Posts

Showing posts from November, 2013

ALUNAN SUARA NYAI SUBANG LARANG YANG MELULUHKAN KERAS HATINYA PRABU SILIWANGI (Dok.Salakanagara)

Pada Tahun 1409 Ki Gedeng Tapa dan anaknya nyai Subang Larang,penguasan Syahbandar Muara Jati Cirebon, menyambut kedatangan pasukan angkatan laut Tiongkok pimpinan Laksamana Muslim Cheng Ho ditugaskan oleh Kaisar Yung Lo (Dinasti Ming 1363-1644) memimpin misi muhibah ke-36 negara. Antara lain ke Timur Tengah dan Nusantara (1405-1430). Membawa pasukan muslim 27.000 dengan 62 kapal. Misi muhibah Laksamana Cheng Ho tidak melakukan perampokan atau penjajahan. Bahkan memberikan bantuan membangun sesuatu yang diperlukan oleh wilayah yang didatanginya. Seperti Cirebon dengan mercusuarnya. Oleh karena itu, kedatangan Laksamana Cheng Ho disambut gembira oleh Ki Gedeng Tapa sebagai Syahbandar Cirebon. Di Cirebon Laksmana Cheng Ho membangun mercusuar.

R.A.A WIRANATA KUSUMAH (dok.Salakanagara)

Image
”Enam tahun lamanya saya hidup sebagai seorang Barat dalam pergaulan orang Barat. Setelah itu saya tiba-tiba mesti menjadi bumiputra yang sejatinja pula, harus berlaku menurut adat tertip sopan Bumiputera. Susah benar saya mengusahakan diri saya supaya sesuai dengan keadaan tempat saya. Walaupun demikian tiada sempat juga saya mengetahui sekalian adat kebiasaan bumiputera…”(R.A.A Wiranatakusumah) Tokoh kita ini adalah Raden Adipati Aria Muharam Wiranatakusumah. Muharam adalah nama kecilnya. Wiranatakusumah V adalah gelarnya sebagai Bupati Bandung. Ia lahir di Bandung, 8 Agustus 1888. Versi lain menyebutkan 23 November 1888. Wiranatakusumah adalah putra dari pasangan R. Adipati Kusumahdilaga dan R. A. Soekarsih. Ayahnya adalah Bupati Bandung (1874-1893). Ketika Muharam berusia lima tahun, ayahnya wafat. Ia lalu diasuh dan dididik oleh ibunya hingga usia sembilan tahun. Setelah ayahnya mangkat, ditunjuklah tiga orang sebagai walinya, yaitu R. Martanagara (Bupati Band

SEJARAH DANAU BANDUNG (Dok.Salakanagara)

Image
Bandung kota dan sekitarnya, pada masa lampau merupakan danau yang dikenal dengan Danau Bandung. Keadaan yang sekarang terlihat merupakan pedataran yang biasa disebut dengan istilah “Cekungan Bandung” (Bandung Basin). Daerah sekitar cekungan tersebut, diperkirakan dahulu merupakan tepian danau sehingga banyak diperoleh sisa-sisa aktivitas manusia masa lampau (Koesoemadinata, 2001). Van Bemmelen, 1935, meneliti sejarah geologi Bandung. Pengamatan dilakukan terhadap singkapan batuan dan bentuk morfologi dari gunung api-gunung api di sekitar Bandung. Penelitian yang dilakukan berhasil mengetahui bahwa danau Bandung terbentuk karena pembendungan Sungai Citarum purba. Pembendungan ini disebabkan oleh pengaliran debu gunung api masal dari letusan dasyat Gunung Tangkuban Parahu yang didahului oleh runtuhnya Gunung Sunda Purba di sebelah baratlaut Bandung dan pembentukan kaldera di mana di dalamnya Gunung Tangkuban Parahu tumbuh. Van Bemmelen secara rinci menjelaskan, sej

Usia Situs Gunung Padang 109 abad.WOW !! (dok.Salakanagara)

