KERAJAAN PADJADJARAN BAGIAN KA 1 – (Dokumen Salakanagara)
- Get link
- X
- Other Apps
Kiriman : Yudhi S Suradimadja
Kerajaan Pajajaran adalah sebuah kerajaan yang diperkirakan
beribukotanya di Pakuan (Bogor) di Jawa Barat. Dalam naskah-naskah kuno
nusantara, kerajaan ini sering pula disebut dengan nama Negeri Sunda,
Pasundan, atau berdasarkan nama ibukotanya yaitu Pakuan Pajajaran.
Beberapa catatan menyebutkan bahwa kerajaan ini didirikan tahun 923 oleh
Sri Jayabhupati, seperti yang disebutkan dalam prasasti Sanghyang
Tapak.
Sejarah
Sejarah kerajaan ini tidak dapat
terlepas dari kerajaan-kerajaan pendahulunya di daerah Jawa Barat, yaitu
Kerajaan Tarumanagara, Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh, dan Kawali.
Hal ini karena pemerintahan Kerajaan Pajajaran merupakan kelanjutan dari
kerajaan-kerajaan tersebut. Dari catatan-catatan sejarah yang ada,
dapatlah ditelusuri jejak kerajaan ini; antara lain mengenai ibukota
Pajajaran yaitu Pakuan. Mengenai raja-raja Kerajaan Pajajaran, terdapat
perbedaan urutan antara naskah-naskah Babad Pajajaran, Carita
Parahiangan, dan Carita Waruga Guru.
Penyatuan kembali Sunda-Galuh
Akhirnya Prabu Dewa Niskala menyerahkan Tahta Kerajaan Galuh kepada
puteranya Jayadewata. Demikian pula dengan Prabu Susuktungal yang
menyerahkan Tahta Kerajaan Sunda kepada menantunya ini (Jayadewata).
Dengan peristiwa yang terjadi tahun 1482 itu, kerajaan warisan Wastu
Kencana berada kembali dalam satu tangan. Jayadewata memutuskan untuk
berkedudukan di Pakuan sebagai "Susuhunan" karena ia telah lama tinggal
di sini menjalankan pemerintahan sehari-hari mewakili mertuanya. Sekali
lagi Pakuan menjadi pusat pemerintahan.
Sri Baduga Maharaja
(1482-1521) yang merupakan anak Dewa Niskala sekaligus menantu
Susuktunggal menyatukan kembali Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh dengan
mendirikan Kerajaan baru di Pakuan : Pajajaran.
Selain naskah-naskah babad, Kerajaan Pajajaran juga meninggalkan sejumlah jejak peninggalan dari masa lalu, seperti:
Prasasti Batu Tulis, Bogor
Prasasti Sanghyang Tapak, Sukabumi
Prasasti Kawali, Ciamis
Tugu Perjanjian Portugis (padraõ), Kampung Tugu, Jakarta
Taman perburuan, yang sekarang menjadi Kebun Raya Bogor.
Daftar raja Pajajaran
1. Sri Baduga Maharaja ( Ratu Jayadewata ) (1482 – 1521)
2. Surawisesa (1521 – 1535)
3. Ratu Dewata (1535 – 1543)
4. Ratu Sakti (1543 – 1551)
5. Ratu Nilakendra (1551 - 1567)
6. Raga Mulya/Rangga Mantri/Prabu Sedah/Prabu Suryakancana (1567 – 1579)
Raja-raja Pajajaran
1. Sri Baduga Maharaja
Jaman Pajajaran diawali oleh pemerintahan Sri Baduga Maharaja
(RatuJayadewata) yang memerintah selama 39 thaun (1482 - 1521). Pada
masa inilah Pakuan mencapai puncak perkembangannya.
Dalam prasasti Batutulis diberitakan bahwa Sri Baduga dinobatkan dua kali, yaitu :
Pertama ketika Jayadewata menerima Tahta Galuh dari ayahnya (Prabu Dewa Niskala) yang kemudian bergelar PRABU GURU DEWAPRANATA.
Kedua ketika ia menerima Tahta Kerajaan Sunda dari mertuanya (Susuktunggal).
Dengan peristiwa ini, ia menjadi penguasa Sunda-Galuh dan dinobatkan dengar gelar :
SRI BADUGA MAHARAJA RATU HAJI di PAKUAN PAJAJARAN SRI SANG RATU DEWATA.
Jadi sekali lagi dan untuk terakhir kalinya, setelah "sepi" selama 149
tahun, Jawa Barat kembali menyaksikan iring-iringan rombongan raja yang
berpindah tempat dari timur ke barat.
Di Jawa Barat Sri Baduga ini lebih dikenal dengan nama PRABU SILIWANGI.
Nama Siliwangi sudah tercatat dalam kropak 630 sebagai lakon pantun.
Naskah itu ditulis tahun 1518 ketika Sri Baduga masih hidup.
Lakon Prabu Siliwangi dalam berbagai versinya berintikan kisah tokoh ini menjadi raja di Pakuan.
Peristiwa itu dari segi sejarah berarti saat Sri Baduga mempunyai
kekuasaan yang sama besarnya dengan Wastu Kancana (kakeknya) alias Prabu
Wangi (menurut pandangan para pujangga Sunda).
Menurut tradisi
lama. orang segan atau tidak boleh menyebut gelar raja yang
sesungguhnya, maka juru pantun mempopulerkan sebutan Siliwangi.
Dengan nama itulah ia dikenal dalam literatur Sunda.
Wangsakerta pun mengungkapkan bahwa Siliwangi bukan nama pribadi, ia menulis:
"Kawalya ta wwang Sunda lawan ika wwang Carbon mwang sakweh ira wwang
Jawa Kulwan anyebuta Prabhu Siliwangi raja Pajajaran. Dadyeka dudu
ngaran swaraga nira"
(Hanya orang Sunda dan orang Cirebon serta
semua orang Jawa Barat yang menyebut Prabu Siliwangi raja Pajajaran.
Jadi nama itu bukan nama pribadinya).
Waktu mudanya Sri Baduga
terkenal sebagai kesatria pemberani dan tangkas bahkan satu-satunya yang
pernah mengalahkan RATU JAPURA (AMUK MURUGUL) waktu bersaing
memperbutkan Subanglarang (istri kedua Prabu Siliwangi yang beragama
Islam).
Dalam berbagai hal, orang sejamannya teringat kepada
kebesaran mendiang buyutnya (Prabu Maharaja Lingga Buana) yang gugur di
Bubat yang digelari Prabu Wangi.
{Tentang hal ini, Pustaka
Rajyarajya i Bhumi Nusantara II/2 mengungkapkan bahwa orang Sunda
menganggap Sri Baduga sebagai pengganti Prabu Wangi, sebagai silih yang
telah hilang.
Naskahnya berisi sebagai berikut (artinya saja):
"Di medan perang Bubat ia banyak membinasakan musuhnya karena Prabu
Maharaja sangat menguasai ilmu senjata dan mahir berperang, tidak mau
negaranya diperintah dan dijajah orang lain. Ia berani menghadapi
pasukan besar Majapahit yang dipimpin oleh sang Patih Mada yang
jumlahnya tidak terhitung. Oleh karena itu, ia bersama semua
pengiringnya gugur tidak tersisa. Ia senantiasa mengharapkan kemakmuran
dan kesejahteraan hidup rakyatnya di seluruh bumi Jawa Barat.
Kemashurannya sampai kepada beberapa negara di pulau-pulau Dwipantara
atau Nusantara namanya yang lain.
Kemashuran Sang Prabu
Maharaja membangkitkan (rasa bangga kepada) keluarga, menteri-menteri
kerajaan, angkatan perang dan rakyat Jawa Barat. Oleh karena itu nama
Prabu Maharaja mewangi. Selanjutnya ia di sebut Prabu Wangi. Dan
keturunannya lalu disebut dengan nama Prabu Siliwangi.
Demikianlah menurut penuturan orang Sunda".
Kesenjangan antara pendapat orang Sunda dengan kenyataan sejarah seperti yang diungkapkan di atas mudah dijajagi.
Pangeran Wangsakerta (penanggung jawab penyusunan Sejarah Nusantara)
menganggap bahwa tokoh Prabu Wangi adalah Maharaja Linggabuana yang
gugur di bubat, sedangkan penggantinya ("silih"nya) bukan Sri Baduga
melainkan Wastu Kancana (kakek Sri Baduga, menurut naskah Wastu kancana
disebut juga PRABU WANGSISUTAH).
Orang Sunda tidak
memperhatikan perbedaan ini sehingga menganggap Prabu Siliwangi sebagai
putera Wastu Kancana (Prabu Anggalarang).
Tetapi dalam Carita
Parahiyangan disebutkan bahwa Niskala Wastu Kancana itu adalah "seuweu"
Prabu Wangi. Mengapa Dewa Niskala (ayah Sri Baduga) dilewat?.
Ini disebabkan Dewa Niskala hanya menjadi penguasan Galuh.
Dalam hubungan ini tokoh Sri Baduga memang penerus "langsung" dari
Wastu Kancana. Menurut Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara II/4, ayah
dan mertua Sri Baduga (Dewa Niskala dan Susuktunggal) hanya bergelar
PRABU, sedangkan Jayadewata bergelar MAHARAJA (sama seperti kakeknya
Wastu Kancana sebagai penguasa Sunda-Galuh).
Dengan demikian,
seperti diutarakan Amir Sutaarga (1965), Sri Baduga itu dianggap sebagai
"silih" (pengganti) Prabu Wangi Wastu Kancana (oleh Pangeran
Wangsakerta disebut Prabu Wangisutah).
"Silih" dalam pengertian
kekuasaan ini oleh para pujangga babad yang kemudian ditanggapi sebagai
pergantian generasi langsung dari ayah kepada anak sehingga Prabu
Siliwangi dianggap putera Wastu Kancana.
Proses kepindahan
isteri Ratu Pakuan (Sri Baduga) ke Pakuan terekam oleh pujangga bernama
KAI RAGA di Gunung Srimanganti (Sikuray).
Naskahnya ditulis
dalam gaya pantun dan dinamai CARITA RATU PAKUAN (diperkirakan ditulis
pada akhir abad ke-17 atau awal abad ke-18).
