Ngabungbang di Cikahuripan (Dok.Salakanagara)
- Get link
- X
- Other Apps
Jika membaca sejarah Bandung Purba, terutama dikaitkan dengan terbentuknya Danau Bandung, tampak jelas peran Sungai Citarum dalam proses terjadinya danau Bandung. Berdasarkan kisah sejarah danau Bandung ini, sudah dapat dipastikan Sungai Citarum sudah ada sejak ribuan, bahkan jutaan tahun yang lampau.
Berbicara Sungai Citarum tidak terlepas dari mana sumber air sungai tersebut. Dan siapa pun tidak akan membantah lagi bahwa yang menjadi sumber air Sungai Citarum adalah hanyalah berasal dari sebuah sumur tua bernama Cisanti. Itulah yang disebut dengan huluwotan Citarum.
Dari huluwotan Citarum inilah air memancar
secara terus-menerus tanpa jeda, keluar dari tanah yang tertampung dalam
sebuah sumur bernama Cisanti. Dari sumur inilah air mengalir sampai
jauh ke ujung lautan, membelah wilayah Tatar Sunda. Sehingga pada jaman
kerajaan, sungai Citarum sempat dijadikan sebagai batas wilayah alam dua
kerajaan besar, antara kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh. Bahkan oleh
kerajaan Galuh yang berpusat di Karangkamulyan, wilayah sumber mata air
Citarum ini dinamakan sebagai wilayah Heneng Galuh atau daerah yang
menjadi titik nol.
Sumur Bandung
Sumber mata air yang
dikenal oleh masyarakat yang sering dijadikan sebagai air cikahuripan
adalah adanya Sumur Bandung. Sumur ini hampir menyebar di beberapa
daerah. Selain terdapat di Kota Bandung sendiri, juga terdapat di
daerah-daerah terpencil. Di kecamatan Solokanjeruk, setidaknya ada 2
lokasi yang disebut Sumur Bandung, yaitu di Kampung Sagalaherang, Desa
Rancakasumba dan di Kampung Saradan, Desa Langensari.
Kedua Sumur
Bandung yang terletak di Kecamatan Solokanjeruk ini, memang tidak lagi
berfungsi seperti dulu. Sumur Bandung Sagalaherang, dulu termasuk salah
satu pavorit yang sering dikunjungi para peziarah dari Cirebon dan
Banten. Biasanya sekitar bulan Mulud, sering pula digunakan untuk acara
ngabungbang.
Acara ngabungbang dimulai pada tengah malam.
Setelah mengikuti acara ritual pasaduan yang dilaksanakan di rumah
kuncen, kemudian mereka mengunjungi lokasi Sumur Bandung untuk mengambil
airnya Sebelumnya, para peserta ritual yang terdiri dari anak-anak
hingga orang dewasa sempat melempar uang sesuai dengan jumlah naktu
kelahiran.
Dengan menggunakan air yang berasal dari Sumur
Bandung itu, kemudian mereka mandi kembang. Ada yang mandi di sekitar
Sumur Bandung, ada pula dengan cara membawa airnya ke rumah kuncen. Dan
di rumah kuncen mereka mencampur air Sumur Bandung degan air sumur
rumah. Campuran air sumur itu kemudian ditaburi aneka macam bunga,
biasanya minimal 7 rupa. Dengan bimbingan kuncen, seorang demi seorang
kemudian mengadakan siraman sampai seluruh badannya basah.
Kebiasaan yang dilakukan pada setiap bulan Mulud itu, memang sudah
sangat jarang dilakukan lagi. Kecuali di Sumur Bandung Saradan. Masih
ada orang yang suka melakukan. Selain untuk mengadakan ritual
ngabungbang, bersamaan dengan itu dilakukan pula kagiatan lain semisal
ngumbah pusaka atau ngumbah pakarang berupa pakakas untuk keperluan
famor. Sehingga tidak mengherankan, terkadang di sekitar Sumur Bandung
itu seringkali ditemukan benda-benda pusaka tersebut.
Kisah di
seputar Sumur Bandung Saradan, menurut pengelola cikahuripan tersebut,
kehadiran Sumur Bandung diawali dari kisah munculnya tokoh-tokoh,
seperti Nyi Kentring Manik, Eyang Aji, Eyang Jangkung, dan Eyang
Balarante. Konon, mereka adalah penguasa kerajaan Tatar Sunda.
Dalam kaitan dengan sejarah kerajaan-kerajaan di Tatar Sunda, nama Nyi
Kentring Manik sering disebutkan sebagai permaisuri karajaan Pajajaran.
Beliau adalah putri Prabu Susuk Tunggal yang dinikahi oleh Prabu
Siliwangi.
