Posts

Showing posts from July, 2013

MENGUNGKAP JEJAK KERAJAAN JAPURA DI SUBANG (Dok.Salakanagara)

Image
Kawasan Teluk Agung Muara Jati di Desa Nanggerang, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang diyakini sebagai bekas Kerajaan Japura yang berdiri di abad ke-14. Kondisi itu membuat pemerintah setempat berusaha melindunginya. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Herdiwan Iing Surantamengatakan, pihaknya siap menggelontorkan anggaran untuk melindungi serta mengembangkan kawasan bersejarah tersebut. Menurutnya, situs kabuyutan Tanjung Agung Muara Jati banyak mengandung peninggalan sejarah masa lalu Kerajaan Japura atau yang dikenal Nyi Subanglarang. “Untuk sementara, kami menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 juta untuk pembenahan dan pembangunan pagar situs,” ungkap Herdiwan. Namun,untuk perlindungan budaya, Herdiwan meminta pengurus yayasan Subanglarang untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar benda-benda bersejarah yang ditemukan sebaiknya diserahkan ke yayasan. Pihak yayasan juga harus mencegah upaya penggalian liar yang jelas bisa merusak keberadaan situs.

Kehidupan Keagamaan MASARAKAT SUNDA KUNO (Dok.Salakanagara)

Image
Penemuan-penemuan sejumlah bangunan era Megalitikum mengindikasikan bahwa rakyat Sunda kuno cukup religius. Sebelum pengaruh Hindu dan Buddha tiba di Pulau Jawa, masyarakat Sunda telah mengenal sejumlah kepercayaan, seperti terhadap leluhur, benda-benda angkasa dan alam seperti matahari, bulan, pepohonan, sungai, dan lain-lain. Pengenalan terhadap teknik bercocok tanam (ladang) dan beternak, membuat masyarakat percaya terhadap kekuatan alam. Untuk mengungkapkan rasa bersyukur atas karunia yang diberikan oleh alam, mereka lalu melakukan upacara ritual yang dipersembahkan bagi alam. Karena itu, mereka percaya bahwa alam beserta isinya memiliki kekuatan yang tak bisa dijangkau oleh akal dan pikiran mereka. Dalam melaksanakan ritual atau upacara keagamaan, masyarakat prasejarah itu berkumpul di komplek batu-batu besar (megalit) seperti punden-berundak (bangunan bertingkat-tingkat untuk pemujaan), menhir (tugu batu sebagai tempat pemujaan), sarkofagus (bangunan berbentuk

SIKEP URANG SUNDA NU ALUS PIKEUN KAMAJUAN SUNDA

URANG SUNDA TEH KUDU : 1.Congo nyurup kana puhu, ka luhur sirungan ka handap akaran. 2. Cageur, bageur, bener, pinter, jeung singer. 3. Nu weruh ka semuna apal ka basana, rancingas rasana, rancage hatena. 4. Nu bisa ngajaga panon ku awasna, ngajaga ceuli ku dengena, ngajaga letah ku ucapna, ngajaga hate ku ikhlasna. 5. Subur di lembur, bagja di kota. 6. Heug urang teundeun di handeuleum sieum, geusan sampeureun. cag urang tunda di hanjuang siang, geusan alaeun. 7. Bru di juru, bro di panto, ngalayah di tengah imah, rea ketan, rea keton, buncir leuit, loba duit. Di hareup undeureun, di tukang alaeun, di pipir petikeun, di kolong aya si jambrong, na parango aya si jago.

RUPA-RUPA LEUMPANG - dok Salakanagara

(Pangdeudeul pangajaran basa Sunda) Ku: Iing Firmansyah Boyot = leumpang kendor bangun beurat awak. Déog/péngkor = leumpang dingdet lantaran suku nu sabeulah rada pondok. Dohot-dohot = leumpang lalaunan bari semu dodongkoan cara peta nu ngadodoho. Égang/égol = leumpang cara budak nu anyar disunatan lantaran bisul dina palangkakan, jsté. Gonjléng = leumpang awéwé bari ngobah-ngobahkeun awak, haying narik perhatian lalaki. Ingkud-ingkuan/jingkrung = leumpang teu bener lantaran nyeri suku, jsté. Jarigjeug/jumarigjeug = leumpang bari semu rék labuh (biasana jalma nu geus kurang tanaga atawa nu kakara hudang gering). Jingjet = leumpang semu hésé ngaléngkah lantaran cacad suku atawa make samping nu heureut teuing.

RAWA ONOM – LAKBOK (CIAMIS)

Image
Legenda/Kisah Rawa Onom seakan tak terpisahkan dengan sejarah perkembangan Kabupaten Ciamis. Dulu, para bupati dan raja-raja Galuh, diyakini punya hubungan dengan lelembut ini. Dalam berbagai hal, Onom dipercaya sering membantu mereka. Konon, kini Onom menghuni Pulo Majeti. Siapa sebenarnya Onom? Kisah bangsa lelembut bernama Onom di Ciamis, tak terpisahkan dengan perjalanan Bupati/Raja Galuh R.A.A. Kusumadiningrat di masa lalu. Raja Galuh yang kerap dipanggil Kangjeng Prebu ini amat dikenal di kalangan masyarakat setempat sebagai bupati yang berhasil membangun Ciamis. Misalnya, saat memimpin Ciamis menggantikan Raden Adipati Kusumadiningrat pada tahun 1886, Kangjeng Prebu membangun irigasi-irigasi dan dam (bendungan). Misalnya saluran Gandawangi dan Nagawiru untuk mengairi persawahan dan membuka areal baru. Dengan pembangunan irigasi itu, pembangunan sektor pertanian di bawah kepemimpinan Kangjeng Prebu mengalami kemajuan cukup pesat. Dia juga mewajibkan pasang

Sejarah Kebun Raya Bogor

Pada tahun 1811, ketika perang Napoleon di eropa, Indonesia pada waktu itu bernama Hindia Belanda atau Nederlandsch Indie, direbut oleh Inggris dari kekuasaan Belanda.ketika Napoleon jatuh (1815/1816) para pemimpin negara di Eropa membuat perjanjian, antara lain tentang pembagian wilayah kekuasaan. Pada tahun 1816 Inggris menggembalikan kekuasaan Indonesia ke tangan Belanda. Peperangan yang terjadi di Eropa menyebabkan Belanda mengalami kelesuan, Kerajaan Belanda mengembangkan ilmu pengetahuan, karena mereka tahun tegak dan kejayaannya Belanda ditandai antara lain dengan ilmu pengetahuan. Untuk ini dikirimlah C.Th.Elout, A.A Boykens dan G.A.G.P. Baron Van Der Capellen, ke Indonesia dan Dr. Casper Goerge Carl Reinwardt selaku penasehat. Pada tanggal 15 April 1817 Reinwardt mencetuskan gagasannya untuk mendirikan Kebun Botani yang disampaikan kepada G.A.G.P. Baron Van Der Capellen,Komisaris Jendral Hindia Belanda dan beliau akhirnya menyetujui gagasan Reinwardt. Kebun B