Naskah itu dapat ditemukan pada Kropak 410 . Isinya adalah sebagai berikut (hanya
terjemahannya saja):
Tersebutlah Ngabetkasih
bersama madu-madunya
bergerak payung lebesaran melintas tugu
yang seia dan sekata hendak pulang ke Pakuan
kembali dari keraton di timur
halaman cahaya putih induk permata
cahaya datar namanya
keraton berseri emas permata
rumah berukir lukisan alun
di Sanghiyang Pandan-larang
keraton penenang hidup.
Bergerak barisan depan disusul yang kemudian
teduh dalam ikatan dijunjung
bakul kue dengan tutup yang diukir
kotak jati bersudut bulatan emas
tempat sirih nampan perak
bertiang gading ukiran telapak gajah
hendak dibawa ke Pakuan
Bergerak tandu kencana
beratap cemara gading
bertiang emas
bernama lingkaran langit
berpuncak permata indah
ditatahkan pada watang yang bercungap
Singa-singaan di sebelah kiri-kanan
payung hijau bertiang gading
berpuncak getas yang bertiang
berpuncak emas
dan payung saberilen
berumbai potongan benang
tapok terongnya emas berlekuk
berayun panjang langkahnya
terkedip sambil menoleh
ibarat semut, rukun dengan saudaranya
tingkahnya seperti semut beralih
Bergerak seperti pematang cahaya melayang-layang
berlenggang di awang-awang
pembawa gendi di belakang
pembawa kandaga di depan
dan ayam-ayaman emas kiri-kanan
kidang-kidangan emas di tengah
siapa diusun di singa barong
Bergerak yang di depan, menyusul yang kemudian
barisan yang lain lagi
(yang dikisahkan dalam pantun itu adalah Ngabetkasih (Ambetkasih),
isteri Sri BAduga yang pertama (puteri Ki Gedeng Sindang Kasih, putera
Wastu Kancana ketiga dari Mayangsari). Ia pindah dari keraton timur
(Galuh) ke Pakuan bersama isteri-isteri Sri Baduga yang lain)
Tindakan pertama yang diambil oleh Sri Baduga setelah resmi dinobatkan
jadi raja adalah menunaikan amanat dari kakeknya (Wastu Kancana) yang
disampaikan melalui ayahnya (Ningrat Kancana) ketika ia masih menjadi
mangkubumi di Kawali.
Isi pesan ini bisa ditemukan pada salah satu prasasti peniggalan Sri Baduga di Kebantenan.
Isinya sebagai berikut (artinya saja) :
Semoga selamat. Ini tanda peringatan bagi Rahyang Niskala Wastu Kancana.
Turun kepada Rahyang Ningrat Kancana, maka selanjutnya kepada Susuhunan
sekarang di Pakuan Pajajaran. Harus menitipkan ibukota di Jayagiri dan
ibukota di Sunda Sembawa.
Semoga ada yang mengurusnya. Jangan memberatkannya dengan "dasa", "calagra", "kapas timbang", dan "pare dongdang".
Maka diperintahkan kepada para petugas muara agar jangan memungut bea.
Karena merekalah yang selalu berbakti dan membaktikan diri kepada
ajaran-ajaran. Merekalah yang tegus mengamalkan peraturan dewa.
Dengan tegas di sini disebut "dayeuhan" (ibukota) di Jayagiri dan Sunda
Sembawa. Penduduk kedua dayeuh ini dibebaskan dari 4 macam pajak, yaitu
:
"dasa" (pajak tenaga perorangan),
"calagra" (pajak tenaga kolektif),
"kapas timbang" (kapas 10 pikul) dan
"pare dondang" (padi 1 gotongan).
Dalam kropak 630, urutan pajak tersebut adalah dasa, calagra, "upeti", "panggeureus reuma".
[Dalam kropak 406 disebutkan bahwa dari daerah Kandang Wesi (sekarang
Bungbulang, Garut) harus membawa "kapas sapuluh carangka" (10 carangka=
10 pikul = 1 timbang atau menurut Coolsma, 1 caeng timbang) sebagai
upeti ke Pakuan tiap tahun.
Kapas termasuk upeti. Jadi tidak dikenakan kepada rakyat secara perorangan, melainkan kepada penguasa setempat.
"Pare dondang" disebut "panggeres reuma".
Panggeres adalah hasil lebih atau hasil cuma-cuma tanpa usaha.
Reuma adalah bekas ladang. Jadi, padi yang tumbuh terlambat (turiang)
di bekas ladang setelah dipanen dan kemudian ditinggalkan karena petani
membuka ladang baru, menjadi hak raja atau penguasa setempat (tohaan).
Dongdang adalah alat pikul seperti "tempat tidur" persegi empat yang
diberi tali atau tangkai berlubang untuk memasukan pikulan.
Dondang harus selalu di gotong. Karena bertali atau bertangkai, waktu
digotong selalu berayun sehingga disebut "dondang" (berayun).
Dondang pun khusus dipaka untuk membawa barang antaran pada selamatan
atau arak-arakan. Oleh karena itu, "pare dongdang" atau "penggeres
reuma" ini lebih bersifat barang antaran.
Pajak yang benar-benar hanyalah pajak tenaga dalam bentuk "dasa" dan "calagra"
(Di Majapahit disebut "walaghara = pasukan kerja bakti).
Tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk kepentingan raja diantaranya:
menangkap ikan, berburu, memelihara saluran air (ngikis), bekerja di
ladang atau di "serang ageung" (ladang kerajaan yang hasil padinya di
peruntukkan bagi upacara resmi).
[Dalam kropak 630 disebutkan
"wwang tani bakti di wado" (petani tunduk kepada wado). Wado atau wadwa
ialah prajurit kerajaan yang memimpin calagara. Sistem dasa dan calagara
ini terus berlanjut setelah jaman kerajaan.
Belanda yang di
negaranya tidak mengenal sistem semacam ini memanfaatkanna untuk "rodi".
Bentuk dasa diubah menjadi "Heerendiensten" (bekerja di tanah milik
penguasa atau pembesar).
Calagara diubah menjadi
"Algemeenediensten" (dinas umum) atau "Campongdiesnten" (dinas Kampung)
yang menyangkut kepentingan umum, seperti pemeliharaan saluran air,
jalan, rumah jada dan keamanan.
Jenis pertama dilakukan tanpa
imbalan apa-apa, sedangkan jenis kedua dilakuan dengan imbalan dan
makan. "Preangerstelsel" dan "Cultuurstelsel" yang keduanya berupa
sistem tanam paksa memangfaatkan trasisi pajak tenaga ini.
Dalam akhir abad ke-19 bentuknya berubah menjadi "lakongawe" dan berlaku untuk tingkat desa.
Karena bersifat pajak, ada sangsi untuk mereka yang melalaikannya.
Dari sinilah orang Sunda mempunyai peribahasa "puraga tamba kadengda"
(bekerja sekedar untuk menghindari hukuman atau dendaan).
Bentuk dasa pada dasarnya tetap berlangsung. Di desa ada kewajiban
"gebagan" yaitu bekerja di sawah bengkok dan ti tingkat kabupaten
bekerja untuk menggarap tanah para pembesar setempat.
Jadi
"gotong royong tradisional berupa bekerja untuk kepentingan umum atas
perintah kepala desa", menurut sejarahnya bukanlah gotong royong.
Memang tradisional, tetapi ide dasarnya adalah pajak dalam bentuk
tenaga. Dalam Pustaka Jawadwipa disebut KARYABHAKTI dan sudah dikenal
pada masa Tarumanagara dalam abad ke-5.
Piagam-piagam Sri
Baduga lainnya berupa "piteket" karena langsung merupakan perintahnya.
Isinya tidak hanya pembebasan pajak tetapi juga penetapan batas-batas
"kabuyutan" di Sunda Sembawa dan Gunung Samaya yang dinyatakan sebagai
"lurah kwikuan" yang disebut juga DESA PERDIKAN (desa bebas pajak).
Untuk mengetahui lebih lanjut kejadian di masa pemerintahan Sri Baduga, marilah kita telusuri sumber sejarah sebagai berikut:
Carita Parahiyangan
Dalam sumber sejarah ini, pemerintahan Sri Baduga dilukiskan demikian:
"Purbatisi purbajati, mana mo kadatangan ku musuh ganal musuh alit.
Suka kreta tang lor kidul kulon wetan kena kreta rasa. Tan kreta ja
lakibi dina urang reya, ja loba di sanghiyang siksa"
(Ajaran
dari leluhur dijunjung tinggi sehingga tidak akan kedatangan musuh, baik
berupa laskar maupun penyakit batin. Senang sejahtera di utara, barat
dan timur. Yang tidak merasa sejahtera hanyalah rumah tangga orang
banyak yang serakah akan ajaran agama)
Dari Naskah ini dapat
diketahui, bahwa pada saat itu telah banyak Rakyat Pajajaran yang
beralih agama (Islam) dengan meninggalkan agama lama. Mereka disebut
"loba" (serakah) karena merasa tidak puas dengan agama yang ada, lalu
mencari yang baru.
b. Pustaka Nagara Kretabhumi parwa I serga 2
Naskah ini menceritakan, bahwa pada tanggal 12 bagian terang bulan
Caitra tahun 1404 Saka, Syarif Hidayat menghentikan pengiriman upeti
yang seharusnya di bawa setiap tahun ke Pakuan Pajajaran. [Syarif
Hidayat masih cucu Sri Baduga dari Lara Santang.
Ia dijadikan raja oleh uanya (Pangeran Cakrabuana) dan menjadi raja merdeka di Pajajaran di Bumi Sunda (Jawa Barat).
Ketika itu Sri Baduga baru saja menempati istana Sang Bhima (sebelumnya
di Surawisesa). Kemudian diberitakan, bahwa pasukan Angkatan Laut Demak
yang kuat berada di Pelabuhan Cirebon untuk menjada kemungkinan
datangnya serangan Pajajaran.
Tumenggung Jagabaya beserta 60
anggota pasukannya yang dikirimkan dari Pakuan ke Cirebon, tidak
mengetahui kehadiran pasukan Demak di sana.
Jagabaya tak
berdaya menghadapi pasukan gabungan Cirebon-Demak yang jumlahnya sangat
besar. Akhirnya Jagabaya menghamba dan masuk Islam.
Peristiwa itu membangkitkan kemarahan Sri Baduga. Pasukan besar segera disiapkan untuk menyerang Cirebon.
