Ngabungbang di Cikahuripan (Dok.Salakanagara)

Jika membaca sejarah Bandung Purba, terutama dikaitkan dengan terbentuknya Danau Bandung, tampak jelas peran Sungai Citarum dalam proses terjadinya danau Bandung. Berdasarkan kisah sejarah danau Bandung ini, sudah dapat dipastikan Sungai Citarum sudah ada sejak ribuan, bahkan jutaan tahun yang lampau. 
Berbicara Sungai Citarum tidak terlepas dari mana sumber air sungai tersebut. Dan siapa pun tidak akan membantah lagi bahwa yang menjadi sumber air Sungai Citarum adalah hanyalah berasal dari sebuah sumur tua bernama Cisanti. Itulah yang disebut dengan huluwotan Citarum. 
Dari huluwotan Citarum inilah air memancar secara terus-menerus tanpa jeda, keluar dari tanah yang tertampung dalam sebuah sumur bernama Cisanti. Dari sumur inilah air mengalir sampai jauh ke ujung lautan, membelah wilayah Tatar Sunda. Sehingga pada jaman kerajaan, sungai Citarum sempat dijadikan sebagai batas wilayah alam dua kerajaan besar, antara kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh. Bahkan oleh kerajaan Galuh yang berpusat di Karangkamulyan, wilayah sumber mata air Citarum ini dinamakan sebagai wilayah Heneng Galuh atau daerah yang menjadi titik nol.

Sumur Bandung
Sumber mata air yang dikenal oleh masyarakat yang sering dijadikan sebagai air cikahuripan adalah adanya Sumur Bandung. Sumur ini hampir menyebar di beberapa daerah. Selain terdapat di Kota Bandung sendiri, juga terdapat di daerah-daerah terpencil. Di kecamatan Solokanjeruk, setidaknya ada 2 lokasi yang disebut Sumur Bandung, yaitu di Kampung Sagalaherang, Desa Rancakasumba dan di Kampung Saradan, Desa Langensari. 
Kedua Sumur Bandung yang terletak di Kecamatan Solokanjeruk ini, memang tidak lagi berfungsi seperti dulu. Sumur Bandung Sagalaherang, dulu termasuk salah satu pavorit yang sering dikunjungi para peziarah dari Cirebon dan Banten. Biasanya sekitar bulan Mulud, sering pula digunakan untuk acara ngabungbang.

Acara ngabungbang dimulai pada tengah malam. Setelah mengikuti acara ritual pasaduan yang dilaksanakan di rumah kuncen, kemudian mereka mengunjungi lokasi Sumur Bandung untuk mengambil airnya Sebelumnya, para peserta ritual yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa sempat melempar uang sesuai dengan jumlah naktu kelahiran.

Dengan menggunakan air yang berasal dari Sumur Bandung itu, kemudian mereka mandi kembang. Ada yang mandi di sekitar Sumur Bandung, ada pula dengan cara membawa airnya ke rumah kuncen. Dan di rumah kuncen mereka mencampur air Sumur Bandung degan air sumur rumah. Campuran air sumur itu kemudian ditaburi aneka macam bunga, biasanya minimal 7 rupa. Dengan bimbingan kuncen, seorang demi seorang kemudian mengadakan siraman sampai seluruh badannya basah. 
Kebiasaan yang dilakukan pada setiap bulan Mulud itu, memang sudah sangat jarang dilakukan lagi. Kecuali di Sumur Bandung Saradan. Masih ada orang yang suka melakukan. Selain untuk mengadakan ritual ngabungbang, bersamaan dengan itu dilakukan pula kagiatan lain semisal ngumbah pusaka atau ngumbah pakarang berupa pakakas untuk keperluan famor. Sehingga tidak mengherankan, terkadang di sekitar Sumur Bandung itu seringkali ditemukan benda-benda pusaka tersebut.
Kisah di seputar Sumur Bandung Saradan, menurut pengelola cikahuripan tersebut, kehadiran Sumur Bandung diawali dari kisah munculnya tokoh-tokoh, seperti Nyi Kentring Manik, Eyang Aji, Eyang Jangkung, dan Eyang Balarante. Konon, mereka adalah penguasa kerajaan Tatar Sunda.