Konon dikisahkan, Nyi Kentring Manik Mayang Sunda
kerapkali mengunjungi daerah-daerah terpencil kerajaan dengan didampingi
beberapa orang pengawalnya. Kedatangannya ke daerah-daerah tersebut
biasanya berhubungan dengan adanya pembukaan daerah baru. Dan dalam
setiap pembukaan daerah baru tersebut ditandai dengan terlebih dahulu
mewujudkan sebuah sumur cikahuripan.
Keberadaan sumur cikahuripan
pada masa itu, tidak hanya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan
pengadaan air bersih semata-mata, melainkan pula memiliki fungsi sakral
dan filosofis.
Istilah Sumur Bandung sendiri sering pula
dikaitkan dengan makna kata bandung yang berarti rahim ibu sebagai
sebuah anugerah yang diberikan Sang Maha Pencipta terhadap makhluk
bernama wanita. Rahim ibu inilah yang merupakan titik awal keberangkatan
kehidupan manusia, maka sudah sepantasnya manusia selalu ingat akan
kehadiran seorang ibu dan senantiasa menghormatinya.
Keberadaaan Sumur Bandung adalah bentuk penghormatan kepada eksistensi
wanita dalam konteks setiap pembentukan kawasan baru, maka harus
diresmikan oleh ibu nagara. Itulah sebabnya, keberadaan Sumur Bandung
selalu dikaitkan dengan nama Nyi Kentring Manik Mayang Sunda, sebagai
ibu nagara pada masa itu.
Sumur Bandung dalam perkembangan
selanjutnya oleh masyarakat setempat dianggap sebagai sumur keramat.
Karena adanya nilai keramat ini, atau nilai-nilai sugestif yang berasal
dari para leluhurnya, baik dari tokoh sejarah pendirinya maupun
nilai-nilai budaya tradisi yang pernah hidup pada masanya, maka wajar
kemudian muncul upaya pelestarian nilai-nilai budaya tradisi dan
penghormatan kepada tokoh sejarah yang terkandung di dalamnya.
Upaya mempertahankan nilai-nilai kesakralan terhadap keberadaan Sumur
Bandung sampai kini pun tetap terpelihara. Bahkan hal ini pun diyakini
tidak saja oleh masyarakat awam, melainkan mendapat pengakuan secara
resmi di kalangan pemerintah tradisional sebagaimana dilakukan oleh
Bupati Bandung RHAA Wiranatakusumah II atau yang lebih terkenal dengan
julukan Dalem Kaum saat memindahkan ibukota kabupaten dari Krapyak ke
Kota Bandung sekarang.
Pada masa itu, saat hendak memindahkan
ibukota Kabupaten Bandung, Kangjeng Dalem Kaum sempat mengadakan napak
tilas untuk mencari keberadaan Sumur Bandung yang sempat dibuat oleh Nyi
Kentring Manik Mayang Sunda. Hal ini sesuai dengan petunjuk ‘gaib’ yang
diterimanya. Dan benar saja, setelah dicari dengan mengadakan
perjalanan kaki yang ditemani oleh para kapetengan, akhirnya sumur itu
pun ditemukan.
Setelah sumur itu ditemukan, melalui semacam
ritual upacara ngretakeun bhumi lamba yang hidup pada jaman Pajajaran,
bersama tiga kapetengan kadaleman, yaitu Embah Janalim, Embah Dita dan
Embah Jambrong, dilakukan pemugaran sumur tersebut sambil membacakan
jampe Bandung untuk menandai perpindahan ibukota Bandung, dari tempat
lama di Krapyak ke Kota Bandung sekarang.
Menurut versi ini,
kepindahan ibukota Bandung bukanlah atas perintah Gubernur Jendral
Deandles, melainkan merupakan inisiatif Dalem Kaum yang kemudian
diajukan kepada Deandles, dan mendapat persetujuan secara resmi dari
pemerintah Belanda. Dan bahkan dinyatakan sebagai jarak titik nol untuk
menempuh daerah lainnya di Tatar Sunda.
Majalah Sabilulungan
edisi Maret 2011 memberikan deskripsi kepindahan ibukota Kabupaten
Bandung dari Krapyak ke kota Bandung sekarang, sebagai berikut:
Tanggal 20 Oktober 1794, Radén Indradiréja jeneng jadi Bupati Bandung.
Inyana ngaganti ramana. Basa diwastu, Radén Indradiréja dibéré gelar
Radén Adipati Wiranatakusumah II.
Dina hiji mangsa, Radén
Adipati Wiranatakasumah II ngumpulkeun para kapetenganana. Aya tilu
kapetengan anu kacida setia. Kahiji, Embah Jambrong (panaséhat
religi/Spiritual). Kadua, Embah Janalim (panaséhat lingkungan alam). Ari
anu katiluna katiluna, Embah Dita (panaséhat kadigjayaan atawa
kaamanan).