Sejarah Asal dan Arti Nama Pakuan dan Pajajaran

Hampir secara umum penduduk Bogor mempunyai keyakinan bahwa Kota Bogor mempunyai hubungan lokatif dengan Kota Pakuan, ibukota Pajajaran. Asal-usul dan arti Pakuan terdapat dalam berbagai sumber. Di bawah ini adalah hasil penulusuran dari sumber-seumber tersebut berdasarkan urutan waktu: Carita (Cerita): Waruga Guru (1750-an). Dalam naskah berhasa Sunda kuno ini diterangkan bahwa nama Pakuan Pajajaran didasarkan bahwa di lokasi tersebut banak terdapat pohon Pakujajar. K.F. Holle (1869). Dalam tulisan berjudul “De Batoe Toelis te Buitenzorg” (Batutulis di Bogor), Holle menyebutkan bahwa di dekat Kota Bogor terdapat kampung bernama Cipaku (beserta sungai yang memeiliki nama yang sama). Di sana banyak ditemukan pohon Paku. Jadi menurut Holle, nama Pakuan ada kaitannya dengan kehadiran CIpaku dan Pohon Paku.Pakuan Pajajaran berarti pohon paku yang berjajar (“op rijen staande pakoe bomen“). G.P. Rouffaer (1919) dalam “Encyclopedie van Niederlandsch Indie” edisi Stibbe t

SITU CILEUNCA, Sarana Wisata Pangjugjugan Balarea (Dok.Salakanagara)

Image
SAJARAH SITU CILEUNCA Dina waktu jumenengna para alim Anu ayeuna kamashur Hese neang tandingan Kirang-kirang perusahaan anu luhur Nu nepi ka nyaruaan Tapi weleh henteu manggih Eta guguritan teh mangrupa pada anu munggaran tina guguritan ngeunaan Situ Cileunca, anu masih keneh kaemut ku Bapa Endang (75). Inyana ngaguar deui sajarah ngeunaan Situ Cileunca basa diwangun dina mangsa pamarentahan Hindia-Belanda, ampir saabad katukang. Situ Cileunca pernahna di Kacamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, jauhna kurang leuwih 42 Km ti kota Bandung ka tebeh kidul, ngaliwatan Dayeuh Kolot, Bale Endah, Banjaran, Pameungpeuk sarta Cimaung, pernahna teu kurang ti 2.500 meter luhureun beungeut cai laut. Teu aneh lamun hawana karasa tiis nyecep, antara 15-24oC. Pikeun ngajugjug Situ Cileunca, lamun ti Bandung, samemeh mengkol ka Pangalengan Kota (pasar jeung poseur kagiatan ekonomi liana), urang bisa ngambah jalan lempeng anu ka kidulkeun. Jalanna kawilang alus, ngan heureut

Legenda Batu Kuda

Image
Batu Kuda adalah nama sebuah obyek wisata yang berada di puncak Gunung Manglayang, Kabupaten Bandung. Pemberian nama itu ada kaitannya dengan batu yang bentuknya menyerupai seekor kuda. Kuncen yang bertugas di tempat itu mengatakan bahwa batu yang menyerupai kuda itu adalah kuda yang ditunggangi oleh Prabu Layang Kusuma beserta permaisurinya (Prabu Layang Sari). Menurut penuturannya, konon di zaman dahulu ada seorang raja dari salah satu kerajaan di Jawa Barat. Namanya Prabu Layang Kusuma. Suatu hari Sang Prabu bersama permaisurinya (Prabu Layang Sari), dengan berkuda, lewat Gunung Manglayang. Namun, ketika sampai di puncak tiba-tiba kuda yang ditungganginya terperosok ke dalam lumpur. Begitu dalamnya kuda itu terperosok hingga hanya separuh badannya yang kelihatan. Secara tiba-tiba pula kuda itu berubah menjadi batu. Oleh karena kuda yang ditunggangi menjadi batu, mau tidak mau Sang Prabu beserta Sang Permaisuri dan para pengawalnya menghentikan perjalanannya. Kemudia

PAKUAN IBUKOTA KERAJAAN SUNDA

Tome Pires (1513) menyebutkan bahwa dayo (dayeuh) Kerajaan Sunda terletak dua hari perjalanan dari Pelabuhan Kalapa yang terletak di muara Ciliwung. Sunda sebagai nama kerajaan tercata dalam dua buah prasasti batu yang ditemukan di Bogor dan Sukabumi. Prasasti yang di Bogor banyak berhubungan dengan KERAJAAN SUNDA PECAHAN TARUMANAGARA, sedangkan yang di daerah Sukabumi berhubungan dengan KERAJAAN SUNDA SAMPAI MASA SRI JAYABUPATI. A. KERAJAAN SUNDA PECAHAN TARUMANAGARA Di Bogor, prasasti itu ditemukan di Pasir Muara, di tepi sawah, tidak jauh dari prasasti Telapak Gajah peninggalan Purnawarman. Prasasti itu kini tak berada ditempat asalnya. Dalam prasasti itu dituliskan “ini sabdakalanda rakryan juru pangambat i kawihaji panyca pasagi marsan desa barpulihkan haji sunda” Terjemahannya menurut Bosch: “Ini tanda ucapan Rakryan Juru Pengambat  dalam tahun (Saka) kawihaji (8) panca (5)  pasagi (4), pemerintahan begara dikembalikan kepada raja Sunda”.

ALUNAN SUARA NYAI SUBANG LARANG YANG MELULUHKAN KERAS HATINYA PRABU SILIWANGI (Dok.Salakanagara)

Pada Tahun 1409 Ki Gedeng Tapa dan anaknya nyai Subang Larang,penguasan Syahbandar Muara Jati Cirebon, menyambut kedatangan pasukan angkatan laut Tiongkok pimpinan Laksamana Muslim Cheng Ho ditugaskan oleh Kaisar Yung Lo (Dinasti Ming 1363-1644) memimpin misi muhibah ke-36 negara. Antara lain ke Timur Tengah dan Nusantara (1405-1430). Membawa pasukan muslim 27.000 dengan 62 kapal. Misi muhibah Laksamana Cheng Ho tidak melakukan perampokan atau penjajahan. Bahkan memberikan bantuan membangun sesuatu yang diperlukan oleh wilayah yang didatanginya. Seperti Cirebon dengan mercusuarnya. Oleh karena itu, kedatangan Laksamana Cheng Ho disambut gembira oleh Ki Gedeng Tapa sebagai Syahbandar Cirebon. Di Cirebon Laksmana Cheng Ho membangun mercusuar. Dalam Armada Angkatan Laut Tiongkok itu, rupanya juga diikutsertakan seorang ulama Syekh Hasanuddin adalah putra seorang ulama besar Perguruan Islam di Campa yang bernama Syekh Yusuf Siddik yang masih ada garis keturunan dengan Sy

GUGURITAN - Dok Salakanagara

Diserat ku : Dingding Haerudin*) Guguritan kagolong kana karangan ugeran dina wangun puisi heubeul. Pangna disebut karangan ugeran lantaran kaiket ku Patokan anu tangtu, nya eta Patoka pupuh. Sawatara urang ahli netelakeun watesan ngeunaan guguritan. Yus Rusyana (1992:94) nyebutkeun yen guguritan nya eta karangan pondok anu disusun make patokan pupuh. Iskandarwassid dina Kamus Istilah sastra (1992:46) nyebutkeun yen guguritan teh nya eta karangan puisi mangrupa dangding anu teu kawilang panjang. Nurutkeun wangunanana, gugurutan kaasup wangun ugeran, nya eta kauger ku patokan pupuh. Ku lantaran teu panjan g tea biasana mah ukur ukur diwangun ku hiji pupuh, tara gunta-ganti pupuh cara dina wawacan, sarta ilaharna eusina henteu ngawujud carita (naratip). Dibacana biasana mah dihariringkeun make lalaguan anu geus matok keur pupuh eta. Atawa ngahaja jadi rumpaka dina pagelaran seni tembang Cianjuran. Dumasar kana hasil panalungtikan Yus Rusyana jeung Ami Raksanagara (1980) pupuh

