Ngaleut Dayeuhkolot-Banjaran (Komunitas Apresisasi Wisata dan sejarah)
Oleh : Ridwan Hutagalung
Sebagai laporan dari ngaleut ke Dayeuhkolot-Banjaran tanggal 20 Maret
2011 kemarin, saya bikin catatan yang ternyata berpanjang-panjang.
Semoga tidak membosankan membacanya.
MONUMEN MOHAMMAD TOHA
Pada hari Minggu lalu, 20 Maret 2011, Komunitas Aleut! mengadakan
kunjungan ke daerah Dayeuhkolot dengan tema utamanya mengenang
peristiwa Bandung Lautan Api (BLA – 1946). Sebagian kita mungkin sudah
mengetahui kaitan Dayeuhkolot dengan BLA. Di sinilah seorang tokoh
kontroversial , Mohammad Toha, meledakkan gudang mesiu Belanda. Bukan
hanya ketokohan Moh. Toha yang kontroversial, namun kronologi
peristiwanya pun lumyan simpang-siur, maklum tak ada seorang pun yang
secara langsung menyaksikan atau mengetahui secara persis peristiwa
itu. Koran Pikiran Rakyat pernah mengadakan investigasi intensif pada
tahun 2007 dengan mewawancarai sejumlah tokoh yang memiliki pengetahuan
dan pengalaman yang mungkin berkaitan. Di antara mereka ada yang juga
mengenali Moh. Toha secara pribadi.
Hasil investigasi Pikiran Rakyat kemudian dimuat secara berturut
selama seminggu penuh. Termasuk di antaranya adalah tulisan dari
kalangan akademisi serta laporan masyarakat pembaca. Tidak semua hal
menjadi terang-benderang setelah peliputan itu, bahkan sempat pula ada
keraguan tentang wajah Moh. Toha yang beberapa fotonya ditampilkan
dalam liputan koran itu.
Kunjungan Komunitas Aleut! hari itu tidak hendak ikut nimbrung dalam
kontroversi ini melainkan sekadar mengenalkan saja secara selintas
peristiwa bersejarah yang hampir terlupakan itu. Di Dayeuhkolot kami
dapat kunjungi lokasi peledakan gudang mesiu yang sekarang sudah
menjadi kolam. Sebuah laporan berdasarkan ingatan, dari Misbah
Sudarman, menyebutkan tentang sebuah lubang yang menganga dan dalam,
sementara di sekitarnya tanah menggunung dalam radius 25 meter.
Rumah-rumah Belanda dan warga di sekitar lokasi itu hancur berantakan.
Saat diwawancarai pada tahun 2007, Misbah Sudarman berusian 72 tahun.
Sekarang lokasi bekas ledakan itu sudah menjadi kolam dengan air
berwarna coklat. Di salah satu sisinya terdapat sebuah karamba besar.
Beberapa orang tua tampak memancing di pinggiran kolam. Di depan kolam
didirikan dua buah monumen, satu monumen berupa patung dada Moh. Toha
dan di belakangnya sebuah monumen yang menjulang tinggi berbentuk
lidah-lidah api dengan tentara yang terperangkap dalam kobarannya. Di
sebelah kiri monumen ini terdapat tembok prasasti berisi 15 kotak
marmer. Pada 13 kotak di antaranya terpahatkan daftar nama pejuang yang
gugur dalam peristiwa Bandung Lautan Api. Dua kotak di sudut kanan
bawah masih tampak kosong. Di bagian atas tembok prasasti ini terdapat
ornamen kobaran api.
Di seberang kolam, agak kurang menonjol, tampak tembok memanjang
dengan relief cerita seputar BLA. Agak sulit untuk menangkap isi relief
ini karena selain letaknya yang jauh di seberang kolam, tidak terdapat
warna-warna yang dapat membantu penglihatan selain sedikit warna emas
yang tampaknya sudah luntur dan kusam. Warna yang mendominasi hanyalah
warna batu andesit yang menjadi bahan tembok ini. Dengan zoom kamera
saya dapat lihat gambaran umum relief yang berisi hal-hal seputar BLA.
