Posts

Showing posts from April, 2013

Bukti Bahwa Kerajaan Pajajaran ada : (Dok.Salakanagara)

I. Prasasti Prasasti Batutulis Lawang Gintung sebagai sebagai prasasti yang sangat mendukung akan eksistensi kerajaan Pajajaran.Kompleks Prasasti Batutulis yang luasnya 17 x 15 meter terletak di desa batutulis, lebih kurang 2 km dari pusat Kota Bogor.Batu Prasasti dan benda-benda lain peninggalan kerajaan Pajajaran terdapAt dalam komplek ini. Pada batu ini berukir kalimat-kalimat dengan huruf Sunda Kawi. Diukir oleh Prabu Surawisesa pada tahun 1533 Masehi (1455-Saka) dengan maksud memperingati jasa aahandanya Sri Baduga Maharaja atau yang lebih dikenal dengan nama Prabu Siliwangi yang sakti. Sri Baduga Maharaja adalah raja Pajajajran terbesar yang memerintah tahun 1482-1521 masehi (1404+1443 Saka). Prasasti Batutulis ini adalah tempat untuk melakukan upacara penobatan raja-raja pajajaran dibawah kekuasaan Prabu Siliwangi (1482-1521). Dalam transkripsi prasasti batu tulis disebutkan bahwa raja Pajajaran membuat : 1. Tugu peringatan (sasakala) berupa bukit ==> tela

Catetan : Uki Abdul Mukri - Salakanagara HASIL PENELITIAN KERAJAAN SALAKANAGARA

Image
O l e h : Dani Prayudhi, Maslim Lesmana, Nurhaedi, Renny .Y. Adystiani, Vinchentia RH SALAKANAGARA Pandeglang menyuguhkan banyak sejarah yang sangat menarik untuk di teliti. Salah satunya sejarah Kerajaan Salakanagara. Cihunjuran, Citaman, Pulosari dan Ujung Kulon merupakan tempat-tempat yang menyimpan banyak situs tentang Salakanagara. Di Cihunjuran misalnya, di tengah hamparan pesawahan terdapat beberapa batu-batu purba serta kolam-kolam pemandian purba tepatnya zaman Megalitikum. Bukan hanya batu-batuan dan kolam-kolam purba yang menambah menariknya Cihunjuran, pemakaman Aki Tirem Luhur Mulia atau yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Angling Dharma dalam nama Hindu dan Wali Jangkung dalam nama Islam yang ukurannya tidak seperti pemakaman pada umumnya semakin menambah eksotisme sejarah di tempat tersebut. Batu Dolmen, tumpukan menhir yang dikumpulkan oleh warga setempat, Batu Dakon dan Batu Peta yang sampai saat ini belum ada satu orang pun y

Harti Kecap SUNDA (Dok.Salakanagara)

Harti kecap sunda sacara leksikografis/etimologis, ceuk R. Mamun Atmamihardja dina bukuna Sejarah Sunda I (1956) aya sababaraha harti dumasar kana kamus bahasa, nyaeta : A. Bahasa Sansekerta 1. SUNDA, sopan, bersinar, terang 2. SUNDA, nama Dewa Wisnu 3. SUNDA, nama ksatria buta (daitya) dalam cerita Upa Sunda dan Ni Sunda 4. SUNDA, ksatria kera (wanara) dalam Cerita Ramayana 5. SUNDA, dari kata Çuddha (= putih) 6. SUNDA, nama gunung di Bandung Utara B. Bahasa Kawi 1. SUNDA, air 2. SUNDA, tumpukan 3. SUNDA, pangkat 4. SUNDA, waspada

SASAKALA PANDEGLANG (Dokumen Salakanagara)

Jaman baheula aya hiji putri, putra Sanghiang Kanali¬putih, jenenganana Nyi Putri Grajati, calikna di sisi Walungan Cilémér. Dina jaman harita éta putri kawéntar pisan kageulisanana. Réa raja jeung putra raja nu paralayeun migarwa. Tapi boro-boro kalaksanakeun migarwa, nepangan ogé teu aya nu iasa, da teu aya nu uningaeun lebah-lebahna acan. Sawarnaning mahluk anu kumelip di leuweung éta, euweuh nu teu muji ka putri, kayungyun ku kageulisanana, kasabaranana, jeung kasaéan manahna. Upama Nyi Putri angkat-angkatan, sato héwan anu ngiring, mani ngeungkeuy mangpirang-pirang. Ngaleut di satukangeun Nyi Putri. Upama Nyi Putri ngalangkung, tutuwuhan tingpelenong, ngahormat minangkana mah. Kekembangan ngadadak bareukah, ngabaktikeun seu-seungitna. Bubuahan anu parentil kénéh, ngadadak arasak kahibaran ku cahaya Nyi Putri. Tatangkalan anu gedé anu leutik, kabéh kawas hayang ngébréhkeun kasukana ka Nyi Putri. Unggal peuting upama caang bulan, Nyi Putri sok ngadon ngebak ka Ta