PRINGGAWASI

Image
Kintunan : Aan Merdeka Permana  Hiji-hijina Perwira Awéwé Jaman Pajajaran PRINGGAWASI, hiji-hijina awéwé nu jadi perwira Karajaan Pajajaran. Inyana hirup dina jaman pamaréntahan Prabu Ratu Déwata (1535-1543), kaasup limapuluh perwira Karajaan Sunda ti jaman ka jaman dina nyumbangkeun bala-tampur (taktik tempur) anu dicatet dina Pustaka Ratuning Bala Saréwu. Pringgawasi ti keur umur 9 taun geus diurus ku karajaan, sabab geus pahatu-lalis. Biangna, Nyi Ami Sarih maot basa ngalahirkeun manéhna. Ari nu jadi bapa, Ki Tonggala, gugur di pangperangan sabab jadi prajurit Pajajaran dina jaman Prabu Surawisésa ( 1521-1535). Umur 10 taun geus disuprih élmu kanuragan. Geus déwasa nyiptakeun jurus Penca Maliput, Céndra Babak Sipur, jeung Gagak Lumpat, dicatetkeun dina Pustaka Ratuning Bala Saréwu sabab éta élmu kabéh keur stratégi bala-tampur. Ti saprak ditinggalkeun maot di pangperangan ku nu jadi bapa,Pringgawasih cita-cita keyeng, hayang milu dina kamilitéra

ASAL USUL PRA SAJARAH KI SUNDA (dOK,salakanagara)

Ku, Prof.Dr.R.P.Koesoemadinata Gurubesar Emeritus Geologi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung Disundakeun ku Sundamaya Saripati/Abstraks Ngahaeub Perang Dunya kadua loba pisan situs artefak (lolobana talawengkar obsidian) nu kapanggih di pasir-pasir sabudeureun cekungan Bandung. Ieu situs jeung artefak-artefak teh geus dibahas ku Koenigswald (1935) jeung Rothpletz (1951).Ieu artefak-artefak teh ngan kapanggih lebah puncak-puncak pasir nu jangkungna leuwih ti 725 m saluhureun beungeut laut, ieu fakta nu bisa dijieun bukti yen kungsi ayana talaga bihari/purba (talaga Bandung). Nu ceuk dongeng rayat Sunda mah “Sasakala Sangkuriang” artefak nu kapanggih di wetankidul Bandung, lolobana cewiran batu obsidian, mindeng sagede tungtung jamparing, peso, pesoraut, jeung jara: parabot tina batu teh, aya nu winangun halu leutik, kampak, batu dua muka tina batu kalsedon, geulang, tina batu atawa cewiranana. Aya oge sesemperan barabadan, atawa winang

SAJARAH WANAYASA

Image
Ujaring sepuh. Ari karuhun Wanayasa téh asalna ti Mataram, nya eta Susuhunan Mangkurat, putrana Susuhunan Tegalarum. Susuhunan Tegalarum putrana Sultan Agung Mataram. Asalna tedak Dipati Hariang Banga, putra pamindo Ratu Galuh. Susuhunan Mangkurat kagungan putra hiji pameget, jenenganana Pangeran Dipati Katwangan. Ageung-ageung éta Dipati Katwangan téh kagungan geureuha ka putrana Pangeran Madura, ti dinya kagungan putra dua: 1. Pameget, jenenganana Pangéran Pancawara. 2. Istri, jenenganana Ratu Harisbaya. Ratu Harisbaya kagungan carogé ka Panembahan Girilaya, Cirebon. Pangéran Pancawara ogé sami nyarengan ka Cirebon, kagungan geureuhana ka raina Pangéran Girilaya, sarta kagungan cacah jiwa 80 somah. Pangéran Pancawara kagungan putra dua, pameget sadayana: 1. Dalem Putera Kelasa 2. Dalem Aria Surya di Kara Dalem Aria Surya di Kara I, calikna di Léngkapura Sumedang. Kagungan putra hiji, jenenganana Dalem Giri Perlaya. Dalem Giri Perlaya kagungan putra hiji, je

MENGENAL KARUHUN SUNDA BAG. 1

1. Pangeran Jayakarta (Rawamangun Jakarta) 2. Eyang Prabu Kencana (Gunung Gede, Bogor) 3. Syekh Jaenudin (Bantar Kalong) 4. Syekh Maulana Yusuf (Banten) 5. Syekh Hasanudin (Banten) 6. Syekh Mansyur (Banten) 7. Aki dan Nini Kair (Gang Karet Bogor) 8. Eyang Dalem Darpa Nangga Asta (Tasikmalaya) 9. Eyang Dalem Yuda Negara (Pamijahan Tasikmalaya) 10. Prabu Naga Percona (Gunung Wangun Malangbong Garut) 11. Raden Karta Singa (Bunarungkuo Gn Singkup Garut) 12. Embah Braja Sakti (Cimuncang, Lewo Garut) 13. Embah Wali Tangka Kusumah (Sempil, Limbangan Garut) 14. Prabu Sada Keling (Cibatu Garut) 15. Prabu Siliwangi (Santjang 4 Ratu Padjadjaran 16. Embah Liud (Bunarungkup, Cibatu Garut) 17. Prabu Kian Santang (Godog Suci, garut) 18. Embah Braja Mukti (Cimuncang, Lewo Garut) 19. Embah Raden Djaenuloh (Saradan, Jawa Tengah) 20. Kanjeng Syekh Abdul Muhyi (Pamijahan Tasikmalaya)

Paham Kekuasaan Sunda

  Oleh JAKOB SUMARDJO KEKUASAAN kurang lebih berarti kemampuan, kesanggupan, kekuatan, kewenangan untuk menentukan. Kekuasaan meliputi wilayah keluarga, kampung, negara, lembaga. Dalam pengertian kebudayaan, wilayah-wilayah kekuasaan tadi menampakkan pola-pola yang sama. Pengaturan kekuasaan dalam keluarga, dalam kampung, dalam kerajaan sama. Itulah pola kekuasaan yang menampakkan dirinya dalam berbagai hasil budaya Sunda. Namun, kebudayaan sebagai cara hidup kelompok itu berubah terus. Apa yang akan diuraikan di sini berdasarkan artefak-artefak budaya yang sudah ada, jadi agak kesejarahan, dalam arti “telah terjadi”. Sumber dari pemahaman ini berasal dari cerita pantun, perkampungan Sunda, kampung adat, dan silat Sunda. Paham ini tersembunyi di balik yang tampak (tangible), sehingga memerlukan pemecahan simbol-simbolnya. Masyarakat Sunda sendiri dengan tidak disadari berlaku berdasarkan paham Sundanya, sehingga kurang berjarak untuk melihat realitas dirinya. Salah