Ada gambaran umum pertempuran, Soekarno-Hatta, truk-truk militer,
tulisan-tulisan “Merdeka”, “Bengkel Sepeda Motor Cikudapateuh”, dan
“Dengki Amunition”. Paling kanan adalah relief ledakan gudang mesiu.
Di depan Patung dada Moh. Toha terletak kompleks Batalyon Zeni
Tempur 3/YW. Dalam dua kali kunjungan ke monumen ini ternyata selalu
ada tentara yang menghampiri menanyakan tujuan kedatangan dan izin
kunjungan. Mungkin kedatangan rombongan Aleut! ke tempat ini terlihat
tak lazim, apalagi dengan begitu banyak kegiatan pengamatan dan
foto-foto. Sementara itu di belakang monumen terletak gedung Komando
Daerah Militer 0609 – Komando Rayon Militer 0908 Dayeuhkolot. Kompleks
monumen ini memang terletak di tengah-tengah kawasan militer
Dayeuhkolot, jadi bila ingin berkunjung sebaiknya persiapkanlah berbagai
hal yang diperlukan terutama yang berkaitan dengan perizinan.
Dengan menggunakan angkutan kota baik dari arah Buahbatu/Bale Endah
atau dari arah Kebon Kalapa dan Tegalega, jarak tempuh ke lokasi ini
tidak akan lebih dari 30 menit saja, kecuali di hari-hari biasa yang
umumnya selalu macet. Markas militer dan monumen ini dengan mudah
terlihat di sisi jalan. Selain itu jalur angkutan kota dari kedua arah
itu juga mewakili peristiwa BLA karena merupakan jalur-jalur utama
pengungsian masyarakat Kota Bandung ke daerah selatan setelah Bandung
dijadikan lautan api.
MAKAM LELUHUR BANDUNG
Dari Monumen Moh. Toha, rombongan Aleut! melanjutkan kunjungan ke kompleks makam bupati di Kampung Kaum. Kompleks makam ini terletak agak tersembunyi di tengah kampung. Di ujung gang sudah tampak sebuah gapura putih dengan pintu besi yang masih terkunci. Kompleks makam seluas satu hektare ini dibentengi oleh tembok yang juga berwarna putih. Tanah ini adalah tanah wakaf dari keluarga Dewi Sartika. Pada tembok depan terpasang sebuah prasasti marmer bertuliskan nama-nama tokoh yang dimakamkan di situ :
- Ratu Wiranatakusumah (Raja Timbanganten ke-7)
- R. Tmg. Wira Angun-Angun (Bupati Bandung ke-1)
- R. Tmg. Anggadiredja II (Bupati Bandung ke-4)
- R. Adipati Wiranatakusumah I (Bupati Bandung ke-5)
- R. Dmg. Sastranegara (Patih Bandung)
- R. Rg. Somanegara (Patih Bandung)
- R. Dmg. Suriadipradja (Hoofd Jaksa Bandung)
Selain nama-nama yang tercantum di atas, masih banyak nama tokoh lain yang dimakamkan di sini yang mungkin menarik untuk ditelusuri karena sedikit-banyak mungkin menyimpan cerita tentang sejarah Bandung.
Di tengah kompleks terdapat empat buah makam bercungkup yang
seluruhnya adalah makam pindahan. Masing-masing adalah makam R. Tmg.
Wira Angun-Angun, bupati Bandung pertama (1641-1681), yang dipindahkan
dari Pasirmalang, Bale Endah, pada tahun 1984; Ratu Wiranatakusumah
yang dipindahkan dari tempat asalnya di Cangkuang, Leles, pada tahun
1989; Makam R. Rg. Somanegara yang dipindahkan dari tempat
pembuangannya di Ternate; dan R. Dmg. Suriadipradja yang dipindahkan
dari tempat pembuangannya di Pontianak. R. Dmg. Suriadipradja adalah
ayahanda Dewi Sartika. Dua tokoh terakhir ini dipindahkan pada tahun
1993. Seluruh pemindahan dilakukan oleh Yayasan Komisi Sejarah
Timbanganten-Bandung.