Akan tetapi pengiriman pasukan itu dapat dicegah oleh PUROHITA (pendeta
tertinggi) keraton KI PURWA GALIH. [Cirebon adalah daerah warisan
Cakrabuana (Walangsungsang) dari mertuanya (Ki Danusela) dan daerah
sekitarnya diwarisi dari kakeknya Ki Gedeng Tapa (Ayah Subanglarang).
Cakrabuana sendiri dinobatkan oleh Sri Baduga (sebelum menjadi Susuhunan) sebagai penguasa Cirebon dengan gelar Sri Mangana.
Karena Syarif Hidayat dinobatkan oleh Cakrabuana dan juga masih cucu
Sri Baduga, maka alasan pembatalan penyerangan itu bisa diterima oleh
penguasa Pajajaran).
Demikianlah situasi yang dihadapi Sri Baduga pada awal masa pemerintahannya.
Dapat dimaklumi kenapa ia mencurahkan perhatian kepada pembinaan agama,
pembuatan parit pertahanan, memperkuat angkatan perang, membuat jalan
dan menyusun PAGELARAN (formasi tempur).
Pajajaran adalah negara yang kuat di darat, tetapi lemah di laut.
Menurut sumber Portugis, di seluruh kerajaan, Pajajaran memiliki
kira-kira 100.000 prajurit. Raja sendiri memiliki pasukan gajah sebanyak
40 ekor.
Di laut, Pajajaran hanya memiliki 6 buah JUNG dari
150 ton dan beberala LANKARAS untuk kepentingan perdagangan
antar-pulaunya. (saat itu perdagangan kuda jenis Pariaman mencapai 4000
ekor/tahun).
Keadaan makin tegang ketika hubungan Demak-Cirebon
makin dikukuhkan dengan perkawinan putera-puteri dari kedua belah
pihak. Ada 4 pasangan yang dijodohkan, yaitu
1. Pangeran Hasanudin dengan Ratu Ayu Kirana (Purnamasidi)
2. Ratu Ayu dengan Pangeran Sabrang Lor
3. Pangeran Jayakelana dengan Ratu Pembayun
4. Pangeran Bratakelana dengan Ratu Ayu Wulan (Ratu Nyawa)
[Perkawinan Sabrang Lor (YUNUS ABDUL KADIR) dengan Ratu Ayu terjadi
1511. Sebagai SENAPATI SARJAWALA (Panglima angkatan laut) Kerajaan
Demak, ia untuk sementara berada di Cirebon]
Persekutuan
Cirebon-Demak inilah yang sangat mencemaskan Sri Baduga di Pakuan. Tahun
1512, ia mengutus putera mahkota Surawisesa menghubungi Panglima
Portugis ALFONSO d'ALBUQUERQUE di Malaka (ketika itu baru saja merebut
Pelabuhan Pasai). Sebaliknya upaya Pajajaran ini telah pula meresahkan
pihak Demak.
Pangeran Cakrabuana dan Susuhunan Jati (Syarif
Hidayat) tetap menghormati Sri Baduga karena masing-masing sebagai ayah
dan kakek.
Oleh karena itu permusuhan antara Pajajaran dengan
Cirebon tidak berkembang ke arah ketegangan yang melumpuhkan
SEKTOR-SEKTOR PEMERINTAHAN.
Sri Baduga hanya tidak senang hubungan Cirebon-Demak yang terlalu akrab, bukan terhadap Kerajaan Cirebon.
Terhadap Islam, ia sendiri tidak membencinya karena salah seorang
permaisurinya (Subanglarang) adalah muslimah dan ketiga anaknya
(Walangsungsang alias Cakrabuana, Lara Santang dan Raja Sangara)
diizinkan sejak kecil mengikuti agama ibunya (Islam).
Karena
permusuhan tidak berlanjut ke arah pertumpahan darah, maka masing-masing
pihak dapat mengembangkan keadaan dalam negerinya.
Demikianlah pemerintahan Sri Baduga dilukiskan sebagai jaman kesejahteraan
(Carita Parahiyangan).
Tome Pires ikut mencatat kemajuan jaman Sri Baduga dengan komentar :
"The Kingdom of Sunda is justly governed; they are true men"
(Kerajaan Sunda diperintah dengan adil; mereka adalah orang-orang jujur).
Juga diberitakan kegiatan perdagangan Sunda dengan Malaka sampai ke kepulauan Maladewa (Maladiven).
Jumlah merica bisa mencapai 1000 bahar (1 bahar = 3 pikul) setahun,
bahkan hasil tammarin (asem) dikatakannya cukup untuk mengisi muatan
1000 kapal.
Naskah KITAB WARUGA JAGAT dari Sumedang dan
PANCAKAKI MASALAH KARUHUN KABEH dari Ciamis yang ditulis dalam abad
ke-18 dalam bahasa Jawa dan huruf Arab-pegon masih menyebut masa
pemerintahan Sri Baduga ini dengan masa GEMUH PAKUAN (kemakmuran Pakuan)
sehingga tak mengherankan bila hanya Sri Baduga yang kemudian
diabadikan kebesarannya oleh raja penggantinya dalam jaman Pajajaran.
Sri Baduga Maharaja alias Prabu Siliwangi yang dalam Prasasti Tembaga
Kebantenan disebut SUSUHUNAN di PAKUAN PAJAJARAN, memerintah selama 39
tahun (1482 - 1521). Ia disebut SECARA ANUMERTA SANG LUMAHING (SANG
MOKTENG) RANCAMAYA karena ia dipusarakan di Rancamaya (di sinilah nilai
khusus Rancamaya).
[Rancamaya terletak kira-kira 7 Km di
sebelah tenggara Kota Bogor. Rancamaya memiliki mata air yang sangat
jernih. Tahun 1960-an di hulu Cirancamaya ini ada sebuah situs makam
kuno dengan pelataran berjari-jari 7.5 m tertutup hamparan rumput halus
dan dikelilingi rumpun bambu setengah lingkaran. Dekat makam itu
terdapat Pohon Hampelas Badak setinggi kira-kira 25 m dan sebuah pohon
beringin.
Dewasa ini seluruh situs sudah "dihancurkan" orang.
Pelatarannya ditanami ubi kayu, pohon-pohonannya ditebang dan makam kuno
itu diberi saung. Di dalamnya sudah bertambah sebuah kuburan baru, lalu
makam kunonya diganti dengan bata pelesteran, ditambah bak kecil untuk
peziarah dengan dinding yang dihiasi huruf Arab.
Makam yang
dikenal sebagai makam Embah Punjung ini mungkin sudah dipopulerkan orang
sebagai MAKAM WALI. Kejadian ini sama seperti kuburan Embah Jepra
pendiri Kampung Paledang yang terdapat di Kebun Raya yang "dijual" orang
sebagai "makam Raja Galuh".
Telaga yang ada di Rancamaya, menurut Pantun Bogor, asalnya bernama Rena Wijaya dan kemudian berubah menjadi Rancamaya.
Akan tetapi, menurut naskah kuno, penamaannya malah dibalik, setelah
menjadi telaga kemudian dinamai Rena Maha Wijaya (terungkap pada
prasasti). "Talaga" (Sangsakerta "tadaga") mengandung arti kolam. Orang
Sunda biasanya menyebut telaga untuk kolam bening di pegunungan atau
tempat yang sunyi.
Kata lain yang sepadan adalah situ (Sangsakerta, setu) yang berarti bendungan.
Bila diteliti keadaan sawah di Rancamaya, dapat diperkirakan bahwa dulu
telaga itu membentang dari hulu Cirancamaya sampai ke kaki bukit
Badigul di sebelah utara jalan lama yang mengitarinya dan berseberangan
dengan Kampung Bojong. Pada sisi utara lapang bola Rancamaya yang
sekarang, tepi telaga itu bersambung dengan kaki bukit.
Bukit
Badigul memperoleh namanya dari penduduk karena penampakannya yang unik.
Bukit itu hampir "gersang" dengan bentuk parabola sempurna dan tampak
seperti "katel" (wajan) terbalik. Bukit-bukit disekitarnya tampak subur.
Badigul hanya ditumbuhi jenis rumput tertentu. Mudah diduga bukit ini
dulu "dikerok" sampai mencapai bentuk parabola. Akibat pengerokan itu
tanah suburnya habis.
Bagidul kemungkinan waktu itu dijadikan
"bukit punden" (bukit pemujaan) yaitu bukit tempat berziarah (bahasa
Sunda, nyekar atau ngembang=tabur bunga). Kemungkinan yang dimaksud
dalam "rajah Waruga Pakuan" dengan Sanghiyang Padungkulan itu adalah
Bukit Badigul ini.
Kedekatan telaga dengan bukit punden bukanlah tradisi baru.
Pada masa Purnawarman, raja beserta para pembesar Tarumanagara selalu
melakukan upacara mandi suci di Gangganadi (Setu Gangga) yang terletak
dalam istana Kerajaan Indraprahasta (di Cirebon Girang). Setelah
bermandi- mandi suci, raja melakukan ziarah ke punden-punden yang
terletak dekat sungai.
Spekulasi lain mengenai pengertian adanya kombinasi Badigul-Rancamaya adalah perpaduan gunung-air yang berarti pula SUNDA-GALUH
2. Surawisesa (1521 - 1535)
Pengganti Sri Baduga Maharaja adalah Surawisesa (puteranya dari Mayang
Sunda dan juga cucu Prabu Susuktunggal). Ia dipuji oleh Carita
Parahiyangan dengan sebutan "kasuran" (perwira), "kadiran" (perkasa) dan
"kuwanen" (pemberani). Selama 14 tahun memerintah ia melakukan 15 kali
pertempuran. Pujian penulis Carita Parahiyangan memang berkaitan dengan
hal ini.
Nagara Kretabhumi I/2 dan sumber Portugis mengisahkan
bahwa Surawisesa pernah diutus ayahnya menghubungi Alfonso d'Albuquerque
(Laksamana Bungker) di Malaka.
Ia pergi ke Malaka dua kali
(1512 dan 1521). Hasil kunjungan pertama adalah kunjungan penjajakan
pihak Portugis pada tahun 1513 yang diikuti oleh Tome Pires, sedangkan
hasil kunjungan yang kedua adalah kedatangan utusan Portugis yang
dipimpin oleh Hendrik de Leme (ipar Alfonso) ke Ibukota Pakuan.