Image
Para peneliti melakukan pengeboran situs megalitikum Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hasilnya, usia situs Gunung Padang itu sekitar 109 abad alias 10.900 tahun Sebelum Masehi ype of research : Geology & Archeology Search research : The Indonesian Megaliths Location : Cianjur region, West Java Province. Sub Location : Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka. Village : Antara Dusun Gunungpadang & Panggulan. Coordinate : 6°59’36.9035”S – 107°3’22.6264”E Tim Bencana Katastropik Purba yang dibentuk Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, akhirnya melakukan pengeboran situs megalitikum Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hasilnya, usia situs Gunung Padang itu sekitar 109 abad alias 10.900 tahun Sebelum Masehi (SM). Wow, gila!! Ini adalah bukti begitu sudah majunya peradaban nenek moyang Indonesia pada saat itu dibanding l

BATIK (dok.Salakanagara)

Image
Batik the salah sahiji produk budaya bangsa Indonesia. Batik mangrupa gambar rupa-rupa nu dijieun ku malam make canting dina boéh atawa lawon. Aya karémbong batik, samping batik, sarung batik, taplak batik, jeung réa deui. Dina kamekaranana, batik ngalaman parobahan corak, téknik, jeung prosés fungsi alatan jaman jeung pangaruh ti budaya séjénna. Batik diwangun ku dasar artistik nu berkembang luyu jeung tungtutan jaman. Karajinan batik mindeng diturunkeun dina kulawarga pikeun generasi. Patalina jeung identitas budaya rahayat Indonésia sarta ngaliwatan harti simbolik ti kelir sarta desain, ngébréhkeun kreativitas sarta spiritualitas. Karageman wangun ragam hias pohara dipangaruhan ku faktor adat istiadat anu béda situasi, kondisi, sarta senimanna. Tapi kabutuhuan ka ragam hias kamotivasi ku kabutuhan artistikKu lantaran, salah sahiji ciri manusa Indonésia nya éta artistik. Daya artistik anu kuat kaungkab dina sagala rupa ciptaan artistik sarta karajinan anu pohara énd

Kearifan lokal Makhluk mistik

Bagi sebagian masyarakat yang mengklaim diri sebagai masyarakat peradaban modern, westernism bahkan sebagian yang mengesankan perilaku agamis yakni hanya bermain-main sebatas pada simbol-simbol agama saja tanpa mengerti hakekatnya, dan kesadarannya masih sangat terkotak oleh dogma agama/ajaran tertentu (kesadaran “kulit”). Manakala mendengar istilah mistik, akan timbul konotasi negatif. Walau bermakna sama, namun perbedaan bahasa dan istilah yang digunakan, terkadang membuat orang dengan mudah terjerumus ke dalam pola pikir yang sempit dan hipokrit. demikianlah manusia yang tanpa sadar masih dipelihara hingga akhir hayat. Selama puluhan tahun, kata-kata mistik mengalami intimidasi dari berbagai kalangan terutama kaum modernism, westernisme dan agamisme. Mistik dikonotasikan sebagai pemahaman yang sempit, irasional, dan primitive. Bahkan kaum mistisisme mendapat pencitraan secara negative dari kalangan kaum tertentu sebagai paham sesat dan sumber kemusrikan. Rasanya

Masrahkeun Calon Panganten Pameget ( Conto Pidato )

Nyanggakeun bilih aya nu peryogi kanggo conto pidato dina raraga masrahkeun calon panganten pameget, dihandap aya 3 (tilu) conto anu tiasa di angge, wilujeng : Conto ka-1 Bismillaahirrahmaanirrahiim, Assalamu'alaikum Wr.Wb. Alhamdulillahi rabbil 'alamiin, washalatu wasalamu ala asrofil anbiyai walmursalin wa'ala alihi washohbihi ajmain. Robbisrohli sodri, wayasirli amri wahlul ukdatamillisaani yafqohu qouli. Para wargi anu sami dimulyakeun ku Alloh, sumangga urang sami-sami nagdo'a ka nu kagungan ieu alam katut sapangeusina, urang neda jiad ijabahna mugia ieu pamaksadan ginanjar karahayuan. Dulur-dulur anu sami kumpul, sanak baraya nu pada aya, sepuh anom jaler istri, kalayan asmana sepuh miwah kulawargina cep..........Tipayun mugi sih panghaksami, reh sim kuring saabringan, cunduk rusuh datang geura, tanding walik muru pasir, tanding julang muru rangrang, tanding jogjog moro mondok, moro panonobanana. Dupi anu dimaksad, ieu nganteur nu teu lu