Peristiwa apakah yang melatari pembuangan Somanegara dan Suriadipradja? Ternyata pada tanggal 14 dan 17 Juli 1893 telah terjadi suatu keriuhan yang dikenal dengan sebutan “Peritiwa Dinamit Bandung”. Saat itu di Pendopo Bandung tengah berlangsung perayaan pengangkatan R. Aria Martanegara sebagai Bupati Bandung. Beliau yang keturunan Sumedang, sebelumnya menjabat sebagai Patih Onderafdeling Mangunreja (Sukapurakolot) dan diminta oleh pemerintah Hindia-Belanda untuk menggantikan Bupati Bandung R. Adipati Kusumadilaga yang wafat pada 11 April 1893. Saat itu putera Kusumadilaga, R. Muharam baru berusia empat tahun, sehingga tidak bisa menggantikan ayahnya. Pejabat sementara dipegang oleh Patih Bandung, R. Rg. Somanegara.
Pengangkatan Martanegara sebagai bupati ternyata diterima dengan
kekecewaan mendalam oleh Somanegara. Menurut tradisi yang berlaku,
pengganti pejabat pribumi yang wafat adalah putra sulungnya. Hak ini
tidak dapat diganggu-gugat, namun dengan syarat tambahan yang pelanjut
harus cakap untuk jabatan tersebut. Dalam kasus tertentu, dapat juga
menantu melanjutkan jabatan mertuanya seperti yang terjadi pada Bupati
Bandung pertama, Wira Angun-Angun, yang menyerahkan jabatan kepada
menantunya. Kasus lain terjadi juga pada Bupati Tanggerang di tahun
1739. Walaupun bupati tersebut memiliki tiga orang putera, namun
pemerintah memilih untuk mengangkat menantunya sebagai pengganti
jabatan Bupati Tanggerang.
R. Rg. Somanegara adalah menantu Dalem Bintang atau Adipati
Wiranatakusumah IV, Bupati Bandung sebelum R. Kusumadilaga.
Kesempatannya untuk menjadi Bupati Bandung telah dua kali diabaikan oleh
pemerintah Hindia-Belanda. Pertama, saat mertuanya, R. Adipati
Wiranatakusumah IV, wafat pada 1874, ia harus menerima keputusan
pemerintah yang memilih untuk mengangkat saudara Wiranatakusumah IV
yaitu R. Kusumadilaga. Yang kedua, saat pemerintah memilih mengangkat
seorang keturunan Sumedang, R. Aria Martanegara, sebagai pengganti
Bupati Bandung, R. Kusumadilaga.
Karena itulah mungkin Somanegara merasa kecewa sehingga merencakan pembunuhan terhadap Residen, Asisten Residen, Bupati Bandung dan Sekretarisnya. Caranya adalah dengan melakukan pendinamitan di beberapa lokasi. Di antaranya di sebuah jembatan di atas CI Kapundung dekat Pendopo dan di panggung direksi pacuan kuda di Tegallega. Hasil pengusutan polisi mendapatkan 8 orang tertuduh yang berada dalam pimpinan R. Rg. Somanegara dan ayahanda Dewi Sartika, R. Dmg. Suriadipradja. Pemerintah memutuskan untuk membuang kedua tokoh ini masing-masing ke Ternate dan Pontianak.
Kembali ke kompleks makam. Dulu, wilayah kompleks makam ini adalah bekas pusat pemerintahan Kabupaten Bandung saat masih berada di Krapyak. Di sinilah terletak pendopo kabupaten. Mengelilingi pendopo ini terdapat bangunan-bangunan seperti tajug (sekarang sudah menjadi mesjid) dan kantor kabupaten yang lahannya sekarang sudah habis menjadi permukiman. Bale pertemuan terletak di wilayah Bale Endah sekarang. Dekat dengan pusat pemerintahan ini terletak titik pertemuan sungai Ci Kapundung dengan Ci Tarum, yaitu di Cieunteung yang sekarang bernama Mekarsari.