Dongeng Sasakala Surade (Dok.Salakanagara)

Sakiduleun kota Sukabumi aya hiji tempat anu rada kajojo ku jalma – jalma anu resep pelesiran. Eta tempat teh ngarana nyaeta SURADE. Reana jalma nu datang ka eta tempat ku sabab genah tur seger hawana, katambah aya hiji tempat pikeun pelesiran nyaetaUjung Genteng. Kumaha asal muasal ngaran eta tempat teh. Kieu geura : ceuk sakaol carita baheula aya hiji sepuh anu luhung ku elmu, jembar ku pangabisa, sugih ku pangarti, saciduh metuh saucap nyata. Eta sepuh teh wastana EYANG MAS ARYA SANTRI DALEM anu katelah namah EYANG CIGANGSA. Eyang Cigangsa kagungan saderek istri anu wastana NYI MAS SURADEWI. Anjeuna kacida nyaah tur deudeuhna sabab kana sagal piwuruk teu wurung diturut, hirup teu lepas tina aturan, itungan jeung ugeran. Ari pangawakan Nyi Mas Suradewi, geulis kawanti – wanti, endah kabina – bina, estu geulis bawa ti ajali endah bawa ti kudratna.

HURIP BAHASA SUNDA! (Dok.Salakanagara)

oleh Chye Retty Isnendes (Diposting di sini karena permintaan dari beberapa teman, setelah sebelumnya diedit bagian yang dianggap mengandung provokasi-nya). Bagaimana mungkin memahami suatu budaya tanpa mempelajari bahasanya? Bagaimana mungkin pendidikan karakter tanpa bahasa ibunya? Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang juga bahasa ibu di Tatar Sunda dan di Indonesia. Tak perlu diperbincangkan lagi mengenai landasan hukum konstitusional tentang hal ini. UUD 45 dan amandemennya sudah demikian fasihnya kita menghapal. Tak perlu diperbincangkan lagi bagaimana UNESCO memberi penghargaan yang begitu tinggi pada bahasa ibu. Karena pada bahasa ibu, warisan dunia dan karakteristik manusia sebagai individu yang unik berada. Tak perlu diperbincangkan lagi tentang UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 dan PERDA Provinsi Jawa Barat No. 5 tahun 2003 Tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah, juga Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 3 Tahun 2004 tentang Petunjuk

MITOS PAJAJARAN DAN SILIWANGI : SEBUAH TANGGAPAN (Dok Salakanagara)

Oleh: Richadiana Kadarisman Kartakusuma 1) MITOS Mitos memang tidak rasional tetapi lahir bukan tanpa latar pemikiran, karena manusia sebagai ‘mahluk berakal, sekecil apapun yang dihasilkannya merupakan produk budaya disertai gagasan sesuai lingkungan alam manusia itu hidup. Manusia dan kebudayaan senantiasa berpelukan layaknya ‘amis jeung peueutna’, Bukan kebetulan jika mitos sebagai produk budaya selalu ditemukan pada kebudayaan-kebudayaan yang ada di dunia. Mitos dalam kebudayaan tersimpan di dalam religi dan religi merupakan salah satu sistem dari tujuh wujud kebudayaan serta berlaku universal tidak terkecuali bangsa modern, bangsa maju, maupun yang tradisional sekalipun. Maka mitos merupakan bagian dari Sejarah Kebudayaan setiap Bangsa di dunia. Tidak keliru jika Ch.Dowson (cf., Nurhadi Magetsari 1980: 498) menyatakan: “...we cannot understand the inner form of society unless we understand religion. We cannot understand its cultural achievements unless we under

Bagus Rangin Pahlawan Majalengka (Dok.Salakanagara)