Dalam kaitan dengan sejarah kerajaan-kerajaan di Tatar Sunda, nama Nyi Kentring Manik sering disebutkan sebagai permaisuri karajaan Pajajaran. Beliau adalah putri Prabu Susuk Tunggal yang dinikahi oleh Prabu Siliwangi. 
Konon dikisahkan, Nyi Kentring Manik Mayang Sunda kerapkali mengunjungi daerah-daerah terpencil kerajaan dengan didampingi beberapa orang pengawalnya. Kedatangannya ke daerah-daerah tersebut biasanya berhubungan dengan adanya pembukaan daerah baru. Dan dalam setiap pembukaan daerah baru tersebut ditandai dengan terlebih dahulu mewujudkan sebuah sumur cikahuripan.
Keberadaan sumur cikahuripan pada masa itu, tidak hanya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan air bersih semata-mata, melainkan pula memiliki fungsi sakral dan filosofis.

Istilah Sumur Bandung sendiri sering pula dikaitkan dengan makna kata bandung yang berarti rahim ibu sebagai sebuah anugerah yang diberikan Sang Maha Pencipta terhadap makhluk bernama wanita. Rahim ibu inilah yang merupakan titik awal keberangkatan kehidupan manusia, maka sudah sepantasnya manusia selalu ingat akan kehadiran seorang ibu dan senantiasa menghormatinya.

Keberadaaan Sumur Bandung adalah bentuk penghormatan kepada eksistensi wanita dalam konteks setiap pembentukan kawasan baru, maka harus diresmikan oleh ibu nagara. Itulah sebabnya, keberadaan Sumur Bandung selalu dikaitkan dengan nama Nyi Kentring Manik Mayang Sunda, sebagai ibu nagara pada masa itu.
Sumur Bandung dalam perkembangan selanjutnya oleh masyarakat setempat dianggap sebagai sumur keramat. Karena adanya nilai keramat ini, atau nilai-nilai sugestif yang berasal dari para leluhurnya, baik dari tokoh sejarah pendirinya maupun nilai-nilai budaya tradisi yang pernah hidup pada masanya, maka wajar kemudian muncul upaya pelestarian nilai-nilai budaya tradisi dan penghormatan kepada tokoh sejarah yang terkandung di dalamnya.

Upaya mempertahankan nilai-nilai kesakralan terhadap keberadaan Sumur Bandung sampai kini pun tetap terpelihara. Bahkan hal ini pun diyakini tidak saja oleh masyarakat awam, melainkan mendapat pengakuan secara resmi di kalangan pemerintah tradisional sebagaimana dilakukan oleh Bupati Bandung RHAA Wiranatakusumah II atau yang lebih terkenal dengan julukan Dalem Kaum saat memindahkan ibukota kabupaten dari Krapyak ke Kota Bandung sekarang. 
Pada masa itu, saat hendak memindahkan ibukota Kabupaten Bandung, Kangjeng Dalem Kaum sempat mengadakan napak tilas untuk mencari keberadaan Sumur Bandung yang sempat dibuat oleh Nyi Kentring Manik Mayang Sunda. Hal ini sesuai dengan petunjuk ‘gaib’ yang diterimanya. Dan benar saja, setelah dicari dengan mengadakan perjalanan kaki yang ditemani oleh para kapetengan, akhirnya sumur itu pun ditemukan.

Setelah sumur itu ditemukan, melalui semacam ritual upacara ngretakeun bhumi lamba yang hidup pada jaman Pajajaran, bersama tiga kapetengan kadaleman, yaitu Embah Janalim, Embah Dita dan Embah Jambrong, dilakukan pemugaran sumur tersebut sambil membacakan jampe Bandung untuk menandai perpindahan ibukota Bandung, dari tempat lama di Krapyak ke Kota Bandung sekarang.
Menurut versi ini, kepindahan ibukota Bandung bukanlah atas perintah Gubernur Jendral Deandles, melainkan merupakan inisiatif Dalem Kaum yang kemudian diajukan kepada Deandles, dan mendapat persetujuan secara resmi dari pemerintah Belanda. Dan bahkan dinyatakan sebagai jarak titik nol untuk menempuh daerah lainnya di Tatar Sunda.

Majalah Sabilulungan edisi Maret 2011 memberikan deskripsi kepindahan ibukota Kabupaten Bandung dari Krapyak ke kota Bandung sekarang, sebagai berikut:
Tanggal 20 Oktober 1794, Radén Indradiréja jeneng jadi Bupati Bandung. Inyana ngaganti ramana. Basa diwastu, Radén Indradiréja dibéré gelar Radén Adipati Wiranatakusumah II.

Dina hiji mangsa, Radén Adipati Wiranatakasumah II ngumpulkeun para kapetenganana. Aya tilu kapetengan anu kacida setia. Kahiji, Embah Jambrong (panaséhat religi/Spiritual). Kadua, Embah Janalim (panaséhat lingkungan alam). Ari anu katiluna katiluna, Embah Dita (panaséhat kadigjayaan atawa kaamanan). 
Embah Jambrong ngaran aslina mah R. Aria Dilaga Somanagara. Aya ogé anu nyebut R. Kancung Purwawisésa. Disebut kitu pédah rambutna gondrong. Resep ngukut godég, kumis katut janggot. Kailaharan mangsa harita jalma anu geus ngabagawan.