Semestinya setelah dari kompleks Makam Leluhur Bandung, perjalanan akan dilanjutkan ke Cieunteung, namun karena juru kunci selintas menyebutkan sebuah kabuyutan di Batu Karut, maka saya secara spontan mengajukan usul untuk sekalian menyambangi tempat itu. Sebelumnya saya sudah pernah dua kali mengunjungi tempat itu, namun kali ini suasana yang saya temui agak berbeda.
Kali ini suasana di Bumi Alit Kabuyutan terlihat lebih resik dan terang benderang, tidak seperti pada kunjungan sebelumnya yang terkesan agak gelap sehingga terasa menyeramkan. Sebuah bale besar yang cukup mewah sudah hadir pula di bagian depan. Rasa mewah tentu saja bila dibandingkan dengan bale panggung yang ada sebelumnya. Bumi Alit tampak sangat bersih dan terawat. Belum lagi kehadiran toilet yang baru di bagian lain. Di lokasi ini dulu kosong melompong langsung berbatasan dengan sungai. Sekarang sudah ada pagar dengan jalur jalan batu di bagian luarnya. Tak ada lagi kesan angker dan mistis seperti yang sudah sempat saya iklankan saat mengajukan usulan untuk berkunjung ke kabuyutan ini.
Kunjungan pada hari ini juga berbeda karena bersama saya ada 24 Aleutians yang turut serta, sungguh ramai..
BUMI ALIT KABUYUTAN, BATU KARUT
Perjalanan ke lokasi ini kami tempuh dengan dua buah angkot borongan. Lama perjalanan sekitar 15-20 menit. Tiba di lokasi, kami masih harus mencari juru kunci dulu karena kompleks situs ternyata terkunci. Dari luar tampak plang bertuliskan “Situs Rumah Adat Sunda (Bumi Alit Kabuyutan) – Lebakwangi Batu Karut – Kec. Arjasari Kab. Bandung”.
Juru kunci, Bapak Enggin, segera membukakan gerbang dan mengajak semua peserta untuk berkumpul di bale. Pertanyaan utama dari beliau adalah “apa tujuan kunjungan ini?.” Usia sepuh membuatnya berbicara sangat perlahan dengan artikulasi yang kurang tegas, karena itu semua Aleutians merapat sangat dekat agar dapat menyimak dengan baik. Bagi beberapa teman, usaha ini cukup sia-sia, karena Pak Enggin menggunakan bahasa Sunda dengan banyak kata yang tidak terlalu biasa terdengar dalam percakapan sehari-hari di kota.
Inti cerita, Pak Enggin menyampaikan berbagai simbol yang terdapat dalam Bumi Alit Kabuyutan. Semua simbol ini berkaitan dengan filosofi kehidupan dan keagamaan yang menjadi pedoman hidup masyarakat penganutnya. Menurutnya, Batu Karut adalah pusat penyebaran agama Islam dengan menggunakan siloka. Misalnya saja ukuran rumah yang 5×6 meter dikaitkan dengan rukun Islam dan rukun Iman. Perkalian dari ukuran itu adalah jumlah juz dalam Quran. Angka-angka yang sama terulang lagi dalam menceritakan isi Bumi Alit. Di dalamnya terdapat 5 buah pusaka, yaitu lantingan, pedang, keris, badi, dan tumbak. Kelima pusaka ini ditempatkan dalam sumbul yang sekaligus menjadi pusaka keenam. Semua pusaka dibungkus oleh 5 lapis boeh.