Dalam kunjungan itu disepakati persetujuan antara Pajajaran dan
Portugis mengenai perdagangan dan keamanan. [Ten Dam menganggap bahwa
perjanjian itu hanya lisan, akan tetapi sumber portugis yang kemudian
dikutip Hageman menyebutkan "Van deze overeenkomst werd een geschrift
opgemaakt in dubbel, waarvan elke partij een behield" (Dari perjanjian
ini dibuat tulisan rangkap dua, lalu masing-masing pihak memegang satu)
Menurut Soekanto (1956) perjanjian itu ditandatangai 21 Agustus 1522]
Dalam perjanjian itu disepakati bahwa Portugis akan mendirikan benteng
di Banten dan Kalapa. Untuk itu tiap kapal Portugis yang datang akan
diberi muatan lada yang harus ditukar dengan barang-barang keperluan
yang diminta oleh pihak Sunda.
Kemudian pada saat benteng mulai
dibangun, pihak Sunda akan menyerahkan 1000 karung lada tiap tahun
untuk ditukarkan dengan muatan sebanyak dua "costumodos" (kurang lebih
351 kuintal).
Perjanjian Pajajaran - Portugis sangat
mencemaskan TRENGGANA (Sultan Demak III). Selat Malaka, pintu masuk
perairan Nusantara sebelah utara sudah dikuasai Portugis yang
berkedudukan di Malaka dan Pasai.
Bila Selat Sunda yang menjadi
pintu masuk perairan Nusantara di selatan juga dikuasai Portugis, maka
jalur perdagangan laut yang menjadi urat nadi kehidupan ekonomi Demak
terancam putus.
Trenggana segera mengirim armadanya di bawah
pimpinan FADILLAH KHAN yang menjadi Senapati Demak. [Fadillah Khan
memperistri Ratu Pembayun, janda Pangeran Jayakelana. Kemudian ia pun
menikah dengan Ratu Ayu, janda Sabrang Lor (Sultan Demak II). Dengan
demikian, Fadillah menjadi menantu Raden Patah sekaligus menantu
Susuhunan Jati Cirebon. Dari segi kekerabatan, Fadillah masih terhitung
keponakan Susuhunan Jati karena buyutnya BARKAT ZAINAL ABIDIN adalah
adik NURUL AMIN (kakek Susuhunan Jati dari pihak ayah). Selain itu
Fadillah masih terhitung cucu SUNAN AMPEL (ALI RAKHMATULLAH) sebab
buyutnya adalah kakak IBRAHIN ZAINAL AKBAR ayah Sunan Ampel. Sunan Ampel
sendiri adalah mertua Raden Patah (Sultan Demak I).
Barros
menyebut Fadillah dengan FALETEHAN. Ini barangkali lafal orang Portugis
untuk Fadillah Khan. Tome Pinto menyebutnya TAGARIL untuk KI FADIL
(julukan Fadillah Khan sehari-hari).
Kretabhumi I/2
menyebutkan, bahwa makam Fadillah Khan (disebut juga WONG AGUNG PASE)
terletak di puncak Gunung Sembung berdampingan (di sebelah timurnya)
dengan makam Susushunan Jati. Hoesein Djajaningrat (1913) menganggap
Fadillah identik dengan Susuhunan Jati. Nama Fadillah sendiri baru
muncul dalam buku Sejarah Indonesia susunan Sanusi Pane (1950). Carita
Parahiyangan menyebut Fadillah dengan ARYA BURAH.
Pasukan
Fadillah yang merupakan gabungan pasukan Demak-Cirebon berjumlah 1967
orang. Sasaran pertama adalah Banten, pintu masuk Selat Sunda.
Kedatangan pasukan ini telah didahului dengan huru-hara di Banten yang
ditimbulkan oleh Pangeran Hasanudin dan para pengikutnya. Kedatangan
pasukan Fadillah menyebabkan pasukan Banten terdesak.
Bupati
Banten beserta keluarga dan pembesar keratonnya mengungsi ke Ibukota
Pakuan. Hasanudin kemudian diangkat oleh ayahnya (Susuhunan Jati),
menjadi Bupati Banten (1526).
Setahun kemudian, Fadillah
bersama 1452 orang pasukannya menyerang dan merebut pelabuhan Kalapa.
Bupati Kalapa bersama keluarga dan para menteri kerajaan yang bertugas
di pelabuhan gugur.
Pasukan bantuan dari Pakuan pun dapat
dipukul mundur. Keunggulan pasukan Fadillah terletak pada penggunaan
MERIAM yang justru tidak dimiliki oleh Laskar Pajajaran.
Bantuan Portugis datang terlambat karena Francisco de Sa yang ditugasi
membangun benteng diangkat menjadi Gubernur Goa di India. Keberangkatan
ke Sunda dipersipakan dari Goa dengan 6 buah kapal. Galiun yang dinaiki
De Sa dan berisi peralatan untuk membangun benteng terpaksa ditinggalkan
karena armada ini diterpa badai di Teluk Benggala. De Sa tiba di Malaka
tahun 1527.
Ekspedsi ke Sunda bertolak dari Malaka. Mula-mula
menuju Banten, akan tetapi karena Banten sudah dikuasai Hasanudin,
perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Kalapa.
Di Muara Cisadane, De Sa memancangkan padrao pada tanggal 30 Juni 1527 dan memberikan nama kepada Cisadane "Rio de Sa Jorge".
Kemudian galiun De sa memisahkan diri. Hanya kapal brigantin (dipimpin
Duarte Coelho) yang langsung ke Pelabuhan Kalapa. Coelho terlambat
mengetahui perubahan situasi, kapalnya menepi terlalu dekat ke pantai
dan menjadi mangsa sergapan pasukan Fadillah.
Dengan kerusakan yang berat dan korban yang banyak, kapal Portugis ini berhasil meloloskan diri ke Pasai.
Tahun 1529 Portugis menyiapkan 8 buah kapal untuk melakukan serangan
balasan, akan tetapi karena peristiwa 1527 yang menimpa pasukan Coelho
demikian menakutkan, maka tujuan armada lalu di ubah menuju Pedu.
Setelah Sri Baduga wafat, Pajajaran dengan Cirebon berada pada generasi
yang sejajar. Meskipun yang berkuasa di Cirebon Syarif Hidayat, tetapi
dibelakangnya berdiri Pangeran Cakrabuana (Walasungsang atau bernama
pula HAJI ABDULLAH IMAN). Cakrabuana adalah kakak seayah Prabu
Surawisesa. Dengan demikian, keengganan Cirebon menjamah pelabuhan atau
wilayah lain di Pajajaran menjadi hilang.
[Cirebon sebenarnya
relatif lemah. Akan tetapi berkat dukungan Demak, kedudukannya menjadi
mantap. Setelah kedudukan Demak goyah akibat kegagalan serbuannya ke
Pasuruan dan Panarukan (bahkan Sultan Trenggana tebunuh), kemudian
disusul dengan perang perebutan tahta, maka Cirebon pun turut menjadi
goyah pula. Hal inilah yang menyebabkan kedudukan Cirebon terdesak dan
bahkan terlampaui oleh Banten di kemudian hari]
Perang Cirebon -
Pajajaran berlangsung 5 tahun lamanya. Yang satu tidak berani naik ke
darat, yang satunya lagi tak berani turun ke laut. Cirebon dan Demak
hanya berhasil menguasai kota-kota pelabuhan. Hanya di bagian timur
pasukan Cirebon bergerak lebih jauh ke selatan. Pertempuran dengan Galuh
terjadi tahun 1528.
Di sini pun terlihat peran Demak karena
kemenangan Cirebon terjadi berkat bantuan PASUKAN MERIAM Demak tepat
pada saat pasukan Cirebon terdesak mundur.
Laskar Galuh tidak
berdaya menghadapi "panah besi yang besar yang menyemburkan kukus ireng
dan bersuara seperti guntur serta memuntahkan logam panas". Tombak dan
anak panah mereka lumpuh karena meriam. Maka jatuhlah Galuh. Dua tahun
kemudian jatuh pula Kerajaan Talaga, benteng terakhir Kerajaan Galuh.
SUMEDANG masuk ke dalam lingkaran pengaruh Cirebon dengan dinobatkannya
PANGERAN SANTRI menjadi Bupati Sumedang pada tanggal 21 Oktober 1530.
[Pangeran Santri adalah cucu PANGERAN PANJUNAN, kakak ipar Syarif
Hidayat. Buyut Pangeran Santri adalah SYEKH DATUK KAHFI pendiri
pesantren pertama di Cirebon. Ia menjadi bupati karena pernikahannya
dengan SATYASIH, Pucuk Umum Sumedang. Secara tidak resmi Sumedang
menjadi daerah Cirebon]
Dengan kedudukan yang mantap di timur
Citarum, Cirebon merasa kedudukannya mapan. Selain itu, karena gerakan
ke Pakuan selalu dapat dibendung oleh pasukan Surawisesa, maka kedua
pihak mengambil jalan terbaik dengan berdamai dan mengakui kedudukan
masing-masing.
Tahun 1531 tercapai perdamaian antara Surawisesa
dan Syarif Hidayat. Masing-masing pihak berdiri sebagai negara merdeka.
[Di pihak Cirebon, ikut menandatangani naskah perjanjian, Pangeran
PASAREAN (Putera Mahkota Cirebon), Fadillah Khan dan Hasanudin (Bupati
banten).
Perjanjian damai dengan Cirebon memberikan peluang
kepada Surawisesa untuk mengurus dalam negerinya. Setelah berhasil
memadamkan beberapa pemberontakkan, ia berkesempatan menerawang situasi
dirinya dan kerajaannya. Warisan dari ayahnya hanya tinggal setengahnya,
itupun tanpa pelabuhan pantai utara yang pernah memperkaya Pajajaran
dengan lautnya.
Dengan dukungan 1000 orang pasukan belamati yang setia kepadanyalah, ia masih mampu mempertahankan daerah inti kerajaannya.
Dalam suasana seperti itulah ia mengenang kebesaran ayahandanya.
Perjanjian damai dengan Cirebon memberi kesempatan kepadanya untuk
menunjukkan rasa hormat terhadap mendiang ayahnya. Mungkin juga
sekaligus menunjukkan penyesalannya karena ia tidak mampu mempertahankan
keutuhan wilayah Pakuan Pajajaran yang diamanatkan kepadanya.
Dalam tahun 1533, tepat 12 tahun setelah ayahnya wafat, ia membuat SAKAKALA (tanda peringatan buat ayahnya).