CONTO PANATA ACARA SERAH TERIMA AKAD NIKAH PANGANTEN

Acara : Serah Terima sareng Akad Nikah Panganten Ku : Alimudin, S.Pd.I Runtuyan acara: 1.Bubuka 2.Ngaosken ayat suci Al-Qur’an 3.Sholawat Nabi 4.Sambutan/Seserahan ti Pihak Calon Panganten pamaget 5. Panampian ti Pihak Calon Panganten Istri 5. Akad Nikah 6. Sungkeman 7. Panutup/do’a 8. Saweran

MANGSA MEDAL PRABU SILIWANGI ( Milangkala Prabu Siliwangi )

Image
Kintunan : LUKI MUHARAM Ieu tulisan teh minangka pangemut-emut ka Kang Anis Djati Sunda sawaktu masih keneh jumemeng. Kang Anis teh remen dijadikeun rujukan Kasundaan kusasaha, hiji waktu inyana nga sms nu ngabarkeun yen naskah ngeunaan milangkala Prabu Siliwangi kapanggih deui sanggeus leungit puluhan taun, kieu riwayatna anu kungsi dimuat di tabloid Galura sawatara taun nu geus kalarung, mangga nyanggakeun manawi kaanggo: Hiji waktu sawaktu Kang Anis masih keneh jumeneng ngirim sms ka sim kuring anu eusina mere kabar ngaliwatan sms yen naskah mangsa medal Prabu Siliwangi anu kungsi leungit kalayan misterius salila puluhan taun geus kapanggih deui , tuluy sanggeus tepung diimahna di Jln. Veteran I, Gang Kaum IV no. 88 Kota Sukabumi, Anis masrahkeun fotokopian tulisanna anu aya katerangan mangsa lahirna Sri Baduga Maharaja / Prabu Siliwangi. “ Katerangan ieu kungsi rek dimuat dina buku Sejarah Jawa Barat sawaktu gubernurna Bapa Solihin GP. Diantara anggota tim pan

TIGA PRABU WANGI (Dok Salakanagara)

Kiriman : Raden Wiraatmadja Lingga Dewata berkuasa di Pakuan pada tahun 1311 – 1333 masehi. Lingga Dewata diperkirakan menjadi raja peralihan yang memindahkan pusat kerajaan Sunda ke Kawali, karena ia di makamkan di Kikis. Kemudian digantikan oleh Ajiguna Wisesa dengan gelar Prabu Ajiguna Linggawisesa (1333 - 1340) disebut-sebut sebagai raja Sunda pertama yang berkedudukan di Kawali. Ajiguna Linggawisesa adalah menantu dari Lingga Dewata yang menikah dengan Dewi Uma Lestari atau Ratu Santika. Didalam versi lainnya disebutkan suami dari adik Lingga Dewata, yang menikah dengan Ratna Uma Lestari, putrinya Prabu Citraganda. Tentang muasal Ajiguna Wisesa kurang terlacak, jika dikaitkan dengan Suryadewata, putranya yang menjadi leluhur Talaga, mungkin pula ia berasal dari daerah Talaga. Dari pernikahannya dengan Dewi Uma Lestari melahirkan dua orang putra, yakni Ragamulya dan Suryadewata. Ragamulya menggantikan Ajiguna Linggawisesa. Dalam Carita Parahyangan disebut

RADEN WIJAYA CUCU RAJA SUNDA

(Kutipan Buku Sundakala karangan Prof. Ayatrohaedi, dan dari berbagai sumber serta penelusuran) Kintunan : Hendy Kurnia Salah satu ciri bangsa yang kuat adalah penghayatannya kepada sejarah, karena penghayatan kepada sejarah bangsa akan memperkuat jatidiri bangsa yang bersangkutan. Buku-buku sejarah menyebutkan bahwa pada abad ke-12 di Nusantara pernah berdiri Negara Majapahit yang wilayahnya melampaui luas NKRI saat ini. Negara Majapahit itu didirikan oleh Raden Wijaya atau Sanggrama Wijaya. Kisah menarik Majapahit bukan saja tentang luasnya kekuasaan dan tingginya peradaban yang telah dicapai, namun ada juga sepenggal cerita tragis yang disebut-sebut sebagai ‘aib sejarah’ sehingga sejarawan yang hidup kala itu, Mpu Prapanca, tidak sudi menuliskannya dalam buku karangannya yang tersohor, Nagara Kertagama. Kisah tragis itu dikenal sebagai ‘Palagan Bubat’ atau ‘Perang Bubat’ yang terjadi tahun 1357 menurut naskah Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara sarga ke-3 hala