Mistisme Masyarakat Sunda; Sebuah Perbandingan dengan Jawa

Image
oleh AFIF MUHAMMAD   KETIKA seseorang mendengar istilah “Agama Jawa” disebut orang, serta-merta terlintas suatu gambaran tentang tradisi yang berkembang dalam komunitas Jawa tertentu yang dapat dibedakan secara jelas dari agama, khususnya Islam, yang juga berkembang berdampingan dengannya. Artinya, dalam “Agama Jawa” itu terdapat suatu pandangan hidup yang terdiri atas sistem kepercayaan, peribadatan, etika filsafat, seni, dan lain-lain, yang secara keseluruhan disebut dengan “Agama Jawa”, dan itu bukan Islam, bukan Kristen, bukan Hindu, dan bukan Budha. Kalaupun dalam The Religion of Java Clifford Geertz mengemukakan trikotomi Santri, Priyayi, dan Abangan ( Clifford Geertz , 1960), sebenarnya varian santri tidak mungkin dapat dimasukkan dalam kategori “pemeluk” Agama Jawa, tetapi lebih tepat jika disebut sebagai pemeluk Islam yang bersuku Jawa. Sebab, dalam religiusitasnya, mereka lebih menampakkan kesantriannya ketimbang kejawaannya. Berbeda dengan Priyayi dan Ab

Ketuhanan Yang Maha Esa Versi Sunda

Saterusna, pikeun ngawangun hiji Pamaréntah Nagara Indonésia nu nangtayungan sakumna bangsa Indonésia jeung sakuliah lemah cai Indonésia sarta pikeun ngamajukeun karaharjaan umum, nyerdaskeun kahirupan bangsa, jeung milu ngalaksanakeun katartiban dunya dumasar kana kamerdékaan, karépéhrapihan anu langgeng jeung kaadilan sosial, nya disusun eta kamerdékaan kabangsaan Indonésia teh dina hiji Undang-Undang Dasar Nagara Indonésia, winangun nagara Republik Indonésia nu ngagem kadaulatan rayat sarta dumasar kana Katuhanan Nu Maha Esa, kamanusaan  nu adil jeung beradab, persatuan Indonésia, jeung karayatan nu dipingpin ku hikmah kawijaksanaan dina permusawarahan/perwakilan, bari jeung ngawujudken kaadilan sosial pikeun sakumna rayat Indonésia.   KALIMAT di atas adalah paragraf ketiga Bubuka (Preambule) Undang-Undang Dasar 1945 yang sudah dialihbahasakan ke dalam bahasa Sunda. Alih bahasa UUD 1945 ke dalam bahasa daerah adalah program Mahkamah Konstitusi yang patut diacungi

Syekh Haji Abdul Muhyi

(1650-1730) Abdul Muhyi, Syeikh Haji (Mataram, Lombok, 1071 H/1650 M-Pamijahan, Bantarkalong, Tasikmalaya, Jawa Barat 1151 H/1730 M). Ulama tarekat Syattariah, penyebar agama Islam di Jawa Barat bagian selatan. Karena dipandang sebagai wali, makmnya di Pamijahan di keramatkan orang. Abdul Muhyi datang dari keluarga bangsawan. Ayahnya, Sembah L e be W a rta Kusumah , adalah keturunan raja Galuh (Pajajaran). Abdul Muhyi dibesarkan di Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Pendidikan agama Islam pertama kali diterimanya dari ayahnya sendiri dan kemudian dari para ulama yang berada di Ampel. Dalam usia 19 tahun, ia berangkat ke Kuala, Aceh, untuk melanjutkan pendidikannya dan berguru pada Syeikh Adur Rauf Singkel , seorang ulama sufi dan guru tarekat Syattariah. Syeikh Abdur Rauf Singkel adalah ulama Aceh yang berupaya mendamaikan ajaran martabat alam tujuh -yang dikenal di Aceh sebagai paham wahdatul wujud atau wujudiyyah (panteisme dalam Islam)-dengan paham sunah . Meskipun begitu S

Sunan Gunung Djati; Pembuktian Terbalik

Oleh AYAT ROHAEDI MEMBICARAKAN tokoh panutan suatu kelompok masyarakat tertentu, merupakan sesuatu yang tetap menarik, sekaligus menantang. Kian sedikit sumber yang tersedia, akan kian bertambah pula tantangan yang dihadapi. Misalnya saja, benarkah embaran yang tersaji dalam berbagai sumber yang keshahihannya masih perlu disawalakan lebih lanjut. Sunan Gunung Djati (SGD) yang menjadi tokoh panutan masyarakat Cirebon khususnya dan sebagian masyarakat Sunda umumnya, termasuk ke dalam kategori itu. Dalam pada itu, hingga saat ini sumber yang dikaithubungkan dengan Sunan Gunung Djati  pada umumnya termasuk kategori sumber yang keshahihannya masih perlu disawalakan lebih lanjut itu. Sumber yang tersedia itu berupa (a) data kepurbakalaan, (b) data kesejarahan, (c) data kesastraan, dan (d) data tradisi lisan (baik yang menonjolkan segi keagamaan, kenegaraan, maupun kemasyarakatan). Data Arkeologis LAPORAN pertama mengenai gugus makam Sunan Gunung Djati dan siapa saja

Tradisi Masyarakat dalam Hidup dan Mati

Oleh RUSLI PRANATA Dalam Kamus Filsafat (1996: 1.115-1.116), tradisi merupakan adat istiadat, ritus-ritus, ajaran-ajaran sosial, pandangan-pandangan, nilai-nilai, dan aturan-aturan perilaku, yang diwariskan dari generasi ke generasi. Takdir atau hidup dan mati sebuah tradisi sangat bergantung dan ditentukan oleh dua faktor. Pertama, pengguna atau pemakai tradisi (masyarakat). Kedua, pihak yang berkuasa atau pemerintah. Untuk faktor pertama (pengguna tradisi), kita ambil saja contoh tradisi lokal yang pernah ada di sekitar Desa Babakan Panjang, Kec. Nagrak, Kab. Sukabumi. Tradisi yang pernah ada di sana salah satunya adalah tradisi yang berkaitan dengan pertanian. Dari dulu sampai sekarang para petani di desa tersebut membajak sawahnya dengan menggunakan kerbau, karena kondisi areal persawahannya yang tidak rata tidak memungkinkan untuk menggunakan tenaga mesin traktor. Akan tetapi, tradisi nembang saat berada di sawah, kini tidak akan pernah ditemukan atau dide

Cakrabuana, Syarif Hidayatullah, dan Kian Santang; Tiga Tokoh Penyebar Agama Islam di Tanah Pasundan

Oleh ASEP AHMAD HIDAYAT BERBICARA tentang proses masuknya Islam (Islamisasi) di seluruh tanah Pasundan atau tatar Sunda yang sekarang masuk ke dalam wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, maka mesti berbicara tentang tokoh penyebar dari agama mayoritas yang dianut suku Sunda tersebut. Menurut sumber sejarah lokal (baik lisan maupun tulisan) bahwa tokoh utama penyebar Islam awal di tanah Pasundan adalah tiga orang keturunan raja Pajajaran, yaitu Pangeran Cakrabuana, Syarif Hidayatullah, dan Prabu Kian Santang. Sampai saat ini, masih terdapat sebagian penulis sejarah yang meragukan keberadaan dan peran dari ketiga tokoh tersebut. Munculnya keraguan itu salah satunya disebabkan oleh banyaknya nama yang ditujukan kepada mereka. Misalnya, dalam catatan beberapa penulis sejarah nasional disebutkan bahwa nama Paletehan (Fadhilah Khan) disamakan dengan Syarif Hidayatullah. Padahal dalam sumber sejarah lokal (cerita babad), dua nama tersebut merupakan dua nama