Pancén bagawan nyaéta ngaping ratu ngayak ménak. Kana tangtu gentur ku pangaweruh, sugih ku pangarti.
Dikumpulkeunana parakapetengan aya patalina jeung pertanda alam. Kangjeng Dalem kungsi ningali cahaya. Sageburan, ngagebur di langit Cikapundung. Tapi teu puguh lebah-lebahna.

“Ieu téh pertanda saé, Gusti Dalem. Sakumaha iber anu parantos sumebar perkawis rencana pangwangunan jalan raya. Teu aya lepatna, puseur dayeuh dialihkeun nyaketan jalan anu badé diadegkeun. Nya, mangga baé, ti kawit ayeuna langkung saé urang cukcruk heula pitempateun anu sakirana loyog kanggo kadaton,” walon Embah Janalim. Inyana téh ahli kana maca perwatekan lembur. Nyarita sotéh kitu, sanggeus aya katerangan ti Embah Jambrong. 
Ceuk Embah jambrong, éta cahaya téh mangrupa isyarat. Bisa ogé disebut ‘pituduh gaib’. Bandung leuwih nanjung mun puseur dayeuhna dipindahkeun.
Sanggeus asak babadamian, sapuk sakabéh. Puseur dayeuh Bandung rék dipindahkeun. Tapi kamana?

Kangjeng Dalem gasik baé néangan pitempateun. Henteu cukup ku sakali. Mimiti ka daérah kalér, ka Cikalintu (Cipaganti ayeuna). Sigana ngarasa kurang cop. Kapaksa balik deui ngidul, ka Kampung Balubur Hilir (Balai Kota ayeuna). Sarua, can kénéh cop. Ongkoh teu keuna kana palintangan.

Di Kampung Balubur Hilir Kangjeng Dalem lila reureuh. Malah kungsi ngadegkeun heula pasanggrahan. Maksudna sangkan teu kudu bulak-balik ti Krapyak.
Salila ngareureuh, mémang kungsi datang ilapat. Cenah mudu néangan tempat urut pangguyangan badak. Leuwih alusna pangguyangan badak putih,
Teu héséeun keur Embah Janalim mah. Sasat apal kana lacak sasatoan leuweung. Anu disebut ahli maca alam téh éstu saenyana. Lain pupulasan. Matak, dipentés kitu, teu lila, jol gurudag meunang laratan.

Cenah, pernahna teu jauh ti walungan Cikapundung. “Ih, atuh kaula loyog pisan mun di dieu mah, Mamang. Akur jeung dina ilapat. Cahaya téh ka dieu muragna. Cing, kumaha pamendak, Mamang?” Kangjeng Dalem ngarérét ka Embah Jambrong.
“Abdi Dalem, ngiringan baé. Sawangan Mamang, ieu téh kersana Nu Murba. Nagara Bandung ngadeg ayeuna,” walon Embah Jambrong.
Sanggeus sapuk, tuluy baé Kangjeng Dalem nunda ciri. Ditindak ngerahkeun rahayat. ngabukbak leuweung. Tapi, da henteu gagabah. Sakumaha talari paranti, diayakeun heula acara ruwatan. Kangjeng Dalem langsung mingpin acarana. Embah Jambrong nu macakeun jampéna:

Marga jasana nu murba
Asal leuweung luwang-liwung
Ngadeg nagara Bandung ayeuna!

Waktu keur ngabukbak leuweung Cikapundung, Kangjeng Dalem jarang balik ka tempat dumukna. Remen pisan mondok di pasanggrahan Kebon Kawung. Ti harita, Kangjeng Dalem boga sebutan anyar. Katelahna Dalem Bogor. Cenah, pédah mindeng mogor (mondok) di pasanggarahan. Ari pasanggarahanana ayana di Kampung Bogor (ayeuna jadi Kebon Kawung). Ngan sabada pupus (1829), leuwih katelah Dalem Kaum. Pédah dimakamkeun di tukangeun masjid Kaum Bandung. Masjid Agung Bandung, mun ayeuna mah (Nyutat tina : bandungkabmozaik.com )

Comments

Popular posts from this blog

NGARAN PAPARABOTAN JEUNG PAKAKAS

Masrahkeun Calon Panganten Pameget ( Conto Pidato )

Sisindiran, Paparikan, Rarakitan Jeung Wawangsalan katut contona