Kintunan : Kang Djodi Priatna Dina abad ka 19 di Majalengka aya gerakan nu baruntak ka pamarentah Walanda, anu kaasup rongkah. Pikeun nyanghareupanana Walanda nepi ka kudu ngetrukkeun kakuatan, boh pasukan Walanda atawa pasukan pribumi anu biluk ka maranehna. Nu mingpin perjoangan di Majalengka teh nya eta Bagus Rangin. Ambahanana ngalegaan, geus puguh di Cirebon mah (harita Majalengka masih kabawah ku kasultanan Cirebon), ieu mah nepi ka Subang jeung Karawang. Neruskeun Perjoangan Suriawijaya Bagus Rangin teh pituin urang Majalengka, ti kampung Demak, Blandongan, Rajagaluh. Pernahna di tutugan kaler gunung Ciremay. anjeunna teh putra Sentayem alias Buyut Teyom, ajengan nu luhur elmuna sarta loba santrina. Salian ti guguru ka nu jadi Bapa, anjeunna oge guguru ka Rama Banten, ulama kamashur ahli tarekat. Bagus Rangin kaasup santri nu pinter, gede wawanen dina enggoning ngabela bebeneran. Sanggeus sawawa anjeunna kapapancenan mingpin kebagusan Jatitujuh ku Sultan Cir

ASAL USUL URANG SUNDA (Dok.Salakanagara)

SUDAH sejak tahun 1950-an orang Sunda gelisah dengan sejarahnya. Lebih-lebih generasi sekarang, mereka selalu mempertanyakan, betulkah sejarah Sunda seperti yang diceritakan orang-orang tua mereka? Katanya, kekuasaannya membentang sejak Kali Cipamali di timur terus ke barat pada daerah yang disebut sekarang Jawa Barat dengan Prabu Siliwangi sebagai salah seorang rajanya yang bijaksana. Betulkah? Sejarah Sunda memang tidak banyak berbicara dalam percaturan sejarah nasional. “Yang diajarkan di sekolah, paling hanya tiga kalimat,” kata Dr Edi Sukardi Ekadjati, peneliti, sejarawan dan Kepala Museum Asia Afrika di Bandung. Isinya singkat saja hanya mengungkap tentang Kerajaan Sunda dengan Raja Sri Baduga di daerah yang sekarang disebut Jawa Barat, lalu runtuh. Padahal, kerajaan dengan corak animistis dan hinduistis ini sudah berdiri sejak abad ke-8 Masehi dan berakhir eksistensinya menjelang abad ke-16 Masehi. Kisah-kisahnya yang begitu panjang, lebih banyak diketahui m

Abah Sunarya (Abeng Sunarya) – Dalang Wayang Golek

Image
Abeng Sunarya atau biasa dikenal juga dengan sebutan Abah Sunarya, lahir di Manggahang, Bandung 2 Januari 1920. Ayahnya, Juhari bin Artasim, adalah seorang dalang wayang golek. Abeng Sunarya belajar dalang dari ayahnya (1938), kemudian setelah ayahnya meninggal, belajar kepada dalang Atmaja di Cigebar. Tahun 1940, Sunarya pindah ke Tegallega agar berdekatan dengan dalang R.U Partasuanda untuk belajar lebih lanjut. Tahun 1944, ia mulai tampil sebagai dalang dan namanya kian dikenal. Tahun 1950-an, Abeng Sunarya sudah menjadi salah seorang dalang wayang golek terkenal. Pada tahun 1970-an dan tahun 1980-an, ia berkali-kali diundang untuk mendalang di luar negri, a.l di Prancis dan Swedia (1985). Disamping sebagai dalang, Sunarya juga membuat wayang golek . Pada tahun 1957, ia mendirikan Padepokan Pusaka Giri Harja sebagai tempat kursus pedalangan wayang golek purwa. Padepokan itu terletak di kampung Jelekong, Ciparay, Bandung. Banyak muridnya yang kemudian menjad

Umar Partasuanda – Dalang wayang golek

Nama lengkapnya Raden Oemar Partasoeanda. Lahir di Bandung, 11 Januari 1904. Beliau dikenal sebagai dalang, pencipta lagu, dan pencipta Wayang Golek Modern . Setelah tamat sekolah Vervlog melanjutkan ke Normaal school selama satu tahun kemudian menjadi guru Sakola Desa di Ciroyom, Bandung. Karena bakat dan minatnya pada kesenian, terutama seni pedalangan, pekerjaan guru ditinggalkannya. Ia belajar ilmu karawitan dan padalangan kepada bapak Ai di Ciroyom, Andir. Setelah kedua orang tuanya meninggal dunia, ia mengalami kesulitan ekonomi, sehingga terpaksa bekerja sebagai pegulat (worstelaar) dan sebagai pemain filem pada perusahaan Mr. Wong, yaitu perusahaan film pertama di Bandung (Indonesia). Ia pernah main dalam film cerita Lari ke Arab,  Eulis Acih, dan Si Pitung (1932). Ia aktif dalam pergerakan kebangsaan sejak 1927 dengan menjadi anggota PNI. Ia belajar mendalang pada dalang Kayat dan Sukatma pada th 1933. Oleh dalang Sukatma ia disuruh memperdalam ilmu mendala