Embah Jambrong ngaran aslina mah R. Aria Dilaga
Somanagara. Aya ogé anu nyebut R. Kancung Purwawisésa. Disebut kitu
pédah rambutna gondrong. Resep ngukut godég, kumis katut janggot.
Kailaharan mangsa harita jalma anu geus ngabagawan.
Pancén bagawan nyaéta ngaping ratu ngayak ménak. Kana tangtu gentur ku pangaweruh, sugih ku pangarti.
Dikumpulkeunana parakapetengan aya patalina jeung pertanda alam.
Kangjeng Dalem kungsi ningali cahaya. Sageburan, ngagebur di langit
Cikapundung. Tapi teu puguh lebah-lebahna.
“Ieu téh pertanda
saé, Gusti Dalem. Sakumaha iber anu parantos sumebar perkawis rencana
pangwangunan jalan raya. Teu aya lepatna, puseur dayeuh dialihkeun
nyaketan jalan anu badé diadegkeun. Nya, mangga baé, ti kawit ayeuna
langkung saé urang cukcruk heula pitempateun anu sakirana loyog kanggo
kadaton,” walon Embah Janalim. Inyana téh ahli kana maca perwatekan
lembur. Nyarita sotéh kitu, sanggeus aya katerangan ti Embah Jambrong.
Ceuk Embah jambrong, éta cahaya téh mangrupa isyarat. Bisa ogé disebut
‘pituduh gaib’. Bandung leuwih nanjung mun puseur dayeuhna dipindahkeun.
Sanggeus asak babadamian, sapuk sakabéh. Puseur dayeuh Bandung rék dipindahkeun. Tapi kamana?
Kangjeng Dalem gasik baé néangan pitempateun. Henteu cukup ku sakali.
Mimiti ka daérah kalér, ka Cikalintu (Cipaganti ayeuna). Sigana ngarasa
kurang cop. Kapaksa balik deui ngidul, ka Kampung Balubur Hilir (Balai
Kota ayeuna). Sarua, can kénéh cop. Ongkoh teu keuna kana palintangan.
Di Kampung Balubur Hilir Kangjeng Dalem lila reureuh. Malah kungsi
ngadegkeun heula pasanggrahan. Maksudna sangkan teu kudu bulak-balik ti
Krapyak.
Salila ngareureuh, mémang kungsi datang ilapat. Cenah mudu
néangan tempat urut pangguyangan badak. Leuwih alusna pangguyangan
badak putih,
Teu héséeun keur Embah Janalim mah. Sasat apal kana
lacak sasatoan leuweung. Anu disebut ahli maca alam téh éstu saenyana.
Lain pupulasan. Matak, dipentés kitu, teu lila, jol gurudag meunang
laratan.
Cenah, pernahna teu jauh ti walungan Cikapundung.
“Ih, atuh kaula loyog pisan mun di dieu mah, Mamang. Akur jeung dina
ilapat. Cahaya téh ka dieu muragna. Cing, kumaha pamendak, Mamang?”
Kangjeng Dalem ngarérét ka Embah Jambrong.
“Abdi Dalem, ngiringan baé. Sawangan Mamang, ieu téh kersana Nu Murba. Nagara Bandung ngadeg ayeuna,” walon Embah Jambrong.
Sanggeus sapuk, tuluy baé Kangjeng Dalem nunda ciri. Ditindak
ngerahkeun rahayat. ngabukbak leuweung. Tapi, da henteu gagabah.
Sakumaha talari paranti, diayakeun heula acara ruwatan. Kangjeng Dalem
langsung mingpin acarana. Embah Jambrong nu macakeun jampéna:
Marga jasana nu murba
Asal leuweung luwang-liwung
Ngadeg nagara Bandung ayeuna!
Waktu keur ngabukbak leuweung Cikapundung, Kangjeng Dalem jarang balik
ka tempat dumukna. Remen pisan mondok di pasanggrahan Kebon Kawung. Ti
harita, Kangjeng Dalem boga sebutan anyar. Katelahna Dalem Bogor. Cenah,
pédah mindeng mogor (mondok) di pasanggarahan. Ari pasanggarahanana
ayana di Kampung Bogor (ayeuna jadi Kebon Kawung). Ngan sabada pupus
(1829), leuwih katelah Dalem Kaum. Pédah dimakamkeun di tukangeun masjid
Kaum Bandung. Masjid Agung Bandung, mun ayeuna mah (Nyutat tina :
bandungkabmozaik.com )
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment
Saumpamina aya nu peryogi di komentaran mangga serat di handap. Saran kiritik diperyogikeun pisan kanggo kamajengan eusi blog.