Ngabungbang di Cikahuripan (Dok.Salakanagara)
- Get link
 - X
 - Other Apps
 
Jika membaca sejarah Bandung Purba, terutama dikaitkan dengan terbentuknya Danau Bandung, tampak jelas peran Sungai Citarum dalam proses terjadinya danau Bandung. Berdasarkan kisah sejarah danau Bandung ini, sudah dapat dipastikan Sungai Citarum sudah ada sejak ribuan, bahkan jutaan tahun yang lampau.
Berbicara Sungai Citarum tidak terlepas dari mana sumber air sungai tersebut. Dan siapa pun tidak akan membantah lagi bahwa yang menjadi sumber air Sungai Citarum adalah hanyalah berasal dari sebuah sumur tua bernama Cisanti. Itulah yang disebut dengan huluwotan Citarum.
 Dari huluwotan Citarum inilah air memancar 
secara terus-menerus tanpa jeda, keluar dari tanah yang tertampung dalam
 sebuah sumur bernama Cisanti. Dari sumur inilah air mengalir sampai 
jauh ke ujung lautan, membelah wilayah Tatar Sunda. Sehingga pada jaman 
kerajaan, sungai Citarum sempat dijadikan sebagai batas wilayah alam dua
 kerajaan besar, antara kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh. Bahkan oleh 
kerajaan Galuh yang berpusat di Karangkamulyan, wilayah sumber mata air 
Citarum ini dinamakan sebagai wilayah Heneng Galuh atau daerah yang 
menjadi titik nol. 
 
   Sumur Bandung 
   Sumber mata air yang
 dikenal oleh masyarakat yang sering dijadikan sebagai air cikahuripan 
adalah adanya Sumur Bandung. Sumur ini hampir menyebar di beberapa 
daerah. Selain terdapat di Kota Bandung sendiri, juga terdapat di 
daerah-daerah terpencil. Di kecamatan Solokanjeruk, setidaknya ada 2 
lokasi yang disebut Sumur Bandung, yaitu di Kampung Sagalaherang, Desa 
Rancakasumba dan di Kampung Saradan, Desa Langensari. 
 Kedua Sumur 
Bandung yang terletak di Kecamatan Solokanjeruk ini, memang tidak lagi 
berfungsi seperti dulu. Sumur Bandung Sagalaherang, dulu termasuk salah 
satu pavorit yang sering dikunjungi para peziarah dari Cirebon dan 
Banten. Biasanya sekitar bulan Mulud, sering pula digunakan untuk acara 
ngabungbang. 
 
 Acara ngabungbang dimulai pada tengah malam. 
Setelah mengikuti acara ritual pasaduan yang dilaksanakan di rumah 
kuncen, kemudian mereka mengunjungi lokasi Sumur Bandung untuk mengambil
 airnya Sebelumnya, para peserta ritual yang terdiri dari anak-anak 
hingga orang dewasa sempat melempar uang sesuai dengan jumlah naktu 
kelahiran. 
 
 Dengan menggunakan air yang berasal dari Sumur 
Bandung itu, kemudian mereka mandi kembang. Ada yang mandi di sekitar 
Sumur Bandung, ada pula dengan cara membawa airnya ke rumah kuncen. Dan 
di rumah kuncen mereka mencampur air Sumur Bandung degan air sumur 
rumah. Campuran air sumur itu kemudian ditaburi aneka macam bunga, 
biasanya minimal 7 rupa. Dengan bimbingan kuncen, seorang demi seorang 
kemudian mengadakan siraman sampai seluruh badannya basah. 
 
Kebiasaan yang dilakukan pada setiap bulan Mulud itu, memang sudah 
sangat jarang dilakukan lagi. Kecuali di Sumur Bandung Saradan. Masih 
ada orang yang suka melakukan. Selain untuk mengadakan ritual 
ngabungbang, bersamaan dengan itu dilakukan pula kagiatan lain semisal 
ngumbah pusaka atau ngumbah pakarang berupa pakakas untuk keperluan 
famor. Sehingga tidak mengherankan, terkadang di sekitar Sumur Bandung 
itu seringkali ditemukan benda-benda pusaka tersebut. 
 Kisah di 
seputar Sumur Bandung Saradan, menurut pengelola cikahuripan tersebut, 
kehadiran Sumur Bandung diawali dari kisah munculnya tokoh-tokoh, 
seperti Nyi Kentring Manik, Eyang Aji, Eyang Jangkung, dan Eyang 
Balarante. Konon, mereka adalah penguasa kerajaan Tatar Sunda. 
 