Ditampilkannya di situ karya-karya besar yang telah dilakukan oleh
Susuhunan Pajajaran. ITULAH PRASASTI BATUTULIS yang diletakkannya di
KABUYUTAN tempat tanda kekuasaan Sri Baduga yang berupa LINGGA BATU
ditanamkan.
Penempatannya sedemikian rupa sehingga kedudukan antara anak dengan ayah amat mudah terlihat. (nyambung ka bagian ka 2)
Kerajaan Pajajaran adalah sebuah kerajaan yang diperkirakan beribukotanya di Pakuan (Bogor) di Jawa Barat. Dalam naskah-naskah kuno nusantara, kerajaan ini sering pula disebut dengan nama Negeri Sunda, Pasundan, atau berdasarkan nama ibukotanya yaitu Pakuan Pajajaran. Beberapa catatan menyebutkan bahwa kerajaan ini didirikan tahun 923 oleh Sri Jayabhupati, seperti yang disebutkan dalam prasasti Sanghyang Tapak.
Sejarah
Sejarah kerajaan ini tidak dapat terlepas dari kerajaan-kerajaan pendahulunya di daerah Jawa Barat, yaitu Kerajaan Tarumanagara, Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh, dan Kawali. Hal ini karena pemerintahan Kerajaan Pajajaran merupakan kelanjutan dari kerajaan-kerajaan tersebut. Dari catatan-catatan sejarah yang ada, dapatlah ditelusuri jejak kerajaan ini; antara lain mengenai ibukota Pajajaran yaitu Pakuan. Mengenai raja-raja Kerajaan Pajajaran, terdapat perbedaan urutan antara naskah-naskah Babad Pajajaran, Carita Parahiangan, dan Carita Waruga Guru.
Penyatuan kembali Sunda-Galuh
Akhirnya Prabu Dewa Niskala menyerahkan Tahta Kerajaan Galuh kepada puteranya Jayadewata. Demikian pula dengan Prabu Susuktungal yang menyerahkan Tahta Kerajaan Sunda kepada menantunya ini (Jayadewata).
Dengan peristiwa yang terjadi tahun 1482 itu, kerajaan warisan Wastu Kencana berada kembali dalam satu tangan. Jayadewata memutuskan untuk berkedudukan di Pakuan sebagai "Susuhunan" karena ia telah lama tinggal di sini menjalankan pemerintahan sehari-hari mewakili mertuanya. Sekali lagi Pakuan menjadi pusat pemerintahan.
Sri Baduga Maharaja (1482-1521) yang merupakan anak Dewa Niskala sekaligus menantu Susuktunggal menyatukan kembali Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh dengan mendirikan Kerajaan baru di Pakuan : Pajajaran.
Selain naskah-naskah babad, Kerajaan Pajajaran juga meninggalkan sejumlah jejak peninggalan dari masa lalu, seperti:
Prasasti Batu Tulis, Bogor
Prasasti Sanghyang Tapak, Sukabumi
Prasasti Kawali, Ciamis
Tugu Perjanjian Portugis (padraõ), Kampung Tugu, Jakarta
Taman perburuan, yang sekarang menjadi Kebun Raya Bogor.
Daftar raja Pajajaran
1. Sri Baduga Maharaja ( Ratu Jayadewata ) (1482 – 1521)
2. Surawisesa (1521 – 1535)
3. Ratu Dewata (1535 – 1543)
4. Ratu Sakti (1543 – 1551)
5. Ratu Nilakendra (1551 - 1567)
6. Raga Mulya/Rangga Mantri/Prabu Sedah/Prabu Suryakancana (1567 – 1579)
Raja-raja Pajajaran
1. Sri Baduga Maharaja
Jaman Pajajaran diawali oleh pemerintahan Sri Baduga Maharaja (RatuJayadewata) yang memerintah selama 39 thaun (1482 - 1521). Pada masa inilah Pakuan mencapai puncak perkembangannya.
Dalam prasasti Batutulis diberitakan bahwa Sri Baduga dinobatkan dua kali, yaitu :
Pertama ketika Jayadewata menerima Tahta Galuh dari ayahnya (Prabu Dewa Niskala) yang kemudian bergelar PRABU GURU DEWAPRANATA.
Kedua ketika ia menerima Tahta Kerajaan Sunda dari mertuanya (Susuktunggal).
Dengan peristiwa ini, ia menjadi penguasa Sunda-Galuh dan dinobatkan dengar gelar :
SRI BADUGA MAHARAJA RATU HAJI di PAKUAN PAJAJARAN SRI SANG RATU DEWATA.
Jadi sekali lagi dan untuk terakhir kalinya, setelah "sepi" selama 149 tahun, Jawa Barat kembali menyaksikan iring-iringan rombongan raja yang berpindah tempat dari timur ke barat.
Di Jawa Barat Sri Baduga ini lebih dikenal dengan nama PRABU SILIWANGI.
Nama Siliwangi sudah tercatat dalam kropak 630 sebagai lakon pantun.
Naskah itu ditulis tahun 1518 ketika Sri Baduga masih hidup.
Lakon Prabu Siliwangi dalam berbagai versinya berintikan kisah tokoh ini menjadi raja di Pakuan.
Peristiwa itu dari segi sejarah berarti saat Sri Baduga mempunyai kekuasaan yang sama besarnya dengan Wastu Kancana (kakeknya) alias Prabu Wangi (menurut pandangan para pujangga Sunda).
Menurut tradisi lama. orang segan atau tidak boleh menyebut gelar raja yang sesungguhnya, maka juru pantun mempopulerkan sebutan Siliwangi.
Dengan nama itulah ia dikenal dalam literatur Sunda.
Wangsakerta pun mengungkapkan bahwa Siliwangi bukan nama pribadi, ia menulis:
"Kawalya ta wwang Sunda lawan ika wwang Carbon mwang sakweh ira wwang Jawa Kulwan anyebuta Prabhu Siliwangi raja Pajajaran. Dadyeka dudu ngaran swaraga nira"
(Hanya orang Sunda dan orang Cirebon serta semua orang Jawa Barat yang menyebut Prabu Siliwangi raja Pajajaran. Jadi nama itu bukan nama pribadinya).
Waktu mudanya Sri Baduga terkenal sebagai kesatria pemberani dan tangkas bahkan satu-satunya yang pernah mengalahkan RATU JAPURA (AMUK MURUGUL) waktu bersaing memperbutkan Subanglarang (istri kedua Prabu Siliwangi yang beragama Islam).
Dalam berbagai hal, orang sejamannya teringat kepada kebesaran mendiang buyutnya (Prabu Maharaja Lingga Buana) yang gugur di Bubat yang digelari Prabu Wangi.
{Tentang hal ini, Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara II/2 mengungkapkan bahwa orang Sunda menganggap Sri Baduga sebagai pengganti Prabu Wangi, sebagai silih yang telah hilang.
Naskahnya berisi sebagai berikut (artinya saja):
"Di medan perang Bubat ia banyak membinasakan musuhnya karena Prabu Maharaja sangat menguasai ilmu senjata dan mahir berperang, tidak mau negaranya diperintah dan dijajah orang lain. Ia berani menghadapi pasukan besar Majapahit yang dipimpin oleh sang Patih Mada yang jumlahnya tidak terhitung. Oleh karena itu, ia bersama semua pengiringnya gugur tidak tersisa. Ia senantiasa mengharapkan kemakmuran dan kesejahteraan hidup rakyatnya di seluruh bumi Jawa Barat. Kemashurannya sampai kepada beberapa negara di pulau-pulau Dwipantara atau Nusantara namanya yang lain.
Kemashuran Sang Prabu Maharaja membangkitkan (rasa bangga kepada) keluarga, menteri-menteri kerajaan, angkatan perang dan rakyat Jawa Barat. Oleh karena itu nama Prabu Maharaja mewangi. Selanjutnya ia di sebut Prabu Wangi. Dan keturunannya lalu disebut dengan nama Prabu Siliwangi.
Demikianlah menurut penuturan orang Sunda".
Kesenjangan antara pendapat orang Sunda dengan kenyataan sejarah seperti yang diungkapkan di atas mudah dijajagi.
Pangeran Wangsakerta (penanggung jawab penyusunan Sejarah Nusantara) menganggap bahwa tokoh Prabu Wangi adalah Maharaja Linggabuana yang gugur di bubat, sedangkan penggantinya ("silih"nya) bukan Sri Baduga melainkan Wastu Kancana (kakek Sri Baduga, menurut naskah Wastu kancana disebut juga PRABU WANGSISUTAH).
Orang Sunda tidak memperhatikan perbedaan ini sehingga menganggap Prabu Siliwangi sebagai putera Wastu Kancana (Prabu Anggalarang).
Tetapi dalam Carita Parahiyangan disebutkan bahwa Niskala Wastu Kancana itu adalah "seuweu" Prabu Wangi. Mengapa Dewa Niskala (ayah Sri Baduga) dilewat?.
Ini disebabkan Dewa Niskala hanya menjadi penguasan Galuh.
Dalam hubungan ini tokoh Sri Baduga memang penerus "langsung" dari Wastu Kancana. Menurut Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara II/4, ayah dan mertua Sri Baduga (Dewa Niskala dan Susuktunggal) hanya bergelar PRABU, sedangkan Jayadewata bergelar MAHARAJA (sama seperti kakeknya Wastu Kancana sebagai penguasa Sunda-Galuh).
Dengan demikian, seperti diutarakan Amir Sutaarga (1965), Sri Baduga itu dianggap sebagai "silih" (pengganti) Prabu Wangi Wastu Kancana (oleh Pangeran Wangsakerta disebut Prabu Wangisutah).
"Silih" dalam pengertian kekuasaan ini oleh para pujangga babad yang kemudian ditanggapi sebagai pergantian generasi langsung dari ayah kepada anak sehingga Prabu Siliwangi dianggap putera Wastu Kancana.
Proses kepindahan isteri Ratu Pakuan (Sri Baduga) ke Pakuan terekam oleh pujangga bernama KAI RAGA di Gunung Srimanganti (Sikuray).
Naskahnya ditulis dalam gaya pantun dan dinamai CARITA RATU PAKUAN (diperkirakan ditulis pada akhir abad ke-17 atau awal abad ke-18).
