabupaten Garut
Bulan Oktober Sebagai sedekah,mempersemgahkan, menyerahkan atau selamatan dengan cara mengirimkan sesuatu pada Allah SWT melalui laut. 

24. Upacara Hajat Sasih
Kampung Naga Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya Tanggal 7 Febuari Sebagai ucapan Syukur kepada Tuhan YME dan juga kepada Rasul Nya Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan keselamatan, keberhasilan, dan limpahan berupa hasil bumi serta tanah yang subur dan sekaligus sebagai penghormatan dan minta berkah kepada leluhurnya yaitu Eyang Singaparna yang dianggap sebagai cikal bakal masyarakat Kampung Naga yang menurunkan orang Sanaga.

25. Upacara Hajat Laut
Jojontor Pamayang Sari Desa Kucawung Ngading Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya Tanggal 20 Januari (11 Muharam) Sebagai event kepariwisataan.

26. Upacara Adat Ngampih Pare/Ngalaksa
Desa Wisata Ranca Kalong Kecamatan Ranca Kalong Kabupaten Sumedang Bulan Juli Sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah (dalam hal ini masalah padi).

27. Upacara Adat Tutup Buku Guar Bumi/Ngaruat Jagat
Alun-alun Situ Raja Kabupaten Sumedang Desa Karedok Kecamatan Waktu Pelaksanaan Fungsi Jati Gede Kabupaten Sumedang Bulan September Untuk mensyukuri nikmat Tuhan, menandakan bahwa penggarapan sawah akan segera dimulai, dan mengharapkan produksi pertanian yang lebih baik di masa akan datang.

28. Upacara Adat Nyangku
Panjalu Kabupaten Ciamis Bulan Mei Sebagai pernyataan rasa syukur atas perjuangan dalam menjaga kelestarian nilai sejarahnya.

29. Upacara Adat Hajat Bumi
Desa Sukanagara Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis Tanggal 28 Januari Sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas berkah dan nikmat yang telah dianugrahkan Tuhan Yang Maha Esa.

30. Upacara Adat Seren Taun Guru Bumi
Kampung Budaya Sindangbarang Desa Pasir Eurih Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor Tanggal 27 Januari
Sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat petani di Kampung Sindangbarang, Kabupaten Bogor.

31. Upacara Adat Ngarot
Desa Lelea Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu Bulan November Sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen dan permohonan berkah keselamatan serta perlindungan dari Allah SWT.

32. Upacara Adat Tanah Ububan Kamasan
Desa Taman Rahayu Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi Untuk mengenang kembali jasa Raden Sungging Kamasan sebagai orang yang pertama kali mengembangkan kerajinan.

33. Upacara Adat Mapag Sri
Desa Cibeusi Kabupaten Subang Setiap tanggal 14 hari Rabu bulan Juni Untuk menyambut atau menjemput Dewi Sri (Dewi Padi) yang merupakan perwujudan dari rasa hormat kepada Dewi Sri (Dewi Padi) yang telah memberikan kebahagiaan dan berkah kepada petani serta rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas panen padi yang mereka peroleh setiap tahun.

34. Kabuyutan Ciburuy Desa Pamalayan Kecamatan Bayongbong
Kabupaten Garut Setiap bulan Muharam Minggu ke-3, malam Kamis setiap pukul 19.30 WIB Fungsi Sebagai penyampaian kebaktian dan permohonan maaf dari segala kekurangan.

Comments

  1. Ya Alloh.. astaghfirulloh.. itu semua upacara kemusyrikan
    Gmn indonesia bs berkah, kalo cara bersyukurnya malah kaya begitu.. 😭

    ReplyDelete

Post a Comment

Saumpamina aya nu peryogi di komentaran mangga serat di handap. Saran kiritik diperyogikeun pisan kanggo kamajengan eusi blog.

Popular posts from this blog

NGARAN PAPARABOTAN JEUNG PAKAKAS

Masrahkeun Calon Panganten Pameget ( Conto Pidato )

Sisindiran, Paparikan, Rarakitan Jeung Wawangsalan katut contona