Penceritaan filosofi ini berlangsung cukup lama dan intensif. Namun yang seringkali terjadi dalam kunjungan ke situs-situs keramat seperti ini adalah tidak ada keterangan sejarah yang memadai. Kebanyakan pertanyaan akan dijawab dengan agak kabur atau tidak tahu. Misalnya saja pertanyaan asal mula rumah adat ini, siapa pembangunnya,siapa yang menghuni, bagaimana kisahnya hingga menjadi tempat penyimpanan benda pusaka, dst. Bapak Enggin hanya selintas saja bercerita tentang situs Gunung Alit yang berada dekat dengan Bumi Alit. Di Gunung Alit terdapat beberapa makam tokoh dengan fungsi pemerintahan dan sosial di Batu Karut dahulu.
Masing-masing makam tersebut adalah Mbah Lurah yang memegang urusan
pemerintahan, Mbah Wirakusumah sebagai panglima, Mbah Patrakusumah
urusan seni-budaya, Mbah Ajilayang Suwitadikusumah bagian keagamaan,
dan Mbah Manggung Jayadikusumah. Nama terakhir ini tak saya temukan
fungsinya dalam catatan yang saya buat, tampaknya terlewatkan.
Selain itu Bapak Enggin juga bercerita tentang upacara adat dan tata cara berziarah. Pada bagian ini saya kesulitan mencatat detail sesajian yang semuanya juga dihubungkan dengan filosofi kehidupan. Secara sepintas saya juga bertanya tentang sertifikat yang sebelumnya saya lihat terpajang di rumah Bapak Enggin. Sertifikat itu dikeluarkan oleh Depdikbud Dirjen Kebudayaan Direktorat Kesenian, Jakarta, tahun 1993 bagi peserta Festival Musik Tradisional Tingkat Nasional 1993 di Jakarta. Obrolan pun berlanjut ke kesenian yang dianggap asli Batu Karut, yaitu goong renteng atau sering juga disebut goong renteng Mbah Bandong dengan istilah bandong yang dikaitkan dengan asal-usul nama kota Bandung. Maksudnya adalah bahwa dalam kesenian gamelan ini terdapat dua buah goong yang ngabandong atau berpasangan, berhadapan.
Laras dalam gamelan goong renteng berbeda dengan yang umumnya dikenal, mereka menyebutnya laras bandong. Instrumen lain yang dipergunakan dalam gamelan ini adalah sejenis bonang yang disebut kongkoang, gangsa (sejenis saron), paneteg (sejenis kendang), dan beri yang mirip gong namun tidak berpenclon. Penggunaan gangsa dapat menunjukkan ketuaan kesenian ini karena biasanya tidak digunakan lagi dalam gamelan umumnya. Demikian juga dengan gong beri yang biasanya digunakan dalam peperangan dengan fungsi sebagai penanda. Gong beri tidak lazim digunakan dalam gamelan namun masih dapat ditemui digunakan dalam iringan seni bela diri tradisional.
Selain goong renteng, di daerah ini juga dapat ditemukan seni terebangan (sejenis rebana), reog, barongan, dan beluk. Beberapa tahun lalu, seorang teman peneliti musik dari Perancis pernah mengajak untuk menyaksikan dia merekam kesenian beluk di beberapa tempat, di antaranya di Banjaran. Saya masih selalu menyesal karena saat itu berhalangan untuk memenuhi undangan-undangannya. Namun akhirnya saya sempat juga beberapa kali menyaksikan kesenian ini diperagakan di Sumedang.