Makam Prabu Hayam Wuruk Kapanggih di Walahir, Paséh

Kintunan : Kang Aan Merdeka Permana WILAYAH Kabupatén Bandung tétéla boga ajén mandiri pikeun wargana. Naon sababna kitu, sabab ceuk maranéhna, di tempatna euyeub ku titinggal sajarah. Saha anu nyangka yén makam Bunisora (adina Prabu Linggabuana) aya di Kampung Walahir? Anu leuwih ngagebeg, tétéla deuih Prabu Hayam Wuruk ti Majapahit ogé, makamna aya di éta tempat. NAHA enya kitu? Bisa waé. Da bongan aya masarakat nu boga pamanggih sarupa kitu. Anu dipaké pikeun pituduh awal, pédah aya anu kungsi nyebutkeun yén di Gunung Batutulis, Kacamatan Ibun, Kabupatén Bandung, aya makam Hayam Wuruk. Malah, lain makam Hayam Wuruk waé, dalah di handapeunana aya deuih hiji makam deui. Anu ieu mah nyaéta makam Prabu Mangkubumi Bunisora. Ieu dua tokoh sajarah kahirupan mangsa lawas téh, makamna teu pati jauh. Perenahna di Kampung Néglasari Desa Loa, Kacamatan Paséh, Kabupatén Bandung. Naha makam Bunisora jeung makam Hayam Wuruk bet aya di dinya? Ah, da teu kudu anéh. Soal dimaka

SAJARAH PALABUAN RATU NURUTKEUN PANTUN BOGOR & BABAD CIANJUR (Cek Buhun Sunda, Nyi Roro Kidul Ngan Saukur Dongeng Ciptaan Mataram)

Kintunan : LUKI MUHARAM Runtuhna karajaan Pajajaran teu sakaligus, kusabab wadyabalad Islam geus aya 12 kalina ngagempur Pajajaran salila 5 taun angger nagen teu bisa ditembus benteng pertahananana. Kakarak dina mangsa karajaan dipimpin ku Prabu Nilakendra, benteng Pajajaran nu dibangun ku Prabu Siliwangi taun 1478 ahirna ancur ditarajang wadyabala Islam. Kitu oge aya sababaraha sabab anu jadi cukanglantaranna, dina buku Sajarah Cianjur nu disusun ku Drs. Bayu Surianingrat ngajelaskeun yen ancurna benteng Pajajaran kusabab nu jaga panto gerbangna nyaeta dua sadulur Ki Jongjo jeung Ki Jungju hianat ka Pajajaran kusabab nyeri hate pangkatna teu naek-naek, ahirna mukakeun panto gerbang benteng Pajajaran. Sedengkeun cek Pantun Bogor, jebolna pertahanan Pajajaran kusabab Jaya Antea salah sauran gegeden Pajajaran hianat, sarta biluk ka pasukan Banten. Lian ti eta runtagna Pajajaran kusabab kaayaan pamarentahanana geus nyirorot pamorna teu siga jaman Prabu Siliwangi buy

