Seni Sunda Degung, Sejarah dan Perkembangannya
Degung adalah kumpulan alat musik dari sunda.
Ada dua pengertian tentang istilah degung:
- Degung sebagai nama perangkat gamelan
- Degung sebagai nama laras bagian dari laras salendro ( berdasarkan teori Raden Machjar Angga Koesoemadinata).
Degung sebagai unit gamelan dan degung sebagai laras memang sangat
lain. Dalam teori tersebut, laras degung terdiri dari degung dwiswara
(tumbuk: (mi) 2 – (la) 5) dan degung triswara: 1 (da), 3 (na), dan 4
(ti).
Jenis Gamelan Dalam Seni Sunda Terutama Degung
Ada beberapa gamelan yang pernah ada dan terus berkembang di Jawa Barat, antara lain Gamelan Salendro, Pelog dan Degung. Gamelan salendro biasa digunakan untuk mengiringi pertunjukan wayang, tari, kliningan, jaipongan dan lain-lain. Gamelan pelog fungsinya hampir sama dengan gamelan
salendro, hanya kurang begitu berkembang dan kurang akrab di masyaraka
dan jarang dimiliki oleh grup-grup kesenian di masyarakat. Hal ini
menandakan cukup terwakilinya seperangkat gamelan dengan keberadaan gamelan salendro, sementara gamelan degung dirasakan cukup mewakili kekhasan masyarakat Jawa Barat. Gamelan lainnya adalah gamelan Ajeng berlaras salendro yang masih terdapat di kabupaten Bogor, dan gamelan Renteng yang ada di beberapa tempat, salah satunya di Batu Karut, Cikalong kabupaten Bandung. Melihat bentuk dan interval gamelan renteng, ada pendapat bahwa kemungkinan besar gamelan degung yang sekarang berkembang, berorientasi pada gamelan Renteng.
Ada gamelan yang sudah lama terlupakan yaitu KOROMONG yang ada di Kp. Lamajang Desa Lamajang Kec. Pangalengan Kab. Bandung. Gamelan ini sudah tidak dimainkan sejak kira-kira 35 – 40 tahun dan sudah tidak ada yang sanggup untuk menabuhnya karena gamelan KOROMONG ini dianggap mempunyai nilai mistis. Gamelan KOROMONG ini sekarang masih ada dan terpelihara dengan baik. Untuk supaya gamelan KOROMONG ini dapat ditabuh, maka kata yang memegang dan merawat gamelan tersebut harus dibuat Duplikatnya.
Menyimak Sejarah Degung
Degung merupakan salah satu gamelan khas dan asli hasil kreasi urang Sunda. Gamelan
yang kini jumlahnya telah berkembang dengan pesat, diperkirakan awal
perkembangannya sekitar akhir abad ke-18/awal abad ke-19. Jaap Kunst
yang mendata gamelan di seluruh Pulau Jawa dalam bukunya Toonkunst van Java (1934) mencatat bahwa degung terdapat di Bandung
(5 perangkat), Sumedang (3 perangkat), Cianjur (1 perangkat), Ciamis (1
perangkat), Kasepuhan (1 perangkat), Kanoman (1 perangkat), Darmaraja
(1 perangkat), Banjar (1 perangkat), dan Singaparna (1 perangkat).
Masyarakat Sunda dengan latar belakang kerajaan yang terletak di hulu
sungai, kerajaan Galuh misalnya, memiliki pengaruh tersendiri terhadap
kesenian degung, terutama lagu-lagunya yang yang banyak diwarnai kondisi
sungai, di antaranya lagu Manintin, Galatik Manggut, Kintel Buluk, dan
Sang Bango. Kebiasaan marak lauk masyarakat Sunda selalu diringi dengan gamelan renteng dan berkembang ke gamelan degung.
Dugaan-dugaan masyarakat Sunda yang mengatakan bahwa degung merupakan
musik kerajaan atau kadaleman dihubungkan pula dengan kirata basa,
yaitu bahwa kata “degung” berasal dari kata “ngadeg” (berdiri) dan
“agung” (megah) atau “pangagung” (menak; bangsawan), yang mengandung pengertian
bahwa kesenian ini digunakan bagi kemegahan (keagungan) martabat
bangsawan. E. Sutisna, salah seorang nayaga Degung Parahyangan,
menghubungkan kata “degung” dikarenakan gamelan ini dulu hanya dimiliki oleh para pangagung (bupati). Dalam literatur istilah “degung” pertama kali muncul tahun 1879, yaitu dalam kamus susunan H.J. Oosting. Kata “De gong” (gamelan, bahasa Belanda) dalam kamus ini mengandung pengertian “penclon-penclon yang digantung”.