 Dalam kaitan dengan sejarah kerajaan-kerajaan di Tatar Sunda, nama Nyi 
Kentring Manik sering disebutkan sebagai permaisuri karajaan Pajajaran. 
Beliau adalah putri Prabu Susuk Tunggal yang dinikahi oleh Prabu 
Siliwangi. 
 Konon dikisahkan, Nyi Kentring Manik Mayang Sunda 
kerapkali mengunjungi daerah-daerah terpencil kerajaan dengan didampingi
 beberapa orang pengawalnya. Kedatangannya ke daerah-daerah tersebut 
biasanya berhubungan dengan adanya pembukaan daerah baru. Dan dalam 
setiap pembukaan daerah baru tersebut ditandai dengan terlebih dahulu 
mewujudkan  sebuah sumur cikahuripan. 
 Keberadaan sumur cikahuripan 
pada masa itu, tidak hanya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan 
pengadaan air bersih semata-mata, melainkan pula memiliki fungsi sakral 
dan filosofis. 
 
 Istilah Sumur Bandung sendiri sering pula 
dikaitkan dengan makna kata bandung yang berarti rahim ibu sebagai 
sebuah anugerah yang diberikan Sang Maha Pencipta terhadap makhluk 
bernama wanita. Rahim ibu inilah yang merupakan titik awal keberangkatan
 kehidupan manusia, maka sudah sepantasnya manusia selalu ingat akan 
kehadiran seorang ibu dan senantiasa menghormatinya.  
 
 
Keberadaaan Sumur Bandung adalah bentuk penghormatan kepada eksistensi 
wanita dalam konteks setiap pembentukan kawasan baru, maka harus 
diresmikan oleh ibu nagara. Itulah sebabnya, keberadaan Sumur Bandung 
selalu dikaitkan dengan nama Nyi Kentring Manik Mayang Sunda, sebagai 
ibu nagara pada masa itu. 
 Sumur Bandung dalam perkembangan 
selanjutnya oleh masyarakat setempat dianggap sebagai sumur keramat. 
Karena adanya nilai keramat ini, atau nilai-nilai sugestif yang berasal 
dari para leluhurnya, baik dari tokoh sejarah pendirinya maupun 
nilai-nilai budaya tradisi yang pernah hidup pada masanya, maka wajar 
kemudian muncul upaya pelestarian nilai-nilai budaya tradisi dan 
penghormatan kepada tokoh sejarah yang terkandung di dalamnya. 
 
 Upaya mempertahankan nilai-nilai kesakralan terhadap keberadaan Sumur 
Bandung sampai kini pun tetap terpelihara. Bahkan hal ini pun diyakini 
tidak saja oleh masyarakat awam, melainkan mendapat pengakuan secara 
resmi di kalangan pemerintah tradisional sebagaimana dilakukan oleh 
Bupati Bandung RHAA Wiranatakusumah II atau yang lebih terkenal dengan 
julukan Dalem Kaum saat memindahkan ibukota kabupaten dari Krapyak ke 
Kota Bandung sekarang. 
 Pada masa itu, saat hendak memindahkan 
ibukota Kabupaten Bandung, Kangjeng Dalem Kaum sempat mengadakan napak 
tilas untuk mencari keberadaan Sumur Bandung yang sempat dibuat oleh Nyi
 Kentring Manik Mayang Sunda. Hal ini sesuai dengan petunjuk ‘gaib’ yang
 diterimanya. Dan benar saja, setelah dicari dengan mengadakan 
perjalanan kaki yang ditemani oleh para kapetengan, akhirnya sumur itu 
pun ditemukan. 
 
 Setelah sumur itu ditemukan, melalui semacam 
ritual upacara ngretakeun bhumi lamba yang hidup pada jaman Pajajaran, 
bersama tiga kapetengan kadaleman, yaitu Embah Janalim, Embah Dita dan 
Embah Jambrong, dilakukan pemugaran sumur tersebut sambil membacakan 
jampe Bandung untuk menandai perpindahan ibukota Bandung, dari tempat 
lama di Krapyak ke Kota Bandung sekarang. 
 Menurut versi ini, 
kepindahan ibukota Bandung bukanlah atas perintah Gubernur Jendral 
Deandles, melainkan merupakan inisiatif Dalem Kaum yang kemudian 
diajukan kepada Deandles, dan mendapat persetujuan secara resmi dari 
pemerintah Belanda. Dan bahkan dinyatakan sebagai jarak titik nol untuk 
menempuh daerah lainnya di Tatar Sunda. 
 
 Majalah Sabilulungan 
edisi Maret 2011 memberikan deskripsi kepindahan ibukota Kabupaten 
Bandung dari Krapyak ke kota Bandung sekarang, sebagai berikut: 
 
Tanggal 20 Oktober 1794, Radén Indradiréja jeneng jadi Bupati Bandung. 
Inyana ngaganti ramana.  Basa diwastu, Radén Indradiréja dibéré gelar 
Radén Adipati Wiranatakusumah II. 
 