TILEM/NGAHYANG DI ALAM KAMI

Kintunan : Kang Edy Nugraha PANGANTEUR Ngahyang atawa tilem lolobana dinisbahkeun ka cara ninggalkeun alam dunyana Siliwangi jalma baheula di jaman Pajajaran (lain jalma ayeuna). Harti jeung maksud jalma sunda ayeuna ngeunaan kecap/konsep ngahyang atawa tilem rupa-rupa, misalna, Dina ensikolpedi sunda (2000) entri ngeunaan tilem euweuh. Aya oge ngahyang – dina entri kecap hyang- nu dihartikeun leungit jeung jasadna ngajadi hyang. Ari Hyang di sunda mah luhureun dewa-dewa - ‘Allah’ di sunda mah disebut diantarana Sang Hyang keresa (nu maha pencipta) jeung Hyang Seda niskala ( Maha Gaib). Dina kamus LBSS (1992) kecap ngahyang euweuh aya oge tilem nu dihartikeun ngaleungit jadi siluman. Aya oge nu dinisbahkeun tilem/ngahyangna Siliwangi teh dipercaya lain leungit jeung jasad tapi paeh biasa mun teu salah mah ieu teh salah sahiji pamendak ti, diantawisna, Pa Yoseph Iskandar. Aya oge,… nu saukur ngagolongkeun ngahyang teh mitos (tahayul) jadi lain mang rupa hiji hal n

IHWAL PERANG BUBAT

  Oleh : Aan Merdeka Permana KOMENTAR PUTRI DYAH PITALOKA TENTANG PERANG BUBAT : Bubat itu hanyalah tempat yang dipilih Hyang (Tuhan) untuk menentukan nasib. Semua orang harus percaya kepada apa yang jadi kenyataan. Bila takdir sudah ditentukan begitu, maka semua harus menerima. Saya memang berduka tapi saya tetap menerima, menerima! Inilah ucapan selengkapnya dalam bahasa asli yang dia sampaikan “Bubat teh sangakala wacana tur hidep kudu percanten kana nyata kanyataanana. Nu karaos ku kula, pati mulang nurug na’ jero batin. Takdir tos guratna, janten galang teh kedah jurag. Kula nampi mung duka ge aya. Ngan sangakala kedah, Gusti tos janten dikieuna. Kula nampi ... nampi” (Terjemahan bebas: “Peristiwa di Bubat adalah sebuah keputusan. Engkau harus mempercayai kenyataan yang sudah berlangsung. Bila takdir sudah menentukan begitu, maka semua harus menerima. Yang tengah aku rasakan, kematian ini sudah terasa di batin. Memang ini suratan takdir jadi hati harus lega

Wangsit Siliwangi tentang Soekarno

Membaca buku buku ramalan tidak akan pernah membosankan, terlepas dari absurd dan ngawurnya sebuah ramalan. Namun pesona Nostradamus berhasil menyihir para pengikutnya karena kredibilitas ramalan ramalannya. Yang paling spektakuler tentu saja ramalan tentang serangan terhadap menara kembar World Trade Center, NY. Di negeri ini orang yang paling getol mengutip ramalan ramalannya adalah Permadi, SH. Seorang paranormal yang juga politikus. Dan ramalannya adalah Indonesia bakal menjadi negeri gilang gemilang! Amin! Nostradamus adalah orang Prancis yang Katolik sekaligus Yahudi. Lahir pada tahun 1503, kurang lebih saat VOC mulai datang ke Sunda Kalapa. Mungkin sumber ajarannya adalah Talmud dan  kabbalah  yang misterius itu.  Uniknya dia lulus sebagai dokter dari Universitas Montpellier yang sangat dihormati kala itu. Namun sebuah tragedi menyebabkan istri dan dua anaknya meninggal. Didorong kehilangan yang menyakitkan itu, dia berkelana ke berbagai wilayah dari Prancis sampai Ita

PANGERAN PAPAK, PEJUANG TERAKHIR DARI PAKUAN PAJAJARAN

Tak ada hal yang unik di wilayah Kelapa Gading, termasuk pula kehidupan masyarakat Kelapa Gading tempo dulu selain mencari ikan. Ya, kondisi ini memang sangat mendukung, apalagi Kelapa Gading dulunya merupakan hamparan rawa yang luas dan bernama Rawa Kucing sebelum menjadi Kelapa Gading saat ini. selain itu, masyarakat juga bertani, karena selain rawa, di daerah Kelapa Gading sampai Pegangsaan ditanami padi. Di samping itu wilayah Kelapa Gading dulunya juga terkenal aman, tak terdengar ada tindak kriminalitas. Namun, satu hal yang unik di Kelapa Gading adalah di sana terdapat kuburan Pangeran Papak. Kuburan ini sampai saat ini masih ada, di lokasi yang persis di sebelum masuk perempatan Boulevard, Pulomas, dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Selain kuburan Pangeran Papak, juga terdapat kuburan Kuwu (sekretaris desa) Pulogadung. Di daerah kuburan, tak ada yang bertinggal, kecuali pedagang buah, dan kondisi kuburan sampai saat ini terawat baik.