Ngaleut Dayeuhkolot-Banjaran (Komunitas Apresisasi Wisata dan sejarah)

Image
Oleh : Ridwan Hutagalung Sebagai laporan dari ngaleut ke Dayeuhkolot-Banjaran tanggal 20 Maret 2011 kemarin, saya bikin catatan yang ternyata berpanjang-panjang. Semoga tidak membosankan membacanya. MONUMEN MOHAMMAD TOHA Pada hari Minggu lalu, 20 Maret 2011, Komunitas Aleut! mengadakan kunjungan ke daerah Dayeuhkolot dengan tema utamanya mengenang peristiwa Bandung Lautan Api (BLA – 1946). Sebagian kita mungkin sudah mengetahui kaitan Dayeuhkolot dengan BLA. Di sinilah seorang tokoh kontroversial , Mohammad Toha, meledakkan gudang mesiu Belanda. Bukan hanya ketokohan Moh. Toha yang kontroversial, namun kronologi peristiwanya pun lumyan simpang-siur, maklum tak ada seorang pun yang secara langsung menyaksikan atau mengetahui secara persis peristiwa itu. Koran Pikiran Rakyat pernah mengadakan investigasi intensif pada tahun 2007 dengan mewawancarai sejumlah tokoh yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mungkin berkaitan. Di antara mereka

SEJARAH DAYEUHKOLOT, IBU KOTA KABUPATEN BANDUNG KAPUNGKUR

Image
Di sebelah Barat daerah kekuasaan Mataram, tepatnya di utara kaki Gunung Geulis, mengalir sebuah sungai besar yang menjadi ciri atas berdirinya Kerajaan Tarumanagara. Sungai yang dimaksud yaitu sungai Citarum, Ci berasal dari kata Cai yang berarti air dan Tarum yaitu semacam Perdu (tumbuhan) yang tumbuh di tepi sungai itu. Apabila daun perdu itu terkena rendaman air sungai, maka air itu akan berwarna hitam. Tumbuhan perdu biasanya sering digunakan oleh wanita pada masa itu untuk mencuci rambut. Keadaan tanahnya landai sehingga mudah digunakan untuk lalu-lalang orang dengan mempergunakan rakit penyeberangan (Rini, Dayeuh Kolot . 2005:2). Dengan semakin ramainya orang menggunakan daerah itu, maka lambat laut daerah itu menjadi daerah persinggahan dan perdagangan. Pada awal abad ke-17, di daerah ini dibentuk organisasi pemerintahan untuk menata, menyusun dan menertibkan masyarakat dan tata lingkungan hidupnya dalam segala hal sampai dengan penetapan pemakaian nama da

PREMIS KEYAKINAN (Dok.Salakanagara)

Oleh : Richadiana Kartakusuma Setiap ajaran yang menolak untuk menempatkan pengalaman manusia di luar alam, seharusnya menemukan dalam pemerian pengalaman manusia faktor-faktor yang juga terdapat dalam pemerian peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian alami yang kurang terkhususkan, seperti halnya pada manusia. Juga mengakui kebenaran paham dualisme, paling tidak sebagai ajaran sementara, atau menunjukkan adanya unsur-unsur identik yang mengkaitkan pengalaman manusia dengan ilmu pengetahuan alam (fisika). Kalau faktor-faktor seperti itu tidak ada, maka ajaran tentang pengalaman manusia sebagai suatu fakta dalam alam hanyalah omong kosong belaka, suatu ajaran yang didasarkan atas ucapan-ucapan kabur yang tidak ada artinya selain kebiasaan yang terasa mengenakkan. Premis universe pada semua kebudayaaan di dunia menegaskan bahwa pada umumnya manusia religius mempunyai sikap tertentu terhadap kehidupan, yaitu dunia, manusia, dan terhadap yang dianggapnya suci (

KIDUNG SUNDA ( Dokumen Salakanagara)

