Silsilah Wewengkon di Bandung

Tadi sempat menonton TV Bandung, kebetulan ada acara dialog yang dibawakan oleh pimpinan stasiun TV tersebut, H. Us Tiarsa. Dialog mengetengahkan Silsilah Penamaan Tempat di Bandung. Ditemani tiga orang tokoh, yaitu seorang sejarawan Dede Kosasih, seorang ahli Geografi (lupa namanya) dan seorang akademisi dari UPI –Universitas Padahal IKIP– yang juga lupa namanya.
Acara cukup menarik karena berkaitan dengan kesemrawutan nama-nama tempat di Bandung yang disampaikan dalam Bahasa Sunda. Bapak Direktur TV Bandung ngabuka dialog, maparkeun kaayaan patempatan di Bandung nu dijéntrékeun ku para pakar asal muasalna atawa sarsilahna, sarsilah tina kaayaan biologis, geografis dugi kana sosialna. Anu lancar babasan Sundana ngan Bapa Tiarsa jeung sejarawan Bapa Dede Kosasih, nu dua deui rada tipaparétot, mani siga nu hésé nyarios Sunda téh. Eh, katerusan maké Basa Sunda…:D
Dimulai dari asal-usul nama Bandung akademisi UPI merupakan nama dari mitos Sangkuriang, diperjelas secara geografis dan diperkuat oleh sejarawan tentang kaitannya dahulu istri the founding father kota Bandung suka berlayar-layar di sungai Citarum hingga harus dibendung.
Dialog berlanjut dengan paparan nama-nama tempat yang memiliki kesamaan pola, seperti Rancabadak, Rancasari, Rancahérang, Rancabolang dan ranca-ranca lainnya yang secara geografis dahulu kala wilayah itu adalah ranca (rawa), Sékéjati, Sékéloa dan séké-séké lain yang bermula dari dikenalnya sebagai tempat keluarnya mata air (séké), juga Bojongsoang, Bojongkonéng dan bojong-bojong lain yang merupakan sebutan kepada kondisi geografis. Contoh lainnya adalah Pasirpogor, Pasirimpun dari pasir (bukit), Babakan Ciamis, Babakan Sari dll dari kata babakan (tempat yang baru diolah/dibuka menjadi permukiman), Leuwipanjang, Leuwisari dari kata leuwi (bagian sungai yang mengalir tenang dan cukup dalam) jeung sajabana.

Faktor sosial juga sering dijadikan dasar membuat nama tempat, seperti tanjakan Émén (konon si Émén meninggal dunia di tanjakan tersebut, entah karena apa), Curug Aléh di dekat studio/workshop Nyoman Nuarta Sarijadi (konon Si Aléh kepleset di dekat air terjun tersebut) dan lain-lain.
Pengaruh luar pun seperti dari budaya Melayu masuk, seperti nama Ujung Berung tapi tidak Tungtung Berung, euh lupa lagi contoh lainnya.
Dialog mengalir ke penamaan jalan yang mulai nggak beres, dari yang asalnya berkelompok dan berpola mulai berantakan dengan nama-nama jalan baru seperti yang cukup saya benci adalah jalan-jalan di Margahayu yang menggunakan nama planet, planet hanya ada sembilan, itu pun tidak termasuk Bumi. Juga sempat dibahas tentang penamaan jalan dari nama pahlawan atau tokoh. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun –mungkin belasan tahun– untuk orang terbiasa mendengar nama jalan R.A.A Wiranatakusumah daripada jalan Cipaganti, atau jalan Kyai Ahmad Dahlan daripada jalan Banteng. Hayo, jalan Wahid Hasyim ada di mana?
Bandung beuki heurin ku tangtung, tapi tetep kolot mah pasti nitah anakna geura gede, geura jangkung, geura sakola di Bandung. Asal ulah mulung puntung nya!

Comments

Popular posts from this blog

NGARAN PAPARABOTAN JEUNG PAKAKAS

Masrahkeun Calon Panganten Pameget ( Conto Pidato )

Sisindiran, Paparikan, Rarakitan Jeung Wawangsalan katut contona