TARUMANAGARA

Image
Karajaan Gede Di Nusantara   Dina taun 348 Masehi, aya saurang maharesi hindu ti kulawarga Calankayana ngungsi ka pulo-pulo kiduleun India. Inditna diiring ku murid-muridna, tentara, rahayat awewe-lalaki, sabab nagarana diburak-barik ku raja Samudragupta. Jenengan eta maharesi teh Jayasingawarman, anjog ka pulo Jawa tuluy matuh di Jawadwipa bang kulwan (Jawa Barat), sanggeus samemehna meunang pangbagea tur diidinan ku Sang Prabu Dewawarman VIII (Raja Salakanagara), nu jenengan aslina Darmawirya, teureuh kulawarga Palawa, sarua aki-buyutna papada pangungsi ti India. Sang Maharesi Jayasingawarman nyieun babakan pamatuhan di sisi walungan Citarum. Kulantaran beuki lila jadi kajojo tur loba jalma nu marilu matuh, antukna nepi ka jadi desa, disebut desa Taruma. Sapuluh taun ti harita eta desa teh ngalegaan, nepika jadi kota = nagara, atuh katelahna Tarumanagara. Sang Maharesi dipulung minantu ku Sang Prabu dewawarman VIII, dijodokeun ka Dewi Iswari Tunggal Pertiwi War

SEREN SUMEREN PANGANTEN

Boh bilih aya nu peryogi kanggo seren sumeren panganten, nyanggakeun ieu mah kenging niron tina blog nu sanes, alamatna mah aya dihandap, nyanggakeun : PIDATO NYERENKEUN PANGANTEN PAMEGET Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi robbil aalamin, Wabihi nasta'iinu alla umuurid dunia waddin. Was sholaatu wassalaamu alla sayydina Muhammadin khootaminnabiyyin, Wa aalihi wa shohbihii ajma-'iin. Palawargi jaler istri anu mulya utamina ka pangersa saebul bet di dieu, sim kuring atas nami kulawargi bapa ………………………………………….. rawuh rombongan, disarengan ku muji syukur ka Gusti nu Maha Agung, ngahaturkeun rebu-rebu nuhun laksa keti kabinghan kapalawargi didieu wirehna sim kuring parantos gasik ditampi enggal-enggal ditarima, dipapag di hiap-hiap ku basa anu endah someah, diawur ku kembang tanjung paselang kembang kananga, malati nu jadi saksi, tawis kaweningan galih pribumi nampi rombongan nu sumping. Estu matak tingtrim kana ati, matak betah kana manah anu nyemah. Mugia p

Mitos asal muasal larangan menikah Sunda-Jawa

Pernahkah anda mendengar bahwa orang Sunda dilarang menikah dengan orang Jawa atau sebaliknya? Ternyata hal itu hingga ini masih dipercaya oleh sebagian masyarakat kita. Lalu apa sebabnya? Mitos tersebut hingga kini masih dipegang teguh beberapa gelintir orang. Tidak bahagia, melarat, tidak langgeng dan hal yang tidak baik bakal menimpa orang yang melanggar mitos tersebut. Lalu mengapa orang Sunda dan Jawa dilarang menikah dan membina rumah tangga. Tidak ada literatur yang menuliskan tentang asal muasal mitos larang perkawinan itu. Namun mitos itu diduga akibat dari tragedi perang Bubat. Peristiwa Perang Bubat diawali dari niat Prabu Hayam Wuruk yang ingin memperistri putri Dyah Pitaloka Citraresmi dari Negeri Sunda. Konon ketertarikan Hayam Wuruk terhadap putri tersebut karena beredarnya lukisan sang putri di Majapahit, yang dilukis secara diam-diam oleh seorang seniman pada masa itu, bernama Sungging Prabangkara.