Kidung Sunda adalah sebuah karya sastra dalam bahasa Jawa Pertengahan berbentuk tembang (syair) dan kemungkinan besar berasal dari Bali. Dalam kidung ini dikisahkan prabu Hayam Wuruk dari Majapahit yang ingin mencari seorang permaisuri, kemudian beliau menginginkan putri Sunda yang dalam cerita ini tak memiliki nama. Namun patih Gajah Mada tidak suka karena orang Sunda dianggapnya harus tunduk kepada orang Majapahit (baca orang Jawa). Kemudian terjadi perang besar-besaran di Bubat, pelabuhan tempat berlabuhnya rombongan Sunda. Dalam peristiwa ini rombongan Kerajaan Sunda dibantai dan putri Sunda yang merasa pilu akhirnya bunuh diri. Versi kidung Sunda Seorang pakar Belanda bernama Prof Dr. f, menemukan beberapa versi KS. Dua di antaranya pernah dibicarakan dan diterbitkannya: 1. Kidung Sunda 2. Kidung Sundâyana (Perjalanan (orang) Sunda) Kidung Sunda yang pertama disebut di atas, lebih panjang daripada Kidung Sundâyana dan mutu kesusastraannya lebih tinggi dan vers

Mengenal Holisme Sunda (Jilid II)

Syahdan Prabu Nalendra Sri Baduga Maharaja (berkuasa di Kerajaan Padjadjaran mulai tahun 1482 M)  pernah menasehati Putranya Walangsungsang..... beliau menyampaikan "Pepatah" leluhurnya sebagai berikut : "Bahwa satu saat pintu Mekah terbuka lebar… dari situ jalan kearifan membelah lautan hingga tembus ke pulau tutung. Lalu banyak manusia menyusuri kearifan, tapi mereka tidak tahu (hakikat) yang disebut kearifan"  (dikutif dari Kisah Walangsunsang karangan WD Darmawan) Makna dan hakikat "arif" dan kearifan tidaklah sebatas mengetahui sesuatu... tetapi lebih jauh lagi dari sekedar tahu karena merupakan suatu kondisi dan sikap mental dimana pendengaran-penglihatan-fuad seorang manusia telah benar-benar "memindai" sesuatu hal secara holistik dan utuh...  tidak sebatas Ilman Yakin hasil pemindaian oleh pendengarannya semata ... tetapi telah pula Ainul Yakin melalui proses pemindaian oleh penglihatannya .... yang kemudian menghantarkannya

Mengenal Holisme Sunda (jilid 1)

Ketika harimau menjadi raja hutan....Tetapi mengaum di Kebun Binatang.... Ketika Ki Sunda menempuh "Millah" Kehanifannya....Tetapi terkerangkeng oleh jeruji Penjajahan dan Millah wong Jowo "Millah" kadang sulit di definisikan secara tepat dalam bahsa Indonesia, maklumlah...karena kosa kata tersebut adalah unsur serapan dari bahasa Arab.... kadang orang artikan Millah dengan makna agama... seringpula Millah di artikan dengan gaya hidup... Namun yang penting adalah konteks Millah tersebut jelas-jelas bisa kita rasakan ketika ada upaya suatu kaum lainnya yang berusaha memaksakan millahnya menjadi "millah" kaum lainnya.... dimana upaya pemaksaan millah itu berlangsung melalui berbagai bentuk praktek "penjajahan"... baik penjajah fisik, mental atau ekonomis dan idiologis Kaum apapun pastilah punya millah sendiri-sendiri...  dan millah suatu kaum, dapat di ibaratkan dengan watak atau sifat dalam level pribadi atau personal .... Ura

SESEBUTAN KA JALMA NYOKOT TINA PATOKAN RUPA JEUNG WANDANA.

Montok = awak seseg jeung sehat Bongsor = haloghog = gancang ngagedean Kutet = awak leutik bae Belekesenteng,buta tulang, Buta daging = Keur meujeuhna ras Geulis = awewe anu boga rupa hade Kasep = lalaki nu boga rupa hade Bahenol = awewe anu rupana taya cawadeun sarta Pikabitaeun Songgeng = bujur nonjol ka tukang, cangkeng Dengkeng Telebeng = teu aya cangkengan Budayut =bureuteu = beuteung nyemplu Gembru = budak lintuh Lenggik = awewe nu cangkengna leutik Ceking = awakna leutik Bayuhyuh = lalaki lintuh Bucitreuk = gede beuteungna wungkul Pacer = bitisna leutik Gembil = pipina lintuh

NGARAN PAPARABOTAN JEUNG PAKAKAS

1. Patik = paranti nuar tatangkalan jeung meulahan suluh anu galede 2. Baliung = paranti nuar tatangkalan 3. Kampak = paranti meulahan suluh anu laleutik (dahan) 4. Balincong = matana dua, anu lancip pikeun nugar barangkal, bagian anu rubak pikeun ngagalo taneuh 5. Parang = paranti babad galeng, rubak ka tungtungna 6. Arit = paranti ngala jukut 7. Bedog = paranti nuar awi, paranti nutuhan dahan kai 8. Gobang = leuwih panjang ti bedog 9. Pedang= leuwih panjang ti gobang, sok dipake parabot perang 10. Kolewang = pedang pulisi jaman belanda, dina gagangna make panghalang 11. Betekok = bedog pondok (bedog si cepot) 12. Abir = peso rubak paranti nyacag daging 13. Kujang = peso anu seukeut tukang jeung hareupna 14. Sekin = bedog kapalang, lencop ka congona 15. Balati = sarua jeung sekin