SMS, STATUS, LEBARAN KU BASA SUNDA

Image
Kenging Niron Tina Grup Salakanagara     CONTO kangge sms-an dina nyanghareupan boboran Siam .Wios lami keneh oge ,bilih hilap… 1. Niti wanci nu mustari , ninggang mangsa nusampurna , dina Idul Fitri anu ieu.. hayu urang sami-sami ngabersihkeun rereged ati.. tina khilaf sinareng dosa.. Taqqobalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa shiyamakum. 2. Bilih aya tutur saur nu teu kaukur, reka basa nu pasalia, laku lampah nu teu merenah, wilujeng boboran shiam neda sih hapunten tina samudaya kalepatan lahir sinareng bathin. 3. Sadaya jalmi tiasa ngiring lebaran....... tapi teu sadaya jalmi tiasa ngiring Idul Fitri.... mugi urang kalebet jalmi nu tiasa ngiring Idul Fitri..... wilujeng boboran shiam 1434 H. Hapunten samudaya kalepatan. 4. Laligarna tarate dina talaga hate. nyambuangna seungit malati nu ligar dina taman ati janten ciciren lubarna kalepatan antawis urang. Wilujeng boboran shiam 1434 H. Taqqobalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa shiyamakum.

PROPINSI PASUNDAN (Dok.Salakanagara)

Image
Sok aya nu nanya, ari Propinsi Pasundan teh mana? Naon pangna dingaranan Propinsi Pasundan? Kieu eta teh. Ari nu disebut Propinsi Pasundan nya eta Province West Java anu diadegkeun taun 1925. Wewengkonna ngurung Propinsi Jawa Barat, Propinsi Banten jeung Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya (DKI Jaya) ayeuna. Ari pangna disebut Propinsi Pasundan, ku lantaran, kapan dina putusanana ge disebutkeun yen ngaran ieu propinsi teh bisa disebut Provincie West Java, jeung bisa oge disebut Propinsi Pasundan. Provincie West Java disebut ku urang Walanda boh dina caritaan sapopoeé dina basa Walanda boh dina administrasi pamarentahan kolonial Hindia Walanda anu memang ngagunakeun basa Walanda oge. Ari Propinsi Pasundan geus biasa disebut ku urang pribumi dina basa urang pribumi, babakuna ku urang Sunda dina basa Sunda. “West Java, in inheemsche talen aan te duiden als Pasoendan,” kitu antarana rengkolna dina putusanana teh. Sundana, “Ari Propinsi Jawa Barat teh dina basa pribumi mah

WAWACAN SULANJANA

Wawacan Sulanjana adalah naskah kuno berbahasa Sunda yang mengandung mitologi Sunda. Judul naskah ini bermakna "Kisah Sulanjana". Kata wawacan berarti yang berarti "bacaan". Sedangkan nama Sulanjana sendiri adalah nama pahlawan utamanya, pelindung tanaman padi dari serangan Sapi Gumarang, dan babi hutan Kalabuat dan Budug Basu yang melambangkan hama yang menyerang tanaman padi. Wawacan Sulanjana mengandung kearifan lokal mengenai tradisi memuliakan tanaman padi dalam tradisi masyarakat Sunda. Mitologi dalam Wawacan Sulanjana menceritakan mitologi dewa-dewi Sunda, khususnya mengisahkan mengenai dewi padi Nyi Pohaci Sanghyang Asri. Naskah ini juga menceritakan kekayaan dan kemakmuran Kerajaan Sunda Pajajaran dengan tokoh raja legendarisnya Prabu Siliwangi. Naskah ini menggambarkan sifat kehidupan pertanian masyarakat Sunda. Asal mula Wawacan Sulanjana mungkin dapat ditelusuri dari tradisi lisan Pantun Sunda yang dikisahkan pendongeng desa secara turun

Prabu Surawisésa

Pengganti Sri Baduga Maharaja adalah Surawisesa (puteranya dari Mayang Sunda dan juga cucu Prabu Susuktunggal). Ia dipuji oleh Carita Parahiyangan dengan sebutan "kasuran" (perwira), "kadiran" (perkasa) dan "kuwanen" (pemberani). Selama 14 tahun memerintah ia melakukan 15 kali pertempuran. Pujian penulis Carita Parahiyangan memang berkaitan dengan hal ini. Nagara Kretabhumi I/2 dan sumber Portugis mengisahkan bahwa Surawisesa pernah diutus ayahnya menghubungi Alfonso d'Albuquerque (Laksamana Bungker) di Malaka. Ia pergi ke Malaka dua kali (1512 dan 1521). Hasil kunjungan pertama adalah kunjungan penjajakan pihak Portugis pada tahun 1513 yang diikuti oleh Tome Pires, sedangkan hasil kunjungan yang kedua adalah kedatangan utusan Portugis yang dipimpin oleh Hendrik de Leme (ipar Alfonso) ke Ibukota Pakuan Pajajaran atau disingkat Pakuan atau Pajajaran (sekarang kota Bogor). Dalam kunjungan itu disepakati persetujuan antara Kerajaan Sunda

Pasipatan jalma (hade vs goreng)

Pasipatan jalma aya dua rupa, nyaeta sipat hade jeung sipat goreng. A. PASIPATAN JALMA NU HADE: Getol = upama digawe henteu loba ngareureuh, budak sakola jarang absen. Rajin = daekan kana gawe Rapekan = sagala pagawean dicabak Wekel = digawe henteu bosenan Singer = kana gawe trampil Berehan = resep barang bere Tanghian = resep hudang isuk-isuk Someah,sarehseh,gerewel = akuan, resep nanya Gemi, rikrik = resep neundeun rejeki Banteran,wanter = wani henteu eraan Daekan = lamun dititah tara hese Pinter = uteukna sagala bias Sopan = nyaho anggah-ungguh tatakrama Parimpen = neundeun barang dina tempatna, henteu asal bae Tartib = ati-ati dina sagala pagawean Satuhu = nurut kana sagala papatah/parentah Apik = Ati-ati kana pagaweann supaya hasilna hade

Puasa dalam Tradisi Sunda

Catatan Kecil DHIPA GALUH PURBA “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Al-Baqarah: 183). ADA sepucuk undangan dari Masjid Al-Ikhlas. Sungguh membuat saya kaget, karena dalam undangan tersebut tercantum nama “Ustad Drs. Dhipa Galuh Purba”. Saya belum merasa pantas menyandang gelar “ustad”, karena ilmu tentang keislaman yang saya pahami belum seberapa. Saya masih harus banyak belajar dan belajar hingga akhirnya suatu saat saya berani menerima sebutan “ustad”. Untuk kali ini, saya belum berani disebut “Ustad”. Selain itu, saya pun tidak memiliki gelar “Drs”. Undangan dari Masji Al-Ikhlas saya terima dengan gembira, seperti kegembiraan saya menyambut bulan Puasa. Saya jarang menolak jika mendapat undangan, karena saya senang bersilaturahmi. Namun mengenai tema diskusi yang dicantumkan di undangan “Puasa dalam Tradisi Arab dan Masyarakat Sunda”, saya sudah menjelaskan kep