Diajar Basa Sunda Kecap Rundayan (Dok. Banyolan Sunda.com)

Rarangken hareup kaasup kecap rundayan, nyaeta kecap anu wangun dasarna geus dirangkenkeun. Rarangken diba basa Sunda aya 4: rarangken hareup (awalan/afiks), rarangken tengah (infiks/sisipan), rarangken tukang (sufiks/ahiran), jeung rarangkeun barung (konfiks). Rarangken hareup nyaeta rarangken anu ngantet hareupeun wangun dasarna. Nu kaasup rarangken hareup nyaeta: 1. Rarangken hareup ba- Gunana ngawangun kecap pagawean nu hartina 'ngalakukeun' Conto dina kalimah: Kang Jack ayeuna geus balayar deui ka Papua make kapal laut. 2. Rarangken hareup barang- Gunana ngawangun kecap pagawean nu hartina 'ngalakukeun pagawean nu teu tangtu atawa teu puguh obyekna' Conto dina kalimah: Eta si Gembul kabeukina teh barangdahar we.

MAGEUHAN ADEG-ADEG KASUNDAAN

Oleh-oleh ti International Conference Sundanese Culture (ICSC) Kintunan :Rara Dotcom Dina “Nyukcruk Galur Kasundaan’ (Reinventing Sunda) anu kasebut tingkat Internasional mangrupa salah sahiji kareueus pikeun urang Sunda mah. Aru reueusna dina nyuckruk galur kasundaan dibawa ka tingkat internasional, lain ukur tingkat nasional wae, ieu teh salah sahiji tarekah anu kawilang pentingna, reueus, aheng malahan mah. Ari pentingna, sugan wae ku diangkatna ka tingkat internasional, bisa nambahan kawewegan pikeun urang sunda dina mageuhan adeg-adeg kasundaanana. Perlu dipikareueus, kituna mah. Ari ahengna? Enya aheng tur’aneh bin ajaib, diangkat ka tingkat dunya teh, padahal mah urang lemburna sorangan loba anu ngarasa era, teu wani ngaku. Diayakeunana International Conference Sundanese Culture (ICSC) teh ku pangrojongna ti komisi Nasional Indonesia keur UNESCO. Atuh ieu kagiatan anu diayakeun 3 poe 3 peuting bulan Oktober taun anu kaliwat di Hotel Salah The Heritage Bogor

Biografi Syeikh Abdul Muhyi, Sejarah Goa Pamijahan dan Larangannya (Dok. http://ppal-itqon.blogspot.com)

Image
Biografi Syeikh Abdul Muhyi, Sejarah ditemukannya Goa Pamijahan, dan Sejarah dilarangnya merokok di Pamijahan Syeikh Haji Abdul Muhyi lahir di Mataram sekitar tahun 1650 M /1071 H dan dibesarkan oleh orang tuanya di kota Gresik/ Ampel. Beliau selalu mendapat pendidikan agama baik dari orang tua maupun dari ulama-ulama sekitar Ampel. Karena ketekunannya menuntut ilmu disertai dengan ibadah disamping kesederhanaan dan kewibawaan yang menempel di dalam diri beliau maka tak heran jika teman-teman sebaya selalu menghormati dan menyeganinya.

Sejarah Berdirinya Biofarma (Dok. http://www.bandungheritage.org)

Image
 Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal J.P. Graaf Van Limburg Stirum ( 1916 - 1921), timbul gagasan untuk memindahkan Ibukota Hindia Belanda dari Batavia ke Bandung. Karena faktor kondisi alam dan udara yang segar, maka Tuan H. F. Tilema merekomendasikan agar Kota Bandung dipilih sebagai Ibukota Wilayah Hindia Belanda. Usulan tersebut secara berangsur mulai dilaksanakan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1920, setelah mendapat dukungan dari Prof. Ir. J. Kolopper, Rector Magnificus dari Bandoengeche Techniseche Hoogeschool (ITB). Maka berbagai pihak menyambut ide pemindahan tersebut dengah memindahkan fungsi dan bangunan umum ke Bandung, seperti Kantor Pusat Dagang Perusahaan- perusahaan asing, Tentara Bala Keselamatan ( Leger des Hells). Instasi Pemerintah kemudian menyusul pindah ke Bandung, kemudian pindah pula sebagian dari Departemen Perdagangan dari Bogor, Kantor Keuangan, dan Lembaga Penelitian Cacar yang bergabung dengan Institut Pasteur yang telah