TOKOH - TOKOH PAWAYANGAN DINA WAYANG GOLEK (SUNDA)

Pikeun di daerah Sunda mah, kana kasenian wayang the hamo bireuk deui, sabab mindeng ditaranggap dina boga hajat. Wayang anu kawentar di tatar Sunda jeung anu mindeng di tanggap nyaeta wayang golek.  Supaya barudak terang kana hiji-hijina ngaran wayang,urang tataan ngaran wayang anu aya dina wayang golek : 1. SANGHIANG TINGGAL. Anu ngarajaan para dewa di Sawarga Maniloka 2. SANGHIANG RANCASAN. Putra cikal Sanghiang Tunggal. Pasipatanana hawek. 3. SANGHIANG ISMAYA. Putra na Sanghiang Tunggal anu salin jinis jadi Semar. 4. SANGHIANG ANTAGA. Putra Sanghiang Tunggal anu salin jinis jadi Togog. 5. SANGHIANG PARAMESTI. Putrana Sanghiang Tunggal anu neraskeun sesepuh para Dewa di Sawarga Maniloka, nganggo jenengan Batara Guru. 6. BATARA BAYU. Golongan Dewa di Sawarga Maniloka, 7. BATARA INDRA. Dewa anu pangkasepna di Sawarga Maniloka. 8. BATARA SURYA. Anu ngatur panonpoe di Sawarga Maniloka. 9. PANJI NARADA. Kabayan Dewa, purah diutus ku Batara Guru. 10. DEWI SUPRA

ASAL – USUL JEUNG PRA SEJARAH KI SUNDA (Dok.Salakanagara)

Ku, Prof. Dr. R. P. Koesoemadinata Guru Besar Emeritus Geologi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung Disundakeun ku Sundamaya Saripati/Abstraks Ngahaeub Perang Dunya kadua loba pisan situs artefak (lolobana talawengkar obsidian) nu kapanggih di pasir-pasir sabudeureun cekungan Bandung. Ieu situs jeung artefak-artefak teh geus dibahas ku Koenigswald (1935) jeung Rothpletz (1951). Ieu artefak-artefak teh ngan kapanggih lebah puncak-puncak pasir nu jangkungna leuwih ti 725 m saluhureun beungeut laut, ieu fakta nu bisa dijieun bukti yen kungsi ayana talaga bihari/purba (talaga Bandung). Nu ceuk dongeng rayat Sunda mah “Sasakala Sangkuriang” artefak nu kapanggih di wetankidul Bandung, lolobana cewiran batu obsidian, mindeng sagede tungtung jamparing, peso, pesoraut, jeung jara: parabot tina batu teh, aya nu winangun halu leutik, kampak, batu dua muka tina batu kalsedon, geulang, tina batu atawa cewiranana. Aya oge sesemperan barabadan, ata

Ngabungbang di Cikahuripan (Dok.Salakanagara)

Jika membaca sejarah Bandung Purba, terutama dikaitkan dengan terbentuknya Danau Bandung, tampak jelas peran Sungai Citarum dalam proses terjadinya danau Bandung. Berdasarkan kisah sejarah danau Bandung ini, sudah dapat dipastikan Sungai Citarum sudah ada sejak ribuan, bahkan jutaan tahun yang lampau.  Berbicara Sungai Citarum tidak terlepas dari mana sumber air sungai tersebut. Dan siapa pun tidak akan membantah lagi bahwa yang menjadi sumber air Sungai Citarum adalah hanyalah berasal dari sebuah sumur tua bernama Cisanti. Itulah yang disebut dengan huluwotan Citarum.  Dari huluwotan Citarum inilah air memancar secara terus-menerus tanpa jeda, keluar dari tanah yang tertampung dalam sebuah sumur bernama Cisanti. Dari sumur inilah air mengalir sampai jauh ke ujung lautan, membelah wilayah Tatar Sunda. Sehingga pada jaman kerajaan, sungai Citarum sempat dijadikan sebagai batas wilayah alam dua kerajaan besar, antara kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh. Bahkan oleh k

AHLI KAMASAN Dina Jaman Pajajaran (Dok.Salakanagara)