Dari Monumen Moh. Toha, rombongan Aleut! melanjutkan kunjungan ke kompleks makam bupati di Kampung Kaum. Kompleks makam ini terletak agak tersembunyi di tengah kampung. Di ujung gang sudah tampak sebuah gapura putih dengan pintu besi yang masih terkunci. Kompleks makam seluas satu hektare ini dibentengi oleh tembok yang juga berwarna putih. Tanah ini adalah tanah wakaf dari keluarga Dewi Sartika. Pada tembok depan terpasang sebuah prasasti marmer bertuliskan nama-nama tokoh yang dimakamkan di situ :
- Ratu Wiranatakusumah (Raja Timbanganten ke-7)
- R. Tmg. Wira Angun-Angun (Bupati Bandung ke-1)
- R. Tmg. Anggadiredja II (Bupati Bandung ke-4)
- R. Adipati Wiranatakusumah I (Bupati Bandung ke-5)
- R. Dmg. Sastranegara (Patih Bandung)
- R. Rg. Somanegara (Patih Bandung)
- R. Dmg. Suriadipradja (Hoofd Jaksa Bandung)
Selain nama-nama yang tercantum di atas, masih banyak nama tokoh lain yang dimakamkan di sini yang mungkin menarik untuk ditelusuri karena sedikit-banyak mungkin menyimpan cerita tentang sejarah Bandung.
Peristiwa apakah yang melatari pembuangan Somanegara dan Suriadipradja? Ternyata pada tanggal 14 dan 17 Juli 1893 telah terjadi suatu keriuhan yang dikenal dengan sebutan “Peritiwa Dinamit Bandung”. Saat itu di Pendopo Bandung tengah berlangsung perayaan pengangkatan R. Aria Martanegara sebagai Bupati Bandung. Beliau yang keturunan Sumedang, sebelumnya menjabat sebagai Patih Onderafdeling Mangunreja (Sukapurakolot) dan diminta oleh pemerintah Hindia-Belanda untuk menggantikan Bupati Bandung R. Adipati Kusumadilaga yang wafat pada 11 April 1893. Saat itu putera Kusumadilaga, R. Muharam baru berusia empat tahun, sehingga tidak bisa menggantikan ayahnya. Pejabat sementara dipegang oleh Patih Bandung, R. Rg. Somanegara.
Karena itulah mungkin Somanegara merasa kecewa sehingga merencakan pembunuhan terhadap Residen, Asisten Residen, Bupati Bandung dan Sekretarisnya. Caranya adalah dengan melakukan pendinamitan di beberapa lokasi. Di antaranya di sebuah jembatan di atas CI Kapundung dekat Pendopo dan di panggung direksi pacuan kuda di Tegallega. Hasil pengusutan polisi mendapatkan 8 orang tertuduh yang berada dalam pimpinan R. Rg. Somanegara dan ayahanda Dewi Sartika, R. Dmg. Suriadipradja. Pemerintah memutuskan untuk membuang kedua tokoh ini masing-masing ke Ternate dan Pontianak.
Kembali ke kompleks makam. Dulu, wilayah kompleks makam ini adalah bekas pusat pemerintahan Kabupaten Bandung saat masih berada di Krapyak. Di sinilah terletak pendopo kabupaten. Mengelilingi pendopo ini terdapat bangunan-bangunan seperti tajug (sekarang sudah menjadi mesjid) dan kantor kabupaten yang lahannya sekarang sudah habis menjadi permukiman. Bale pertemuan terletak di wilayah Bale Endah sekarang. Dekat dengan pusat pemerintahan ini terletak titik pertemuan sungai Ci Kapundung dengan Ci Tarum, yaitu di Cieunteung yang sekarang bernama Mekarsari.
Semestinya setelah dari kompleks Makam Leluhur Bandung, perjalanan akan dilanjutkan ke Cieunteung, namun karena juru kunci selintas menyebutkan sebuah kabuyutan di Batu Karut, maka saya secara spontan mengajukan usul untuk sekalian menyambangi tempat itu. Sebelumnya saya sudah pernah dua kali mengunjungi tempat itu, namun kali ini suasana yang saya temui agak berbeda.
Kali ini suasana di Bumi Alit Kabuyutan terlihat lebih resik dan terang benderang, tidak seperti pada kunjungan sebelumnya yang terkesan agak gelap sehingga terasa menyeramkan. Sebuah bale besar yang cukup mewah sudah hadir pula di bagian depan. Rasa mewah tentu saja bila dibandingkan dengan bale panggung yang ada sebelumnya. Bumi Alit tampak sangat bersih dan terawat. Belum lagi kehadiran toilet yang baru di bagian lain. Di lokasi ini dulu kosong melompong langsung berbatasan dengan sungai. Sekarang sudah ada pagar dengan jalur jalan batu di bagian luarnya. Tak ada lagi kesan angker dan mistis seperti yang sudah sempat saya iklankan saat mengajukan usulan untuk berkunjung ke kabuyutan ini.