Menyambut Ramadhan dengan Tradisi Munggahan

Setiap tradisi merupakan budaya turun temurun yang mau tidak mau harus dipertahankan oleh setiap generasinya , serta harus dipegang teguh karena itu salah satu bentuk rasa hormat kita terhadap leluhur di daerah tempat tradisi itu berkembang. Melestarikan dan mewariskan suatu tradisi adalah kewajiban kita sebagai generasi muda yang harus mempertahankannya agar tetap menjadi budaya dan tidak hilang karena pengaruh globalisasi dan modernisasi. Seperti halnya di akhir bulan Sya’ban, menjelang bulan Ramadhan, ada sebuah tradisi yang sampai saat ini masih kerap dilaksanakan oleh masyarakat. Khususnya di tatar sunda, Jawa Barat. Hampir setiap daerah, setiap desa, setiap kota tidak melewatkan moment ini. Bahkan setiap daerah memiliki keunikan dan keanekaragaman masing-masing dalam tradisi menyambut datangnya bulan Ramadhan. Tradisi ini dinamakan “Munggahan”. Munggahan ? Apa itu Munggahan ? Mungkin banyak yang belum tahu tradisi Munggahan itu apa dan seperti apa. Tapi bag

"Ra" sebagai Mahacahaya yang dijaga "Naga" Sampurasun...!

catatan : - RA = SINAR / Matahari - DEWA = CAHAYA / Rambatan cahaya Matahari - SANG = CA'ANG / TERANG Karuhun Sunda ternyata sudah lebih dulu memahami bahwa; Seluruh benda langit yang mengelilingi Matahari itu BERASAL dari Matahari juga...(pecahan) dan posisi Planet Bumi adalah ruang langit yang paling sempurna untuk kehidupan Manusia berdasarkan jarak radial Matahari yang paling ideal... (*sabab deukeut teuing mah panas... jauh teuing nya ti'is). Sehingga... Karuhun Sunda mengatakan bahwa : 1. MANUSIA dan mahluk hidup lainnya TERCIPTA dari BUMI, maka mereka menyebutnya sebagai BWA-ACI atau "Aci ning Bumi" . 2. BUMI (*dan benda langit lainnya) TERCIPTA dari MATAHARI... itu sebabnya mereka menyebut Bumi sebagai BWA-NA (*Na = Api).

Pendiri Kendan

Kendan didirikan oleh Sang Manikmaya, ia berasal dari keluarga Calankayana, India yang menetap di Kendan sebagai resi. Karena memiliki agama yang sama dengan raja Tarumanagara dan penyembah Wisnu, Manikmaya kemudian dinikahkan dengan Dewi Tirtakancana, putri Suryawarman, raja Tarumanagara. Istilah atau sebutan Manikmaya dalam kehidupan masyarakat sunda sangat familir dan dikenal dari nama tokoh dewa didalam cerita Mahabarata. Sehingga banyak runtutan Kisah yang menghubungkan sejarah para leluhurnya dengan tokoh pewayangan. Sebelum Sang Manikmaya tiba di Kendan, dipastikan daerah tersebut sudah ada kehidupan, sebagaimana ditemukannya gerabah yang diketahui berumur pada era sebelum tarikh masehi. Hal ini menjadi sangat masuk akal mengingat perkenalan Sang Manikmaya, pendiri Kendan dengan penguasa Tarumanara terjadi setelah ia berada di Kendan, dalam kapasitasnya sebagai resi. Sang Manikmaya berkuasa di Kendan sejak 458 Saka (536 M) sampai dengan 490 Saka (568 M). Pada wakt

NASKAH SUNDA DASARANA

Dasanaraka téh sacara harfiah mah hartina sapuluh naraka. Tina ieu bab mah harti tina dasanaraka leuwih lega, nyaéta sapuluh kaayaan tina sapuluh indera (dasaindriya) anu bisa jadi cukang lantaran hiji jalma tigebrus ka naraka. Sapuluh indera nu dipiboga ku unggal jalma nyaéta ceuli, panon, irung, létah, sungut, kulit, leungeun, dubur, purusa (bobogaan), jeung suku teu dimangpaatkeun dina kahadéan, tapi dipaké milampah jahat. Upama dititénan tina pedaran-pedaran satuluyna dina téks SSMG, saperti dasasila, dasamarga, dasaindria, dasapangaku, dasautama, dasawisésa, dasamahawisésa, jeung dasa-tan kawisésa bakal écés yén aci-acining ajaran nu nyangkaruk dina SSMG téh, neueul kana dasaindria, fitrah nu dipibanda ku manusa. Informasi nu kawilang penting dina bagian ieu nyaéta ngaran rupa-rupa kasakit nu nyampak dina téks. Leuwih kurang aya opat puluh ngaran kasakit nu ditataan. Sawaréh kasakit nu ditataan masih kénéh dipikawanoh ku urang Sunda kiwari, saperti: congé, torék, p

Sejarah Singkat Kendan

Sejarah Jawa Barat mencatat Kendan telah eksis sejak tahun 536 sampai dengan 612 M. Kendan berubah nama menjadi Galuh (permata) ketika masa Wretikandayun, penerus Kendan menyatakan diri melepaskan diri dari Tarumanagara (Sundapura). Karena Terusbawa merubah Tarumanagara menjadi Kerajaan Sunda (pura). Sejak tahun 670 M ditatar sunda dianggap ada dua kerajaan kembar, yakni Sunda Pakuan dan Sunda Galuh. Naman Kendan seolah tenggelam dalam kebesaran nama Galuh, sangat jarang diketahui masyarakat tentang wilayah dan kesejarahannya, kecuali beberapa masyarakat yang berminat mendalami sejarah Sunda. Bagi sejarawan sunda eksistensi Kendan tidak dapat dilepaskan dari Galuh. Kendan danggap cikal bakal Galuh. Bahkan sejarawan Sumedang di Musium Prabu Geusan Oeloen membedakan Galuh Kendan dengan Galuh Kawali.

Ngamumule karakter urang sunda

Image
tina blog : Desa Kertahayu Pangandaran http://kertahayu.blogspot.com/   Asal muasal kecap ngamumule; Kahiji ; Ngamuliakeun, Ngajenan, Ngaagungkeun, kesenian samodel pentas, bahasa make bahasa Sunda, baju atawa sikap jeng etika. Kadua ; Ngahartian makna anyar. Katilu ; Ngawangun kreasi anyar dina widang perkakas atawa teknologi. Kaopat ; Ngajonjatkeun kabudayaan karuhun urang, saperti bahasa sapopoe, kasusastraan, seni," jelasna Naon atuh nu kudu dironjatkeun teh, nyaeta dina budaya Sunda; -Hiji dina harti lokalitas wilayah jeung kasajarahan. -Kadua, dina pawarisan nu terus kontinyu. Naha nudisebut urang Sunda teh nu sok make iket, baju pangsi, nyoren bedog? Lamun ningali kana kabiasaan atuh urang henteu asup kasebut urang Sunda lamun kitumah. Ngemulule Sunda "Kedah dikawitan tina bahasa. Henteu majuna bahasa Sunda kusabab aya nu kuat nyepengan undak-unduk bahasa Sunda.