Naskah itu dapat ditemukan pada Kropak 410 . Isinya adalah sebagai berikut (hanya
terjemahannya saja):
Tersebutlah Ngabetkasih
bersama madu-madunya
bergerak payung lebesaran melintas tugu
yang seia dan sekata hendak pulang ke Pakuan
kembali dari keraton di timur
halaman cahaya putih induk permata
cahaya datar namanya
keraton berseri emas permata
rumah berukir lukisan alun
di Sanghiyang Pandan-larang
keraton penenang hidup.
Bergerak barisan depan disusul yang kemudian
teduh dalam ikatan dijunjung
bakul kue dengan tutup yang diukir
kotak jati bersudut bulatan emas
tempat sirih nampan perak
bertiang gading ukiran telapak gajah
hendak dibawa ke Pakuan
Bergerak tandu kencana
beratap cemara gading
bertiang emas
bernama lingkaran langit
berpuncak permata indah
ditatahkan pada watang yang bercungap
Singa-singaan di sebelah kiri-kanan
payung hijau bertiang gading
berpuncak getas yang bertiang
berpuncak emas
dan payung saberilen
berumbai potongan benang
tapok terongnya emas berlekuk
berayun panjang langkahnya
terkedip sambil menoleh
ibarat semut, rukun dengan saudaranya
tingkahnya seperti semut beralih
Bergerak seperti pematang cahaya melayang-layang
berlenggang di awang-awang
pembawa gendi di belakang
pembawa kandaga di depan
dan ayam-ayaman emas kiri-kanan
kidang-kidangan emas di tengah
siapa diusun di singa barong
Bergerak yang di depan, menyusul yang kemudian
barisan yang lain lagi
(yang dikisahkan dalam pantun itu adalah Ngabetkasih (Ambetkasih), isteri Sri BAduga yang pertama (puteri Ki Gedeng Sindang Kasih, putera Wastu Kancana ketiga dari Mayangsari). Ia pindah dari keraton timur (Galuh) ke Pakuan bersama isteri-isteri Sri Baduga yang lain)
Tindakan pertama yang diambil oleh Sri Baduga setelah resmi dinobatkan jadi raja adalah menunaikan amanat dari kakeknya (Wastu Kancana) yang disampaikan melalui ayahnya (Ningrat Kancana) ketika ia masih menjadi mangkubumi di Kawali.
Isi pesan ini bisa ditemukan pada salah satu prasasti peniggalan Sri Baduga di Kebantenan.
Isinya sebagai berikut (artinya saja) :
Semoga selamat. Ini tanda peringatan bagi Rahyang Niskala Wastu Kancana.
Turun kepada Rahyang Ningrat Kancana, maka selanjutnya kepada Susuhunan sekarang di Pakuan Pajajaran. Harus menitipkan ibukota di Jayagiri dan ibukota di Sunda Sembawa.
Semoga ada yang mengurusnya. Jangan memberatkannya dengan "dasa", "calagra", "kapas timbang", dan "pare dongdang".
Maka diperintahkan kepada para petugas muara agar jangan memungut bea.
Karena merekalah yang selalu berbakti dan membaktikan diri kepada ajaran-ajaran. Merekalah yang tegus mengamalkan peraturan dewa.
Dengan tegas di sini disebut "dayeuhan" (ibukota) di Jayagiri dan Sunda Sembawa. Penduduk kedua dayeuh ini dibebaskan dari 4 macam pajak, yaitu :
"dasa" (pajak tenaga perorangan),
"calagra" (pajak tenaga kolektif),
"kapas timbang" (kapas 10 pikul) dan
"pare dondang" (padi 1 gotongan).
Dalam kropak 630, urutan pajak tersebut adalah dasa, calagra, "upeti", "panggeureus reuma".
[Dalam kropak 406 disebutkan bahwa dari daerah Kandang Wesi (sekarang Bungbulang, Garut) harus membawa "kapas sapuluh carangka" (10 carangka= 10 pikul = 1 timbang atau menurut Coolsma, 1 caeng timbang) sebagai upeti ke Pakuan tiap tahun.
Kapas termasuk upeti. Jadi tidak dikenakan kepada rakyat secara perorangan, melainkan kepada penguasa setempat.
"Pare dondang" disebut "panggeres reuma".
Panggeres adalah hasil lebih atau hasil cuma-cuma tanpa usaha.
Reuma adalah bekas ladang. Jadi, padi yang tumbuh terlambat (turiang) di bekas ladang setelah dipanen dan kemudian ditinggalkan karena petani membuka ladang baru, menjadi hak raja atau penguasa setempat (tohaan).
Dongdang adalah alat pikul seperti "tempat tidur" persegi empat yang diberi tali atau tangkai berlubang untuk memasukan pikulan.
Dondang harus selalu di gotong. Karena bertali atau bertangkai, waktu digotong selalu berayun sehingga disebut "dondang" (berayun).
Dondang pun khusus dipaka untuk membawa barang antaran pada selamatan atau arak-arakan. Oleh karena itu, "pare dongdang" atau "penggeres reuma" ini lebih bersifat barang antaran.
Pajak yang benar-benar hanyalah pajak tenaga dalam bentuk "dasa" dan "calagra"
(Di Majapahit disebut "walaghara = pasukan kerja bakti).
Tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk kepentingan raja diantaranya:
menangkap ikan, berburu, memelihara saluran air (ngikis), bekerja di ladang atau di "serang ageung" (ladang kerajaan yang hasil padinya di peruntukkan bagi upacara resmi).
[Dalam kropak 630 disebutkan "wwang tani bakti di wado" (petani tunduk kepada wado). Wado atau wadwa ialah prajurit kerajaan yang memimpin calagara. Sistem dasa dan calagara ini terus berlanjut setelah jaman kerajaan.
Belanda yang di negaranya tidak mengenal sistem semacam ini memanfaatkanna untuk "rodi". Bentuk dasa diubah menjadi "Heerendiensten" (bekerja di tanah milik penguasa atau pembesar).
Calagara diubah menjadi "Algemeenediensten" (dinas umum) atau "Campongdiesnten" (dinas Kampung) yang menyangkut kepentingan umum, seperti pemeliharaan saluran air, jalan, rumah jada dan keamanan.
Jenis pertama dilakukan tanpa imbalan apa-apa, sedangkan jenis kedua dilakuan dengan imbalan dan makan. "Preangerstelsel" dan "Cultuurstelsel" yang keduanya berupa sistem tanam paksa memangfaatkan trasisi pajak tenaga ini.
Dalam akhir abad ke-19 bentuknya berubah menjadi "lakongawe" dan berlaku untuk tingkat desa.
Karena bersifat pajak, ada sangsi untuk mereka yang melalaikannya.
Dari sinilah orang Sunda mempunyai peribahasa "puraga tamba kadengda"
(bekerja sekedar untuk menghindari hukuman atau dendaan).
Bentuk dasa pada dasarnya tetap berlangsung. Di desa ada kewajiban "gebagan" yaitu bekerja di sawah bengkok dan ti tingkat kabupaten bekerja untuk menggarap tanah para pembesar setempat.
Jadi "gotong royong tradisional berupa bekerja untuk kepentingan umum atas perintah kepala desa", menurut sejarahnya bukanlah gotong royong.
Memang tradisional, tetapi ide dasarnya adalah pajak dalam bentuk tenaga. Dalam Pustaka Jawadwipa disebut KARYABHAKTI dan sudah dikenal pada masa Tarumanagara dalam abad ke-5.
Piagam-piagam Sri Baduga lainnya berupa "piteket" karena langsung merupakan perintahnya. Isinya tidak hanya pembebasan pajak tetapi juga penetapan batas-batas "kabuyutan" di Sunda Sembawa dan Gunung Samaya yang dinyatakan sebagai "lurah kwikuan" yang disebut juga DESA PERDIKAN (desa bebas pajak).
Untuk mengetahui lebih lanjut kejadian di masa pemerintahan Sri Baduga, marilah kita telusuri sumber sejarah sebagai berikut:
Carita Parahiyangan
Dalam sumber sejarah ini, pemerintahan Sri Baduga dilukiskan demikian:
"Purbatisi purbajati, mana mo kadatangan ku musuh ganal musuh alit. Suka kreta tang lor kidul kulon wetan kena kreta rasa. Tan kreta ja lakibi dina urang reya, ja loba di sanghiyang siksa"
(Ajaran dari leluhur dijunjung tinggi sehingga tidak akan kedatangan musuh, baik berupa laskar maupun penyakit batin. Senang sejahtera di utara, barat dan timur. Yang tidak merasa sejahtera hanyalah rumah tangga orang banyak yang serakah akan ajaran agama)
Dari Naskah ini dapat diketahui, bahwa pada saat itu telah banyak Rakyat Pajajaran yang beralih agama (Islam) dengan meninggalkan agama lama. Mereka disebut "loba" (serakah) karena merasa tidak puas dengan agama yang ada, lalu mencari yang baru.
b. Pustaka Nagara Kretabhumi parwa I serga 2
Naskah ini menceritakan, bahwa pada tanggal 12 bagian terang bulan Caitra tahun 1404 Saka, Syarif Hidayat menghentikan pengiriman upeti yang seharusnya di bawa setiap tahun ke Pakuan Pajajaran. [Syarif Hidayat masih cucu Sri Baduga dari Lara Santang.
Ia dijadikan raja oleh uanya (Pangeran Cakrabuana) dan menjadi raja merdeka di Pajajaran di Bumi Sunda (Jawa Barat).
Ketika itu Sri Baduga baru saja menempati istana Sang Bhima (sebelumnya di Surawisesa). Kemudian diberitakan, bahwa pasukan Angkatan Laut Demak yang kuat berada di Pelabuhan Cirebon untuk menjada kemungkinan datangnya serangan Pajajaran.
Tumenggung Jagabaya beserta 60 anggota pasukannya yang dikirimkan dari Pakuan ke Cirebon, tidak mengetahui kehadiran pasukan Demak di sana.
Jagabaya tak berdaya menghadapi pasukan gabungan Cirebon-Demak yang jumlahnya sangat besar. Akhirnya Jagabaya menghamba dan masuk Islam.
Peristiwa itu membangkitkan kemarahan Sri Baduga. Pasukan besar segera disiapkan untuk menyerang Cirebon.
Akan tetapi pengiriman pasukan itu dapat dicegah oleh PUROHITA (pendeta tertinggi) keraton KI PURWA GALIH. [Cirebon adalah daerah warisan Cakrabuana (Walangsungsang) dari mertuanya (Ki Danusela) dan daerah sekitarnya diwarisi dari kakeknya Ki Gedeng Tapa (Ayah Subanglarang).