Kunjungan pada hari ini juga berbeda karena bersama saya ada 24 Aleutians yang turut serta, sungguh ramai..
BUMI ALIT KABUYUTAN, BATU KARUT
Perjalanan ke lokasi ini kami tempuh dengan dua buah angkot borongan. Lama perjalanan sekitar 15-20 menit. Tiba di lokasi, kami masih harus mencari juru kunci dulu karena kompleks situs ternyata terkunci. Dari luar tampak plang bertuliskan “Situs Rumah Adat Sunda (Bumi Alit Kabuyutan) – Lebakwangi Batu Karut – Kec. Arjasari Kab. Bandung”.
Juru kunci, Bapak Enggin, segera membukakan gerbang dan mengajak semua peserta untuk berkumpul di bale. Pertanyaan utama dari beliau adalah “apa tujuan kunjungan ini?.” Usia sepuh membuatnya berbicara sangat perlahan dengan artikulasi yang kurang tegas, karena itu semua Aleutians merapat sangat dekat agar dapat menyimak dengan baik. Bagi beberapa teman, usaha ini cukup sia-sia, karena Pak Enggin menggunakan bahasa Sunda dengan banyak kata yang tidak terlalu biasa terdengar dalam percakapan sehari-hari di kota.
Inti cerita, Pak Enggin menyampaikan berbagai simbol yang terdapat dalam Bumi Alit Kabuyutan. Semua simbol ini berkaitan dengan filosofi kehidupan dan keagamaan yang menjadi pedoman hidup masyarakat penganutnya. Menurutnya, Batu Karut adalah pusat penyebaran agama Islam dengan menggunakan siloka. Misalnya saja ukuran rumah yang 5×6 meter dikaitkan dengan rukun Islam dan rukun Iman. Perkalian dari ukuran itu adalah jumlah juz dalam Quran. Angka-angka yang sama terulang lagi dalam menceritakan isi Bumi Alit. Di dalamnya terdapat 5 buah pusaka, yaitu lantingan, pedang, keris, badi, dan tumbak. Kelima pusaka ini ditempatkan dalam sumbul yang sekaligus menjadi pusaka keenam. Semua pusaka dibungkus oleh 5 lapis boeh.
Penceritaan filosofi ini berlangsung cukup lama dan intensif. Namun yang seringkali terjadi dalam kunjungan ke situs-situs keramat seperti ini adalah tidak ada keterangan sejarah yang memadai. Kebanyakan pertanyaan akan dijawab dengan agak kabur atau tidak tahu. Misalnya saja pertanyaan asal mula rumah adat ini, siapa pembangunnya,siapa yang menghuni, bagaimana kisahnya hingga menjadi tempat penyimpanan benda pusaka, dst. Bapak Enggin hanya selintas saja bercerita tentang situs Gunung Alit yang berada dekat dengan Bumi Alit. Di Gunung Alit terdapat beberapa makam tokoh dengan fungsi pemerintahan dan sosial di Batu Karut dahulu.
Selain itu Bapak Enggin juga bercerita tentang upacara adat dan tata cara berziarah. Pada bagian ini saya kesulitan mencatat detail sesajian yang semuanya juga dihubungkan dengan filosofi kehidupan. Secara sepintas saya juga bertanya tentang sertifikat yang sebelumnya saya lihat terpajang di rumah Bapak Enggin. Sertifikat itu dikeluarkan oleh Depdikbud Dirjen Kebudayaan Direktorat Kesenian, Jakarta, tahun 1993 bagi peserta Festival Musik Tradisional Tingkat Nasional 1993 di Jakarta. Obrolan pun berlanjut ke kesenian yang dianggap asli Batu Karut, yaitu goong renteng atau sering juga disebut goong renteng Mbah Bandong dengan istilah bandong yang dikaitkan dengan asal-usul nama kota Bandung. Maksudnya adalah bahwa dalam kesenian gamelan ini terdapat dua buah goong yang ngabandong atau berpasangan, berhadapan.