Sejarah Angklung

Angklung  adalah alat musik terbuat dari dua tabung bambu yang ditancapkan pada sebuah bingkai yang juga terbuat dari bambu. Tabung-tabung tersebut diasah sedemikian rupa sehingga menghasilkan nada yang beresonansi jika dipukulkan. Dua tabung tersebut kemudian ditala mengikuti tangga nada oktaf. Untuk memainkannya, bagian bawah dari bingkai ini dipegang oleh satu tangan, sementara tangan yang lain menggoyangkan angklung secara cepat dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya. Hal ini akan menghasilkan suatu nada yang berulang. Dengan demikian, dibutuhkan sebanyak tiga atau lebih pemain angklung dalam satu ensembel, untuk menghasilkan melodi yang lengkap. Angklung telah populer di seluruh Asia Tenggara, namun sesungguhnya berasal dari Indonesia dan telah dimainkan oleh etnis Sunda di Provinsi Jawa Barat sejak zaman dahulu. Kata “angklung” berasal dari dua kata “angka” dan “lung”. Angka berarti “nada”, dan lung berarti “putus” atau “hilang”. Angklung dengan demikian berarti

SEJARAH MUSIK DAN PERKEMBANGAN MUSIK DAERAH

1.Angklung angklung terbuat dari ruas-ruas bambu yang dibunyikan dengan cara digoyang sehingga menghasilkan nada-nada tertentu.menurut mitologi bali ,kata angklung berasal dari kata ‘angka’ yang berarti nada dan kata ‘lung’ yang berarti patah atau hilang.angklung kemudian dapat dikatakan sebagai nada atau laras yang tidak lengkap. Tidak mudah untuk menentukan sejarah angklung.walaupun demikian ,dapat kita lihat sekarang ini angklung banyak digunakan di daerah jawa barat.hal ini bisa menunjukkan bahwa ada kecenderungan angklung berasal dari jawa barat. Music bambu –termasuk diantaranya angklung dan calung-di jawa barat telah menjadi bagian dari adat sejak dahulu.terbentuknya music ini erat kaitannya dengan budaya agraris masyarakat sunda. Music bambu tercipta dari kepercayaan pandangan hidup masyarakat sunda terhadap nyai sri pohaci,sang dewi padi pemberi kehidupan.dalam mengelolah tanaman padi,mereka menciptakan syair-syair dan lagu untuk di persembahkan kepada nyai s

ASAL MULA KARINDING

Awalnya karinding adalah alat yang digunakan oleh para karuhun untuk mengusir hama di sawah—bunyinya yang low decible sangat merusak konsentrasi hama. Karena ia mengeluarkan bunyi tertentu, maka disebutlah ia sebagai alat musik. Bukan hanya digunakan untuk kepentingan bersawah, para karuhun memainkan karinding ini dalam ritual atau upaca adat. Maka tak heran jika sekarang pun karinding masih digunakan sebagai pengiring pembacaan rajah. Bahkan, konon, karinding ini digunakan oleh para kaum lelaki untuk merayu atau memikat hati wanita yang disukai. Jika keterangan ini benar maka dapat kita duga bahwa karinding, pada saat itu, adalah alat musik yang popular di kalangan anak muda hingga para gadis pun akan memberi nilai lebih pada jejaka yang piawai memainkannya. Mungkin keberadaannya saat ini seperti gitar, piano, dan alat-alat musik modern-popular saat ini. Beberapa sumber menyatakan bahwa karinding telah ada bahkan sebelum adanya kecapi. Jika kecapi te

ASAL-USUL KERIS (dok.Salakanagara)

Image
Ada banyak teori cuba menjelaskan asal-usul penggunaan keris di Nusantara.Antaranya adalah teori yang pertama seperti yang dikemukakan G.B.Gardner dalam bukunya Keris and Other Malay Weapon (1936). Keris dianggap Gardner sebagai perkembangan lanjut daripada jenis senjata tikam zaman pra-sejarahyang terbuat daripada tulang ikan pari. Cara membuatnya adalah denganmemotong tulang ikan pari pada pangkalnya, kemudian dibalut kain padatangkainya, sehingga dapat digenggam dan mudah dibawa ke mana-mana (Hill1998). Tetapi, Harsrinuksmo (2004) mengatakan teori Gardner itu ada banyak kelemahan, kerana tradisi pembuatan keris yang tertua di Indonesia tidak berkembang di kawasan pesisir, tetapi di pedalaman pulau Jawa.Teori yang kedua tentang asal usul keris telah dikemukakan GriffithWilkens. Dia menganggap budaya keris baru muncul pada abad ke-14 danke-15M sebagai perkembangan daripada senjata tombak – senjata yang lazimdigunakan suku-suku yang tinggal di Asia dan Australia.

Foto Rupa Iket

Image

Aji Mantri Putra Mahkota Prabu Seda (Dok.Salakanagara)

Ku : Aan Merdeka Permana Lalampahan Aji Mantri Muru Sumedanglarang DINA catetan sajarah resmi teu kacatet ngaran Aji Mantri. Padahal makamna puguh aya di Cimalaka Sumedang tur urang dinya yakin kacida, yen ieu tokoh teh putrana Prabu Raga Mulya Suryakancana anu diutus nyerenkeun makuta raja ti Prabu Raga Mulya atawa Prabu Seda raja Pajajaran ka Prabu Geusan Ulun di Sumedanglarang. PRABU Raga Mulya miang ti dayeuh Pakuan muru mumunggang Gunung Pulasari, Pandeglang, Banten. Ku panarajang Banten dina 1579 Masehi, Prabu Raga Mulya geus ngarasa yen Pajajaran geus mimiti lekasan. Ari miang ka Pulasari, lain dumeh sieun ku musuh tapi ku ayana eta kasadaran tea. Pulasari dianggap pangbalikan, sabab inyana percaya yen karuhun Sunda teh jolna ti dinya. Samemeh Pulasari oge digempur tepikeun ka rata pisan, Sang Prabu ngutus putrana anu katelahna Aji Mantri pikeun nyerenkeun makuta raja ka Prabu Geusan Ulun di Sumedanglarang. Aji Mantri dikawal ku opat papatih Jaya Perkosa,

KITAB SUNDA (Dok.Salakanagara)

Ku : Aan Merdeka Permana  Dua Kitab Karatuan ti Sunda Ngalahirkeun Pamingpin Nusantara HENTEU kabéh nyaho, kaasup sabagéan gedé kalangan sejarahwan, yén di tanah Sunda kungsi lahir kitab-kitab istiméwa anu ngalantarankeun raja-raja Jawa Dwipa nyongcolang jeung kakoncara sa Asia Tenggara. Salah sahijina nyaéta Kitab Pustaka Ratuning Bala Sariwu, kitab anu eusina taktik tempur kamilitéran. RADÉN SANJAYA téh raja munggaran anu sanggup ngahijikeun Nusantara. Inyana ngabogaan stratégi perang jeung tata-nagara. Nampa jujuluk Sang Taraju Jawa Dwipa anu kumawasa di tilu karajaan badag di Pulo Jawa jeung kakoncara di Asia Tenggara. Jaman harita, saban raja kudu boga pasaratan. Boga kaséhatan jasmani jeung rohani anu dieuyeuban ku kamampuh nu sipatna “tuhu” (kuat dina kasatiaan), “tuah” ( kuat lahir batin) jeung “tulah” (kuat atawa sanggup dina ngahukum deungeun). Raden Sanjaya, Radén Wijaya jeung Prabu Siliwangi boga éta tilu kakuatan, sabab ditunjang ku pangabisa dina n

Penelitian Mutahir Naskah Sunda Kuna (Dok.Salakanagara)