Cakrabuana sendiri dinobatkan oleh Sri Baduga (sebelum menjadi Susuhunan) sebagai penguasa Cirebon dengan gelar Sri Mangana.
Karena Syarif Hidayat dinobatkan oleh Cakrabuana dan juga masih cucu Sri Baduga, maka alasan pembatalan penyerangan itu bisa diterima oleh penguasa Pajajaran).
Demikianlah situasi yang dihadapi Sri Baduga pada awal masa pemerintahannya.
Dapat dimaklumi kenapa ia mencurahkan perhatian kepada pembinaan agama, pembuatan parit pertahanan, memperkuat angkatan perang, membuat jalan dan menyusun PAGELARAN (formasi tempur).
Pajajaran adalah negara yang kuat di darat, tetapi lemah di laut.
Menurut sumber Portugis, di seluruh kerajaan, Pajajaran memiliki kira-kira 100.000 prajurit. Raja sendiri memiliki pasukan gajah sebanyak 40 ekor.
Di laut, Pajajaran hanya memiliki 6 buah JUNG dari 150 ton dan beberala LANKARAS untuk kepentingan perdagangan antar-pulaunya. (saat itu perdagangan kuda jenis Pariaman mencapai 4000 ekor/tahun).
Keadaan makin tegang ketika hubungan Demak-Cirebon makin dikukuhkan dengan perkawinan putera-puteri dari kedua belah pihak. Ada 4 pasangan yang dijodohkan, yaitu
1. Pangeran Hasanudin dengan Ratu Ayu Kirana (Purnamasidi)
2. Ratu Ayu dengan Pangeran Sabrang Lor
3. Pangeran Jayakelana dengan Ratu Pembayun
4. Pangeran Bratakelana dengan Ratu Ayu Wulan (Ratu Nyawa)
[Perkawinan Sabrang Lor (YUNUS ABDUL KADIR) dengan Ratu Ayu terjadi 1511. Sebagai SENAPATI SARJAWALA (Panglima angkatan laut) Kerajaan Demak, ia untuk sementara berada di Cirebon]
Persekutuan Cirebon-Demak inilah yang sangat mencemaskan Sri Baduga di Pakuan. Tahun 1512, ia mengutus putera mahkota Surawisesa menghubungi Panglima Portugis ALFONSO d'ALBUQUERQUE di Malaka (ketika itu baru saja merebut Pelabuhan Pasai). Sebaliknya upaya Pajajaran ini telah pula meresahkan pihak Demak.
Pangeran Cakrabuana dan Susuhunan Jati (Syarif Hidayat) tetap menghormati Sri Baduga karena masing-masing sebagai ayah dan kakek.
Oleh karena itu permusuhan antara Pajajaran dengan Cirebon tidak berkembang ke arah ketegangan yang melumpuhkan SEKTOR-SEKTOR PEMERINTAHAN.
Sri Baduga hanya tidak senang hubungan Cirebon-Demak yang terlalu akrab, bukan terhadap Kerajaan Cirebon.
Terhadap Islam, ia sendiri tidak membencinya karena salah seorang permaisurinya (Subanglarang) adalah muslimah dan ketiga anaknya (Walangsungsang alias Cakrabuana, Lara Santang dan Raja Sangara) diizinkan sejak kecil mengikuti agama ibunya (Islam).
Karena permusuhan tidak berlanjut ke arah pertumpahan darah, maka masing-masing pihak dapat mengembangkan keadaan dalam negerinya.
Demikianlah pemerintahan Sri Baduga dilukiskan sebagai jaman kesejahteraan
(Carita Parahiyangan).
Tome Pires ikut mencatat kemajuan jaman Sri Baduga dengan komentar :
"The Kingdom of Sunda is justly governed; they are true men"
(Kerajaan Sunda diperintah dengan adil; mereka adalah orang-orang jujur).
Juga diberitakan kegiatan perdagangan Sunda dengan Malaka sampai ke kepulauan Maladewa (Maladiven).
Jumlah merica bisa mencapai 1000 bahar (1 bahar = 3 pikul) setahun, bahkan hasil tammarin (asem) dikatakannya cukup untuk mengisi muatan 1000 kapal.
Naskah KITAB WARUGA JAGAT dari Sumedang dan PANCAKAKI MASALAH KARUHUN KABEH dari Ciamis yang ditulis dalam abad ke-18 dalam bahasa Jawa dan huruf Arab-pegon masih menyebut masa pemerintahan Sri Baduga ini dengan masa GEMUH PAKUAN (kemakmuran Pakuan) sehingga tak mengherankan bila hanya Sri Baduga yang kemudian diabadikan kebesarannya oleh raja penggantinya dalam jaman Pajajaran.
Sri Baduga Maharaja alias Prabu Siliwangi yang dalam Prasasti Tembaga Kebantenan disebut SUSUHUNAN di PAKUAN PAJAJARAN, memerintah selama 39 tahun (1482 - 1521). Ia disebut SECARA ANUMERTA SANG LUMAHING (SANG MOKTENG) RANCAMAYA karena ia dipusarakan di Rancamaya (di sinilah nilai khusus Rancamaya).
[Rancamaya terletak kira-kira 7 Km di sebelah tenggara Kota Bogor. Rancamaya memiliki mata air yang sangat jernih. Tahun 1960-an di hulu Cirancamaya ini ada sebuah situs makam kuno dengan pelataran berjari-jari 7.5 m tertutup hamparan rumput halus dan dikelilingi rumpun bambu setengah lingkaran. Dekat makam itu terdapat Pohon Hampelas Badak setinggi kira-kira 25 m dan sebuah pohon beringin.
Dewasa ini seluruh situs sudah "dihancurkan" orang. Pelatarannya ditanami ubi kayu, pohon-pohonannya ditebang dan makam kuno itu diberi saung. Di dalamnya sudah bertambah sebuah kuburan baru, lalu makam kunonya diganti dengan bata pelesteran, ditambah bak kecil untuk peziarah dengan dinding yang dihiasi huruf Arab.
Makam yang dikenal sebagai makam Embah Punjung ini mungkin sudah dipopulerkan orang sebagai MAKAM WALI. Kejadian ini sama seperti kuburan Embah Jepra pendiri Kampung Paledang yang terdapat di Kebun Raya yang "dijual" orang sebagai "makam Raja Galuh".
Telaga yang ada di Rancamaya, menurut Pantun Bogor, asalnya bernama Rena Wijaya dan kemudian berubah menjadi Rancamaya.
Akan tetapi, menurut naskah kuno, penamaannya malah dibalik, setelah menjadi telaga kemudian dinamai Rena Maha Wijaya (terungkap pada prasasti). "Talaga" (Sangsakerta "tadaga") mengandung arti kolam. Orang Sunda biasanya menyebut telaga untuk kolam bening di pegunungan atau tempat yang sunyi.
Kata lain yang sepadan adalah situ (Sangsakerta, setu) yang berarti bendungan.
Bila diteliti keadaan sawah di Rancamaya, dapat diperkirakan bahwa dulu telaga itu membentang dari hulu Cirancamaya sampai ke kaki bukit Badigul di sebelah utara jalan lama yang mengitarinya dan berseberangan dengan Kampung Bojong. Pada sisi utara lapang bola Rancamaya yang sekarang, tepi telaga itu bersambung dengan kaki bukit.
Bukit Badigul memperoleh namanya dari penduduk karena penampakannya yang unik. Bukit itu hampir "gersang" dengan bentuk parabola sempurna dan tampak seperti "katel" (wajan) terbalik. Bukit-bukit disekitarnya tampak subur. Badigul hanya ditumbuhi jenis rumput tertentu. Mudah diduga bukit ini dulu "dikerok" sampai mencapai bentuk parabola. Akibat pengerokan itu tanah suburnya habis.
Bagidul kemungkinan waktu itu dijadikan "bukit punden" (bukit pemujaan) yaitu bukit tempat berziarah (bahasa Sunda, nyekar atau ngembang=tabur bunga). Kemungkinan yang dimaksud dalam "rajah Waruga Pakuan" dengan Sanghiyang Padungkulan itu adalah Bukit Badigul ini.
Kedekatan telaga dengan bukit punden bukanlah tradisi baru.
Pada masa Purnawarman, raja beserta para pembesar Tarumanagara selalu melakukan upacara mandi suci di Gangganadi (Setu Gangga) yang terletak dalam istana Kerajaan Indraprahasta (di Cirebon Girang). Setelah bermandi- mandi suci, raja melakukan ziarah ke punden-punden yang terletak dekat sungai.
Spekulasi lain mengenai pengertian adanya kombinasi Badigul-Rancamaya adalah perpaduan gunung-air yang berarti pula SUNDA-GALUH
2. Surawisesa (1521 - 1535)
Pengganti Sri Baduga Maharaja adalah Surawisesa (puteranya dari Mayang Sunda dan juga cucu Prabu Susuktunggal). Ia dipuji oleh Carita Parahiyangan dengan sebutan "kasuran" (perwira), "kadiran" (perkasa) dan "kuwanen" (pemberani). Selama 14 tahun memerintah ia melakukan 15 kali pertempuran. Pujian penulis Carita Parahiyangan memang berkaitan dengan hal ini.
Nagara Kretabhumi I/2 dan sumber Portugis mengisahkan bahwa Surawisesa pernah diutus ayahnya menghubungi Alfonso d'Albuquerque (Laksamana Bungker) di Malaka.
Ia pergi ke Malaka dua kali (1512 dan 1521). Hasil kunjungan pertama adalah kunjungan penjajakan pihak Portugis pada tahun 1513 yang diikuti oleh Tome Pires, sedangkan hasil kunjungan yang kedua adalah kedatangan utusan Portugis yang dipimpin oleh Hendrik de Leme (ipar Alfonso) ke Ibukota Pakuan.