Gamelan yang usianya cukup tua selain yang ada di keraton Kasepuhan (gamelan Dengung) adalah gamelan degung Pangasih di Museum Prabu Geusan Ulun, Sumedang. Gamelan ini merupakan peninggalan Pangeran Kusumadinata (Pangeran Kornel), bupati Sumedang (1791—1828).
Perkembangan Seni Sunda Degung
Dulu gamelan degung
hanya ditabuh secara gendingan (instrumental). Bupati Cianjur RT.
Wiranatakusumah V (1912—1920) melarang degung memakai nyanyian (vokal)
karena membuat suasana kurang serius (rucah). Ketika bupati ini tahun 1920 pindah menjadi bupati Bandung, maka perangkat gamelan degung di pendopo Cianjur juga turut dibawa bersama nayaganya, dipimpin oleh Idi. Sejak itu gamelan degung yang bernama Pamagersari ini menghiasi pendopo Bandung dengan lagu-lagunya.
Melihat dan mendengarkan keindahan degung, salah seorang saudagar Pasar Baru Bandung
keturunan Palembang, Anang Thayib, merasa tertarik untuk menggunakannya
dalam acara hajatan yang diselenggarakannya. Kebetulan dia sahabat
bupati tersebut. Oleh karena itu dia mengajukan permohonan kepada bupati
agar diijinkan menggunakan degung dalam hajatannya, dan diijinkannya.
Mulai saat itulah degung digunakan dalam hajatan (perhelatan) umum.
Permohonan semacam itu semakin banyak, maka bupati memerintahkan supaya
membuat gamelan degung lagi, dan terwujud degung baru yang dinamakan Purbasasaka, dipimpin oleh Oyo.
Sebelumnya waditra (instrumen) gamelan
degung hanya terdiri atas koromong (bonang) 13 penclon, cempres (saron
panjang) 11 wilah, degung (jenglong) 6 penclon, dan goong satu buah.
Kemudian penambahan-penambahan waditra terjadi sesuai dengan tantangan
dan kebutuhan musikal, misalnya penambahan kendang dan suling oleh bapak
Idi. Gamelan degung kabupaten Bandung, bersama kesenian lain digunakan sebagai musik gending karesmen (opera Sunda) kolosal Loetoeng Kasaroeng tanggal 18 Juni 1921 dalam menyambut Cultuurcongres Java Institut.
Sebelumnya, tahun 1918 Rd. Soerawidjaja pernah pula membuat gending
karesmen dengan musik degung, yang dipentaskan di Medan. Tahun 1926
degung dipakai untuk illustrasi film cerita pertama di Indonesia berjudul Loetoeng Kasaroeng oleh L. Heuveldrop dan G. Kruger produksi Java Film Company, Bandung. Karya lainnya yang menggunakan degung sebagai musiknya adalah gending karesmen Mundinglaya dikusumah oleh M. Idris Sastraprawira dan Rd. Djajaatmadja di Purwakarta tahun 1931.
Setelah Idi meninggal (tahun 1945) degung tersendat perkembangannya.
Apalagi setelah itu revolusi fisik banyak mengakibatkan penderitaan
masyarakat. Degung dibangkitkan kembali secara serius tahun 1954 oleh
Moh. Tarya, Ono Sukarna, dan E. Tjarmedi. Selain menyajikan lagu-lagu
yang telah ada, mereka menciptakan pula lagu-lagu baru dengan nuansa
lagu-lagu degung sebelumnya. Tahun 1956 degung mulai disiarkan secara
tetap di RRI Bandung dengan mendapatkan sambutan yang baik dari
masyarakat. Tahun 1956 Enoch Atmadibrata membuat tari Cendrawasih dengan
musik degung dengan iringan degung lagu palwa. Bunyi degung lagu Palwa
setiap kali terdengar tatkala pembukaan acara warta berita bahasa Sunda, sehingga dapat meresap dan membawa suasana khas Sunda dalam hati masyarakat.
Pengembangan lagu degung dengan vokal dilanjutkan oleh grup
Parahyangan pimpinan E. Tjarmedi sekitar tahun 1958. Selanjutnya E.
Tjarmedi dan juga Rahmat Sukmasaputra mencoba menggarap degung dengan
lagu-lagu alit (sawiletan) dari patokan lagu gamelan salendro pelog. Rahmat Sukmasaputra juga merupakan seorang tokoh yang memelopori degung dengan nayaga wanita. Selain itu, seperti dikemukakan Enoch Atmadibrata, degung wanita dipelopori oleh para anggota Damas (Daya Mahasiswa Sunda) sekitar tahun 1957 di bawah asuhan Sukanda Artadinata (menantu Oyo).