Image
Ada beberapa naskah Sunda kuna (NSK) yang “hadir” belum lama ini. Tentu saja, “hadir” di sini maksudnya dihadirkan karena telah dan sedang diteliti dari sisi filologi, ilmu yang memang bergerak di bidang transliterasi, transkripsi, rekonstruksi, translasi dan interpretasi naskah kuna. Paling tidak ada 13 NSK yang diteliti. Naskah yang dimaksud sebagai berikut: Carita Raden Jayakeuling (CRJ, L 407), Kaleupasan (K, L 426 B), Sanghyang Jati Maha Pitutur (SJMP, L 426 C), Kala Purbaka (KP, L 506), Sanghyang Sasana Maha Guru (SSMG, L621), Warugan Lemah (WL, L 622), Bimaswarga (B, L 623), Sanghyang Swawar Cinta (SWC, L 626), Kisah Putra Rama dan Rawana (KPRR), dan empat versi naskah Sewaka Darma. Dari sisi peneliti naskah, paling tidak dapat digolongkan menjadi dua golongan. Pertama, datang dari kalangan staf Perpustakaan Nasional RI, yakni Aditia Gunawan. Peneliti muda ini meneliti SSMG, KP, SJMP, K, WL, dan SSC. Dari jumlah tersebut yang telah dipublikasikan baru dua, y

Karajaan Arcamanik (Dok.Salakanagara)

Ku : Aan Merdeka Permana BAHEULA di tatar Sunda, salian ti Pajajaran, aya karajaan-karajaan leutik. Bisa bae ngadegna bareng jeung Pajajaran aya. Tapi bisa jadi deuih mimiti ngadegna teh sanggeusna Pajajaran burak, nyaeta taun 1579 Masehi. Karajaan leutik anu kakara ngadeg sanggeusna Pajajaran burak, di antarana nyaeta Karajaan Arcamanik. Ieu karajaan ngadeg dina taun 1608 Masehi. Nu ngadegkeunana Prabu Pamungkasan, salah saurang pangagung Pajajaran anu lumpat ti Pakuan Bogor, ka tebeh wetan. Karajaan Arcamanik diadegkeun, lian ti ayana katineung anu gede ka Pajajaran, oge bari sakalian ngamankeun rajakaya Pajajaran. Ceuk sakaol, di wewengkon Kampung Arcamanik tug ka kiwari aya pependeman atawa harta karun. Ngan teuing di mana ayana. Ti taun 1920-an keneh tepikeun ka kiwari, sok aya anu ngahaja kukurusuk kana rungkun-rungkun bala. Cenah mah anu rek nyiar pependeman tea.

TEMBONG AGUNG, Cikal Bakal Kerajaan Sumedanglarang (Dok.Salakanagara)

AWALNYA, yang pertama mendirikan kerajaan di daerah Sumedang yaitu Dewa Guru Haji Putih, sekitar 1479 Masehi. Ia merupakan saudara dari Prabu Sri Baduga Maharaja, Prabu Siliwangi I, keturunan raja-raja Galuh. Dengan nama Kerajaan Tembong Agung yang berpusat pemerintahan di Leuwihideung, Darmaraja, Prabu Dewa Guru Haji Putih memiliki putra bernama Prabu Tajimalela yang kemudian meneruskan ayahnya bertahta di Kerajaan Tembong Agung, tahun 1479-1492. Kerajaan Tembong Agung ini lah, sebagai cikal bakal berdirinya kerajaan Sumedanglarang. Ditinjau dari segi asal usul kata (etimologi), Sumedanglarang berarti 'Tanah luas bagus yang jarang bandingannya', rangkaian dari Su = bagus, Medang = luas dan Larang = jarang bandingannya. Sedangkan nama kerajaan Sumedanglarang, berawal dari nama Sumedang yang berarti 'aku lahir untuk memberi penerangan'. Insun Medal = aku lahir, Insun Medangan = aku memberi penerangan yang saat itu diucapkan Prabu Tajimalela saat terjadi

PURWAKA CARUBAN NAGARI

Image
Yasana, Alm.Pangeran Arya Cerbon Diserat dina basa Kawi Taun 1720 Disundakeun ku, asep idjuddin. BISMILLAHIRROKHMANIRROKHIM, Kalayan nyebat jenengan Alloh nu Maha Tunggal, nu tos ngeresakeun jisim kuring hirup bagja kanggo nyerat riwayat asal-usul nagara Caruban. Sanaos sanes padamelan enteng, namung upami dipidamel kalayan suhud, bari ikhlas tur nganggo aturan nu lazim tangtos tiasa ngahontal maksad.Mugi kauninga nagara Cirebon teh nagara nu rahayatna hirup subur ma’mur, ieu riwayat disusun dina mangsa nagara Cirebon diparentah ku Susuhunan Jati Purba,salahsaurang wali di pulo Jawa nu ngajegkeun tur ngatur urusan Agama Rasul di tanah Pasundan, ngabahudenda di karaton Pakungwati di aping uwana nya eta Pangeran Cakrabuwana nu disebat Sang Mangana. Atanapi Ki Kuwu Cerbon nu ka dua. Kanggo ngaberkahan ieu nagara ngawitan disebat nagara Caruban nu hartosna campuran, teras disebat Carbon. Ieu nagara ku wali salapan disebat nagara Puseur- Bhumi.Disebat oge nagara nu aya

KUJANG MENURUT BERITA PANTUN BOGOR

Image
Oleh:Anis Djatisunda Purwaka Berbicara tentang kujang, identik dengan berbicara Sunda Pajajaran masa silam.Sebab, alat ini berupa salah sastu aspek identitas eksistensi budaya Sunda kalaitu. Namun, dari telusuran kisah keberadaannya tadi, sampai sekarang belumditemukan sumber sejarah yang mampu memberitakan secara jelas dan rinci. Malahbisa dikatakan tidak danya sumber berita sejarah yang akurat. Satu-satunya sumber berita yang dapat dijadikan pegangan(sementara) yaitu lakon-lakon pantun. Sebab dalam lakon-lakon pantun itulahkujang banyak disebut-sebut. Di antara kisah-kisah pantun yang terhitung masihlengkap memberitakan kujang, yaitu pantun (khas) Bogor sumber Gunung Kendengsebaran Aki Uyut Baju Rambeng. Pantun Bogor ini sampai akhir abad ke-19 hanyadikenal oleh warga masyarakat Bogor marginal (pinggiran), yaitu masyarakatpedesaan. Mulai dikenalnya oleh kalangan intelektual, setelahnya tahun 1906C.M. Pleyte (seorang Belanda yang besar perhatiannya kepada sejarah P

SEJARAH BANDUNG LAUTAN API (Dok.Salakanagara)

Image
SUATU hari di Bulan Maret 1946, dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota Bandung menuju pegunungan di selatan. Beberapa tahun kemudian, lagu "Halo-Halo Bandung" ditulis untuk melambangkan emosi mereka, seiring janji akan kembali ke kota tercinta, yang telah menjadi lautan api. Insiden Perobekan Bendera Setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Kemerdekaan harus dicapai sedikit demi sedikit melalui perjuangan rakyat yang rela mengorbankan segalanya. Setelah Jepang kalah, tentara Inggris datang untuk melucuti tentara Jepang. Mereka berkomplot dengan Belanda (tentara NICA) dan memperalat Jepang untuk menjajah kembali Indonesia.