Laras dalam gamelan goong renteng berbeda dengan yang umumnya dikenal, mereka menyebutnya laras bandong. Instrumen lain yang dipergunakan dalam gamelan ini adalah sejenis bonang yang disebut kongkoang, gangsa (sejenis saron), paneteg (sejenis kendang), dan beri yang mirip gong namun tidak berpenclon. Penggunaan gangsa dapat menunjukkan ketuaan kesenian ini karena biasanya tidak digunakan lagi dalam gamelan umumnya. Demikian juga dengan gong beri yang biasanya digunakan dalam peperangan dengan fungsi sebagai penanda. Gong beri tidak lazim digunakan dalam gamelan namun masih dapat ditemui digunakan dalam iringan seni bela diri tradisional.
Selain goong renteng, di daerah ini juga dapat ditemukan seni terebangan (sejenis rebana), reog, barongan, dan beluk. Beberapa tahun lalu, seorang teman peneliti musik dari Perancis pernah mengajak untuk menyaksikan dia merekam kesenian beluk di beberapa tempat, di antaranya di Banjaran. Saya masih selalu menyesal karena saat itu berhalangan untuk memenuhi undangan-undangannya. Namun akhirnya saya sempat juga beberapa kali menyaksikan kesenian ini diperagakan di Sumedang.
Sumber bacaan :
- “Bandung in the Early Revolution 1945-1946”, John R.W. Smail, Cornell Modern Indonesia Project, New York,
1964
- “Dewi Sartika”, Rochiati Wiriaatmadja, Dep. PDK, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi
dan Dokumentasi Sejarah Nasional, 1983/1984
- “Kisah Perjuangan Unsur Ganesa 10 Kurun Waktu 1942-1950”
- “Musical Instruments – A Comprehensive Dictonary”, Sibyl Marcuse, The Norton Library, New York, 1975
- “Saya Pilih Mengungsi”, Ratnayu Sitaresmi, Aan Abdurachman, Ristadi Widodo Kinartojo, Ummy Latifah Widodo,
Bunaya, Bandung, 2002
- Keterangan juru kunci Makam Leluhur Bandung, 18 & 20 Maret 2011
- Keterangan juru kunci Situs Rumah Adat Kabuyutan, Batu Karut, Bapak Enggin, 20 Maret 2011
- Kliping Bandung Lautan Api di HU Pikiran Rakyat 16-28 Maret 2007
1964
- “Dewi Sartika”, Rochiati Wiriaatmadja, Dep. PDK, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi
dan Dokumentasi Sejarah Nasional, 1983/1984
- “Kisah Perjuangan Unsur Ganesa 10 Kurun Waktu 1942-1950”
- “Musical Instruments – A Comprehensive Dictonary”, Sibyl Marcuse, The Norton Library, New York, 1975
- “Saya Pilih Mengungsi”, Ratnayu Sitaresmi, Aan Abdurachman, Ristadi Widodo Kinartojo, Ummy Latifah Widodo,
Bunaya, Bandung, 2002
- Keterangan juru kunci Makam Leluhur Bandung, 18 & 20 Maret 2011
- Keterangan juru kunci Situs Rumah Adat Kabuyutan, Batu Karut, Bapak Enggin, 20 Maret 2011
- Kliping Bandung Lautan Api di HU Pikiran Rakyat 16-28 Maret 2007
Comments
Post a Comment
Saumpamina aya nu peryogi di komentaran mangga serat di handap. Saran kiritik diperyogikeun pisan kanggo kamajengan eusi blog.