Ku : Aan Merdeka Permana KAMASAN atawa tukang nyieun perhiasan tina emas, geus aya ti jaman Karajaan Sunda kénéh, ngan baheula mah ngahususkeun kana perhiasan anggoeun raja. Makuta anu ayeuna diteundeun di Museum Pangéran Geusan Ulun Sumedang, dijieun ku Ki Aji Pandit Panuragan, ahli kamasan anu tetep satia tepikeun ka Pajajaran burak. DISEBUTKEUN yén hiji ngaran lembur anu katelahna Bojongemas, wewengkon Kabupatén Bandung , baheulana téh, nyaéta jauh ka baheula, malah parat tepikeun ka jaman Pajajaran, mangrupa pusat kamasan, atawa pusat industri karajinan tina emas. Ari nu dijieunna, sabangsa karajinan pakeeun para raja katut kulawadetna. Hasil industri ti Bojongemas, Kabupatén Bandung téh oge diékspor ka nagara-nagara séjén, saperti ka Sriwijaya, malah ka Viétnam jeung Kamboja. Tepikeun ka jaman Pajajaran ahir, masih kénéh kasampak kamasan sohor tur kapaké ku Raja. Anu nyieun makuta bikeuneun ka Prabu Geusan Ulun, ngaranna Aji Pandit Panuragan.

MAGEUHAN ADEG-ADEG KASUNDAAN (Dok.Salakanagara)

Ku :Rara Dotcom Dina “Nyukcruk Galur Kasundaan’ (Reinventing Sunda) anu kasebut tingkat Internasional mangrupa salah sahiji kareueus pikeun urang Sunda mah. Ari reueusna dina nyuckruk galur kasundaan dibawa ka tingkat internasional, lain ukur tingkat nasional wae, ieu teh salah sahiji tarekah anu kawilang pentingna, reueus, aheng malahan mah. Ari pentingna, sugan wae ku diangkatna ka tingkat internasional, bisa nambahan kawewegan pikeun urang sunda dina mageuhan adeg-adeg kasundaanana. Perlu dipikareueus, kituna mah. Ari ahengna? Enya aheng tur’aneh bin ajaib, diangkat ka tingkat dunya teh, padahal mah urang lemburna sorangan loba anu ngarasa era, teu wani ngaku. Diayakeunana International Conference Sundanese Culture (ICSC) teh ku pangrojongna ti komisi Nasional Indonesia keur UNESCO. Atuh ieu kagiatan anu diayakeun 3 poe 3 peuting bulan Oktober 2010 katompernakeun di Hotel Salah The Heritage Bogor teh, salilana ditungkulan ku utusan UNESCO, Dr. Ir. Tresna Dermawa

KENDAN ( Dok Salakanagara)

Sejarah Jawa Barat mencatat Kendan telah eksis sejak tahun 536 sampai dengan 612 M. Kendan berubah nama menjadi Galuh (permata) ketika masa Wretikandayun, penerus Kendan menyatakan diri melepaskan diri dari Tarumanagara (Sundapura). Karena Terusbawa merubah Tarumanagara menjadi Kerajaan Sunda (pura). Sejak tahun 670 M ditatar sunda dianggap ada dua kerajaan kembar, yakni Sunda Pakuan dan Sunda Galuh. Nama Kendan seolah tenggelam dalam kebesaran nama Galuh, sangat jarang diketahui masyarakat tentang wilayah dan kesejarahannya, kecuali beberapa masyarakat yang berminat mendalami sejarah Sunda. Bagi sejarawan sunda eksistensi Kendan tidak dapat dilepaskan dari Galuh. Kendan danggap cikal bakal Galuh. Bahkan sejarawan Sumedang di Musium Prabu Geusan Oeloen membedakan Galuh Kendan dengan Galuh Kawali.

Situ Cisanti: Di Sini Citarum Berawal

Image
Situ Cisanti di pagi hari. Photo: Diella Dachlan Berperahu di Situ Cisanti. Photo by Diella Dachlan Situ Cisanti, yang terletak di kaki Gunung Wayang,sekitar 60 kilometer sebelah selatan Kota Bandung dapat ditempuh oleh kendaraan sekitar 2-3 jam.