Kampung dan Rumah Adat di Jawa Barat (Dok. http://www.bandungheritage.org)

RUMAH ADAT DI JAWA BARAT : 1.    Rumah Adat Citalang 2.    Rumah Adat Lengkong 3.    Rumah Adat Panjalin KAMPUNG ADAT DI JAWA BARAT 1.    Kampung Cikondang 2.    Kampung Kuta 3.    Kampung Mahmud 4.    Kampung Urug 5.    Kampung Dukuh 6.    Kampung Naga 7.    Kampung Pulo 8.    Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar   KAMPUNG  ADAT DI JAWA BARAT Kampung Cikondang Kampung Cikondang secara administratif  terletak di dalam wilayah Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kampung Cikondang ini berbatasan dengan Desa Cikalong dan Desa Cipinang (Kecamatan Cimaung) di sebelah utara, dengan Desa Pulosari di sebelah selatan, dengan desa Tribakti Mulya di sebelah Timur, serta di sebelah barat berbatasan dengan desa Sukamaju. Jarak dari Kota Bandung ke Kampung Adat Cikondang ini sekitar 38 Kilometer, sedangkan dari pusat Kecamatan Pangalengan sekitar 11 Kilometer. Dari Kota Bandung ke arah Selatan melewati Kecamatan Banjaran dan Kecamatan Cimaung. Jarak dari ruas jalan

Jalan Braga (Dok. http://www.bandungheritage.org)

Image
Penulis : Ir. David Bambang Soediono *) Sejarah Jalan Braga tidak dapat dilepaskan dari sejarah pembentukan dan perkembangan Kota Bandung, terutama daerah pusat kotanya. Ada tiga peristiwa penting di Hindia Belanda yang erat hubungannya dengan Kota Bandung.Peristiwa Pertama adalah pembuatan Jalan Raya Pos yang membentang melintasi Pulau Jawa dari Anyer di ujung barat ke Panarukan di ujung timur. Jalan Raya Pos tersebut dibuat di masa pemerintahan Gubernur Jenderal H. W. Daendels yang berkuasa dari tahun 1808 - 1811. Di Bandung, Jalan Raya Pos tersebut menjadi cikal bakal dari Jalan Janderal Sudirman, Jalan Asia Afrika, dan Jalan Jenderal A. Yani. Akibat dari pembuatan jalan tersebut pada tanggal 25 Mei 1810, kedudukan Bupati Bandung dipindahkan dari tempatnya semula ke lokasi yang sekarang menjadi rumah kediaman resmi Walikotamadya Bandung, di sebelah selatan Alun-alun. Rumah kediaman Bupati berikut Alun-alun berserta pohon beringan, mesjid, dan penjara

Jalan Dago (Dok. http://www.bandungheritage.org)

Image
Kawasan Dago adalah sebuah kawasan pemukiman elit di bagian utara Bandung. Pada awal perkembangan kota, kawasan ini hanyalah sebuah kampung kecil bernama Kampung Banong. Beberapa ahli menduga nama Bandung berasal dari nama Kampung ini. Kampung Banong ini mencuat namanya ketika Dr. Andrees de Wilde, seorang juragan perkebunan Kopi paling terkemuka pada tahun 1820-an mendirikan sebuah rumah peristirahatan di sana, lengkap dengan gudang kopi yang luas. Meskipun demikian, baru pada tahun 1910 pemerintah Gemeente Bandung mulai memperluas wilayah administrasinya ke arah utara. Orang merambah kebun dan sawah, membangun jalan Dago dan Cipaganti di Bandung Utara. Pembangunan dan pengerasan jalan Dago sampai ke hutan Pakar bersamaan dengan usaha Gemeente (kotamadya) membangun reservoir air minum di Bukit Dago. alan Ir. H. Juanda  (Jalan Dago) yang membelah kawasan ini kini menjadi jalur rekreasi paling utama bagi penduduk kota. Setiap Sabtu malam, ribuan orang tumpah-rua