 Dina hiji mangsa,  Radén 
Adipati Wiranatakasumah II ngumpulkeun para kapetenganana. Aya tilu 
kapetengan anu kacida setia. Kahiji, Embah Jambrong (panaséhat 
religi/Spiritual). Kadua, Embah Janalim (panaséhat lingkungan alam). Ari
 anu katiluna katiluna, Embah Dita (panaséhat kadigjayaan atawa 
kaamanan). 
 Embah Jambrong ngaran aslina mah R. Aria Dilaga 
Somanagara. Aya ogé anu nyebut R. Kancung Purwawisésa. Disebut kitu 
pédah rambutna gondrong. Resep ngukut godég, kumis katut janggot. 
Kailaharan mangsa harita jalma anu geus ngabagawan. 
 
 Pancén bagawan nyaéta ngaping ratu ngayak ménak. Kana tangtu gentur ku pangaweruh, sugih ku pangarti. 
 Dikumpulkeunana parakapetengan aya patalina jeung pertanda alam. 
Kangjeng Dalem kungsi ningali cahaya. Sageburan, ngagebur di langit 
Cikapundung. Tapi teu puguh lebah-lebahna. 
 
 “Ieu téh pertanda 
saé, Gusti Dalem.  Sakumaha iber anu parantos sumebar perkawis rencana 
pangwangunan jalan raya. Teu aya lepatna, puseur dayeuh dialihkeun 
nyaketan jalan anu badé diadegkeun. Nya, mangga baé,  ti kawit ayeuna 
langkung saé urang cukcruk heula pitempateun anu sakirana loyog kanggo 
kadaton,” walon Embah Janalim. Inyana téh  ahli kana maca perwatekan 
lembur. Nyarita sotéh kitu, sanggeus aya katerangan ti Embah Jambrong. 
 Ceuk Embah jambrong, éta cahaya téh mangrupa isyarat. Bisa ogé disebut 
‘pituduh gaib’. Bandung leuwih nanjung mun puseur dayeuhna dipindahkeun.
 
 Sanggeus asak babadamian, sapuk sakabéh. Puseur dayeuh Bandung rék dipindahkeun. Tapi kamana? 
 
 Kangjeng Dalem gasik baé néangan pitempateun. Henteu cukup ku sakali.  
Mimiti ka daérah kalér, ka Cikalintu (Cipaganti ayeuna). Sigana ngarasa 
kurang cop. Kapaksa balik deui ngidul, ka Kampung Balubur Hilir (Balai 
Kota ayeuna). Sarua, can kénéh cop. Ongkoh teu keuna kana palintangan.
  
 Di Kampung Balubur Hilir Kangjeng Dalem lila reureuh. Malah kungsi 
ngadegkeun heula pasanggrahan. Maksudna sangkan teu kudu bulak-balik ti 
Krapyak. 
 Salila ngareureuh, mémang kungsi datang ilapat. Cenah mudu
 néangan tempat urut pangguyangan badak. Leuwih alusna pangguyangan 
badak putih, 
 Teu héséeun keur Embah Janalim mah. Sasat apal kana 
lacak sasatoan leuweung. Anu disebut ahli maca alam téh éstu saenyana. 
Lain pupulasan. Matak, dipentés kitu, teu lila, jol gurudag meunang 
laratan. 
 
 Cenah, pernahna teu jauh ti walungan Cikapundung. 
“Ih, atuh kaula loyog pisan mun di dieu mah, Mamang. Akur jeung dina 
ilapat. Cahaya téh ka dieu muragna. Cing, kumaha pamendak, Mamang?” 
Kangjeng Dalem ngarérét ka Embah Jambrong. 
 “Abdi Dalem, ngiringan baé. Sawangan Mamang, ieu téh kersana Nu Murba. Nagara Bandung ngadeg ayeuna,” walon Embah Jambrong. 
 Sanggeus sapuk, tuluy baé Kangjeng Dalem nunda ciri. Ditindak 
ngerahkeun rahayat. ngabukbak leuweung.  Tapi, da henteu gagabah. 
Sakumaha talari paranti, diayakeun heula acara ruwatan. Kangjeng Dalem 
langsung mingpin acarana. Embah Jambrong nu macakeun jampéna: 
 
 Marga jasana nu murba 
 Asal leuweung luwang-liwung 
 Ngadeg nagara Bandung ayeuna!    
 Waktu keur ngabukbak leuweung Cikapundung, Kangjeng Dalem jarang balik 
ka tempat dumukna. Remen pisan mondok di pasanggrahan Kebon Kawung. Ti 
harita, Kangjeng Dalem boga sebutan anyar. Katelahna Dalem Bogor. Cenah,
 pédah mindeng mogor (mondok) di pasanggarahan. Ari pasanggarahanana 
ayana di Kampung Bogor (ayeuna jadi Kebon Kawung). Ngan sabada pupus 
(1829), leuwih katelah Dalem Kaum. Pédah dimakamkeun di tukangeun masjid
 Kaum Bandung. Masjid Agung Bandung, mun ayeuna mah (Nyutat tina :  
bandungkabmozaik.com )
   
- Get link
 - X
 - Other Apps
 
Comments
Post a Comment
Saumpamina aya nu peryogi di komentaran mangga serat di handap. Saran kiritik diperyogikeun pisan kanggo kamajengan eusi blog.