Dalam kunjungan itu disepakati persetujuan antara Pajajaran dan Portugis mengenai perdagangan dan keamanan. [Ten Dam menganggap bahwa perjanjian itu hanya lisan, akan tetapi sumber portugis yang kemudian dikutip Hageman menyebutkan "Van deze overeenkomst werd een geschrift opgemaakt in dubbel, waarvan elke partij een behield" (Dari perjanjian ini dibuat tulisan rangkap dua, lalu masing-masing pihak memegang satu) Menurut Soekanto (1956) perjanjian itu ditandatangai 21 Agustus 1522]
Dalam perjanjian itu disepakati bahwa Portugis akan mendirikan benteng di Banten dan Kalapa. Untuk itu tiap kapal Portugis yang datang akan diberi muatan lada yang harus ditukar dengan barang-barang keperluan yang diminta oleh pihak Sunda.
Kemudian pada saat benteng mulai dibangun, pihak Sunda akan menyerahkan 1000 karung lada tiap tahun untuk ditukarkan dengan muatan sebanyak dua "costumodos" (kurang lebih 351 kuintal).
Perjanjian Pajajaran - Portugis sangat mencemaskan TRENGGANA (Sultan Demak III). Selat Malaka, pintu masuk perairan Nusantara sebelah utara sudah dikuasai Portugis yang berkedudukan di Malaka dan Pasai.
Bila Selat Sunda yang menjadi pintu masuk perairan Nusantara di selatan juga dikuasai Portugis, maka jalur perdagangan laut yang menjadi urat nadi kehidupan ekonomi Demak terancam putus.
Trenggana segera mengirim armadanya di bawah pimpinan FADILLAH KHAN yang menjadi Senapati Demak. [Fadillah Khan memperistri Ratu Pembayun, janda Pangeran Jayakelana. Kemudian ia pun menikah dengan Ratu Ayu, janda Sabrang Lor (Sultan Demak II). Dengan demikian, Fadillah menjadi menantu Raden Patah sekaligus menantu
Susuhunan Jati Cirebon. Dari segi kekerabatan, Fadillah masih terhitung keponakan Susuhunan Jati karena buyutnya BARKAT ZAINAL ABIDIN adalah adik NURUL AMIN (kakek Susuhunan Jati dari pihak ayah). Selain itu Fadillah masih terhitung cucu SUNAN AMPEL (ALI RAKHMATULLAH) sebab buyutnya adalah kakak IBRAHIN ZAINAL AKBAR ayah Sunan Ampel. Sunan Ampel sendiri adalah mertua Raden Patah (Sultan Demak I).
Barros menyebut Fadillah dengan FALETEHAN. Ini barangkali lafal orang Portugis untuk Fadillah Khan. Tome Pinto menyebutnya TAGARIL untuk KI FADIL (julukan Fadillah Khan sehari-hari).
Kretabhumi I/2 menyebutkan, bahwa makam Fadillah Khan (disebut juga WONG AGUNG PASE) terletak di puncak Gunung Sembung berdampingan (di sebelah timurnya) dengan makam Susushunan Jati. Hoesein Djajaningrat (1913) menganggap Fadillah identik dengan Susuhunan Jati. Nama Fadillah sendiri baru muncul dalam buku Sejarah Indonesia susunan Sanusi Pane (1950). Carita Parahiyangan menyebut Fadillah dengan ARYA BURAH.
Pasukan Fadillah yang merupakan gabungan pasukan Demak-Cirebon berjumlah 1967 orang. Sasaran pertama adalah Banten, pintu masuk Selat Sunda.
Kedatangan pasukan ini telah didahului dengan huru-hara di Banten yang ditimbulkan oleh Pangeran Hasanudin dan para pengikutnya. Kedatangan pasukan Fadillah menyebabkan pasukan Banten terdesak.
Bupati Banten beserta keluarga dan pembesar keratonnya mengungsi ke Ibukota Pakuan. Hasanudin kemudian diangkat oleh ayahnya (Susuhunan Jati), menjadi Bupati Banten (1526).
Setahun kemudian, Fadillah bersama 1452 orang pasukannya menyerang dan merebut pelabuhan Kalapa. Bupati Kalapa bersama keluarga dan para menteri kerajaan yang bertugas di pelabuhan gugur.
Pasukan bantuan dari Pakuan pun dapat dipukul mundur. Keunggulan pasukan Fadillah terletak pada penggunaan MERIAM yang justru tidak dimiliki oleh Laskar Pajajaran.
Bantuan Portugis datang terlambat karena Francisco de Sa yang ditugasi membangun benteng diangkat menjadi Gubernur Goa di India. Keberangkatan ke Sunda dipersipakan dari Goa dengan 6 buah kapal. Galiun yang dinaiki De Sa dan berisi peralatan untuk membangun benteng terpaksa ditinggalkan karena armada ini diterpa badai di Teluk Benggala. De Sa tiba di Malaka tahun 1527.
Ekspedsi ke Sunda bertolak dari Malaka. Mula-mula menuju Banten, akan tetapi karena Banten sudah dikuasai Hasanudin, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Kalapa.
Di Muara Cisadane, De Sa memancangkan padrao pada tanggal 30 Juni 1527 dan memberikan nama kepada Cisadane "Rio de Sa Jorge".
Kemudian galiun De sa memisahkan diri. Hanya kapal brigantin (dipimpin Duarte Coelho) yang langsung ke Pelabuhan Kalapa. Coelho terlambat mengetahui perubahan situasi, kapalnya menepi terlalu dekat ke pantai dan menjadi mangsa sergapan pasukan Fadillah.
Dengan kerusakan yang berat dan korban yang banyak, kapal Portugis ini berhasil meloloskan diri ke Pasai.
Tahun 1529 Portugis menyiapkan 8 buah kapal untuk melakukan serangan balasan, akan tetapi karena peristiwa 1527 yang menimpa pasukan Coelho demikian menakutkan, maka tujuan armada lalu di ubah menuju Pedu.
Setelah Sri Baduga wafat, Pajajaran dengan Cirebon berada pada generasi yang sejajar. Meskipun yang berkuasa di Cirebon Syarif Hidayat, tetapi dibelakangnya berdiri Pangeran Cakrabuana (Walasungsang atau bernama pula HAJI ABDULLAH IMAN). Cakrabuana adalah kakak seayah Prabu Surawisesa. Dengan demikian, keengganan Cirebon menjamah pelabuhan atau wilayah lain di Pajajaran menjadi hilang.
[Cirebon sebenarnya relatif lemah. Akan tetapi berkat dukungan Demak, kedudukannya menjadi mantap. Setelah kedudukan Demak goyah akibat kegagalan serbuannya ke Pasuruan dan Panarukan (bahkan Sultan Trenggana tebunuh), kemudian disusul dengan perang perebutan tahta, maka Cirebon pun turut menjadi goyah pula. Hal inilah yang menyebabkan kedudukan Cirebon terdesak dan bahkan terlampaui oleh Banten di kemudian hari]
Perang Cirebon - Pajajaran berlangsung 5 tahun lamanya. Yang satu tidak berani naik ke darat, yang satunya lagi tak berani turun ke laut. Cirebon dan Demak hanya berhasil menguasai kota-kota pelabuhan. Hanya di bagian timur pasukan Cirebon bergerak lebih jauh ke selatan. Pertempuran dengan Galuh terjadi tahun 1528.
Di sini pun terlihat peran Demak karena kemenangan Cirebon terjadi berkat bantuan PASUKAN MERIAM Demak tepat pada saat pasukan Cirebon terdesak mundur.
Laskar Galuh tidak berdaya menghadapi "panah besi yang besar yang menyemburkan kukus ireng dan bersuara seperti guntur serta memuntahkan logam panas". Tombak dan anak panah mereka lumpuh karena meriam. Maka jatuhlah Galuh. Dua tahun kemudian jatuh pula Kerajaan Talaga, benteng terakhir Kerajaan Galuh.
SUMEDANG masuk ke dalam lingkaran pengaruh Cirebon dengan dinobatkannya PANGERAN SANTRI menjadi Bupati Sumedang pada tanggal 21 Oktober 1530. [Pangeran Santri adalah cucu PANGERAN PANJUNAN, kakak ipar Syarif Hidayat. Buyut Pangeran Santri adalah SYEKH DATUK KAHFI pendiri pesantren pertama di Cirebon. Ia menjadi bupati karena pernikahannya dengan SATYASIH, Pucuk Umum Sumedang. Secara tidak resmi Sumedang menjadi daerah Cirebon]
Dengan kedudukan yang mantap di timur Citarum, Cirebon merasa kedudukannya mapan. Selain itu, karena gerakan ke Pakuan selalu dapat dibendung oleh pasukan Surawisesa, maka kedua pihak mengambil jalan terbaik dengan berdamai dan mengakui kedudukan masing-masing.
Tahun 1531 tercapai perdamaian antara Surawisesa dan Syarif Hidayat. Masing-masing pihak berdiri sebagai negara merdeka. [Di pihak Cirebon, ikut menandatangani naskah perjanjian, Pangeran PASAREAN (Putera Mahkota Cirebon), Fadillah Khan dan Hasanudin (Bupati banten).
Perjanjian damai dengan Cirebon memberikan peluang kepada Surawisesa untuk mengurus dalam negerinya. Setelah berhasil memadamkan beberapa pemberontakkan, ia berkesempatan menerawang situasi dirinya dan kerajaannya. Warisan dari ayahnya hanya tinggal setengahnya, itupun tanpa pelabuhan pantai utara yang pernah memperkaya Pajajaran dengan lautnya.
Dengan dukungan 1000 orang pasukan belamati yang setia kepadanyalah, ia masih mampu mempertahankan daerah inti kerajaannya.
Dalam suasana seperti itulah ia mengenang kebesaran ayahandanya. Perjanjian damai dengan Cirebon memberi kesempatan kepadanya untuk menunjukkan rasa hormat terhadap mendiang ayahnya. Mungkin juga sekaligus menunjukkan penyesalannya karena ia tidak mampu mempertahankan keutuhan wilayah Pakuan Pajajaran yang diamanatkan kepadanya.
Dalam tahun 1533, tepat 12 tahun setelah ayahnya wafat, ia membuat SAKAKALA (tanda peringatan buat ayahnya).
Ditampilkannya di situ karya-karya besar yang telah dilakukan oleh Susuhunan Pajajaran. ITULAH PRASASTI BATUTULIS yang diletakkannya di KABUYUTAN tempat tanda kekuasaan Sri Baduga yang berupa LINGGA BATU ditanamkan.
Penempatannya sedemikian rupa sehingga kedudukan antara anak dengan ayah amat mudah terlihat. (nyambung ka bagian ka 2)
- Get link
- X
- Other Apps
ayam tarung
ReplyDelete