Tahun 1962 ada yang mencoba memasukkan waditra angklung ke dalam
degung. Tetapi hal ini tidak berkembang. Tahun 1961 RS. Darya
Mandalakusuma (kepala siaran Sunda RRI Bandung) melengkapi degung dengan
waditra gambang, saron, dan rebab. Kelengkapan ini untuk mendukung
gending karesmen Mundinglayadikusumah karya Wahyu Wibisana. Gamelan
degung ini dinamakan degung Si Pawit. Degung ini juga digunakan untuk
pirigan wayang Pakuan. Dari rekaman-rekaman produksi Lokananta
(Surakarta) oleh grup RRI Bandung dan Parahyangan pimpinan E. Tjarmedi
dapat didengarkan degung yang menggunakan waditra tambahan ini.
Lagu-lagu serta garap tabuhnya banyak mengambil dari gamelan salendro pelog, misalnya lagu Paksi Tuwung, Kembang Kapas, dsb. Pada tahun 1964, Mang Koko membuat gamelan laras degung yang nadanya berorientasi pada gamelan
salendro (dwi swara). Bentuk ancak bonanya seperti tapal kuda.
Dibanding degung yang ada pada waktu itu, surupannya lebih tinggi.
Keberadaan degung ini sebagai realisasi teori R. Machyar. Gamelan laras
degung ini pernah dipakai untuk mengiringi gending karesmen Aki Nini
Balangantrang (1967) karya Mang Koko dan Wahyu Wibisana.
Tahun 1970—1980-an semakin banyak yang menggarap degung, misalnya
Nano S. dengan grup Gentra Madya (1976), lingkung seni Dewi Pramanik
pimpinan Euis Komariah, degung Gapura pimpinan Kustyara, dan degung gaya
Ujang Suryana (Pakutandang, Ciparay) yang sangat populer sejak tahun
1980-an dengan ciri permainan sulingnya yang khas. Tak kalah penting
adalah Nano S. dengan grup Gentra Madya-nya yang memasukan unsur waditra
kacapi dalam degungnya. Nano S. membuat lagu degung dengan kebiasaan
membuat intro dan aransemen tersendiri. Beberapa lagu degung karya Nano
S. yang direkam dalam kaset sukses di pasaran, di antaranya Panglayungan
(1977), Puspita (1978), Naon Lepatna (1980), Tamperan Kaheman (1981),
Anjeun (1984) dan Kalangkang yang dinyanyikan oleh Nining Meida dan
Barman Syahyana (1986). Lagu Kalangkang ini lebih populer lagi setelah
direkam dalam gaya pop Sunda oleh penyanyi Nining Meida dan Adang Cengos
sekitar tahun 1987.
Berbeda dengan masa awal (tahun 1950-an) dimana para penyanyi degung
berasal dari kalangan penyanyi gamelan salendro pelog (pasinden;
ronggeng), para penyanyi degung sekarang (sejak 1970-an) kebanyakan
berasal dari kalangan mamaos (tembang Sunda Cianjuran), baik pria maupun
wanita. Juru kawih degung yang populer dan berasal dari kalangan mamaos
di antaranya Euis Komariah, Ida Widawati, Teti Afienti, Mamah Dasimah,
Barman Syahyana, Didin S. Badjuri, Yus Wiradiredja, Tati Saleh dan
sebagainya.
Lagu-lagu degung di antaranya: Palwa, Palsiun, Bima Mobos (Sancang),
Sang Bango, Kinteul Bueuk, Pajajaran, Catrik, Lalayaran, Jipang Lontang,
Sangkuratu, Karang Ulun, Karangmantri, Ladrak, Ujung Laut, Manintin,
Beber Layar, Kadewan, Padayungan, dsb. Sedangkan lagu-lagu degung
ciptaan baru yang digarap dengan menggunakan pola lagu rerenggongan di
antaranya: Samar-samar, Kembang Ligar, Surat Ondangan, Hariring Bandung,
Tepang Asih, Kalangkang, Rumaos, Bentang Kuring, dsb.
Perkembangan Degung di Mancanegara
Di luar Indonesia pengembangan degung dilakukan oleh perguruan tinggi
seni dan beberapa musisi, misalnya Lingkung Seni Pusaka Sunda
University of California (Santa Cruz, USA), musisi Lou Harrison (US),
dan Rachel Swindell bersama mahasiswa lainnya di London (Inggris),
Paraguna (Jepang), serta Evergreen, John Sidal (Kanada). Di Melbourne,
Australia, ada sebuah set gamelan degung milik University of Melbourne
yang seringkali digunakan oleh sebuah komunitas pencinta musik Sunda
untuk latihan dan pementasan di festival-festival.
Rujukan dari Wikipedia
hayuu urang lestarikan budaya urang sarerea budaya sunda priangan......
ReplyDeletehayu urang rojong sasarengan kang ngaronjatkeun seni sareng budaya urang, ti urang, ku urang, keur urang, tur kedah di mimitian ku diri urang sorangan...hatur nuhun.
Delete