BERDIRINYA KABUPATEN BANDUNG

Dirangkum dari berbagai sumber. Sebelum Kabupaten Bandung berdiri, daerah Bandung dikenal dengan sebutan "Tatar Ukur".  Menurut naskah Sadjarah Bandung, sebelumKabupaten Bandung berdiri, Tatar Ukur adalah daerah Kerajaan Timbanganten' dengan ibukota di Tegalluar.2 Kerajaan itu berada di bawah dominasi Kerajaan Sunda-Pajajaran. Sejak pertengahan abad ke-15, Kerajaan Timbanganten diperintah secara turun-temurun oleh Prabu Pandaan Ukur, Dipati Agung, dan Dipati Ukur. Pada masa pemerintahan Dipati Ukur, Tatar Ukur merupakan suatu wilayah yang cukup luas, mencakup sebagian besar wilayah Jawa Barat, terdiri atas sembilan daerah yang disebut "Ukur Sasanga". Setelah Kerajaan Sunda-Pajajaran runtuh (1579/1580) akibat gerakan pasukan Banten dalam usaha menyebarkan agama Islam di daerah Jawa Barat, Tatar Ukur menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Sumedanglarang, penerus Kerajaan Pajajaran. Kerajaan Sumedanglarang didirikan dan diperintah pertama kali oleh Prabu Geusan U

JAMAN PAJAJARAN (1482 - 1579)

A. KAWALI IBUKOTA BARU 1. Pusat Pemerintahan berpindah-pindah Bila rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tumbuh secara bersangsur-angsur, ini mudah dipahami karena banyaknya kelompok etnik yang menjadi penduduk Indonesia. Rasa kesatuan etnik Sunda di Jawa Barat pun tidak tumbuh serempak, melainkan berangsur-angsur. Telah dikemukakan bahwa keturunan Manarah yang laki-laki terputus sehingga pada tahun 852 Tahta Galuh jatuh kepada keturunan Banga, yaitu Rakeyan Wuwus yang beristrikan puteri keturunan Galuh. Sebaliknya adik perempuan Rakeyan Wuwus menikah dengan putera Galuh yang kemudian menggantikan kedudukan iparnya sebagai Raja Sunda IX dengan gelar PRABU DARMARAKSA BUANA. Kehadiran orang Galuh sebagai Raja Sunda di Pakuan waktu itu belum dapat diterima secara umum, sama halnya dengan kehadiran Sanjaya dan Tamperan sebagai orang Sunda di Galuh. Prabu Darmaraksa (891 - 895) dibunuh oleh seorang menteri Sunda yang fanatik. Karena peristiwa itu, tiap Raja Sunda yang

Manusia Sunda Menurut Hasan Mustapa

KH HASAN Mustapa sebagai sosok manusia serba bisa dan mahiwal bukan merupakan hal yang perlu diperdebatkan lagi. Bahkan, bagi beberapa kalangan kedudukan K.H. Mustapa bila menggunakan istilah dunia persilatan dan dunia pewayangan, ia masuk kategori "manusia setengah dewa". Karena, menurut beberapa kalangan, untuk mengungkap dan membicarakan apalagi "mengeritik" K.H. Hasan Mustapa serta pemikirannya dianggap sebagai sikap nyanyahoanan. Denga adanya cara pandang demikian, akhirnya mustika dan mutiara yang sangat berharga dari pemikiran K.H. Hasan Mustapa tetap terpendam, tak ada yang bisa mengambil manfaatnya. Bila diteliti secara seksama, akar dan mata air pemikiran K.H. Hasan Mustapa bersumber dari tiga sumber. Pertama tradisi dan kebudayaan Sunda, baik dalam bentuk konsep maupun apa yang dialami dan dihayatinya. Kedua ajaran dan tradisi Islam, baik sebagai konsep ajaran maupun apa-apa yang dialaminya. Ketiga, kondisi dan tradisi serta kebudayaan m

KONSEP WAKTU DALAM PANDANGAN KI SUNDA

Image
Jam ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memakai kata-kata, bukan memakai angka-angka. Kata-kata ini menggambarkan suasana sekitar pada jam tersebut di jaman dahulu kala. Seperti misalnya jam 12.00 berarti disebut Tangage, lalu jam 04.00 berarti jam "kongkorongok hayam" yang berarti pada jam ini ayam berkokok di waktu ini. Berikut nama-nama waktu jam sunda SIANG; jam 12.00 = tangage, jam 13.00 = lingsir (panon poe lirgsir ngulon), jam 14.00 = kalangkang satangtung, jam 15.00 = mengok, jam 16.00 = tunggak gunung (pononpoe tunggak gunung), jam 17.00 = sariak luyung,

Rajah carita pantun Lutung Kasarung & Terjemahan

Bul kukus mendung ka manggung, ka manggung neda papayung, Ka dewata neda suka, ka pohaci neda suci, kuring rek diajar ngidung, nya ngidung carita pantun, ngahudang carita wayang, nyilokakeun nyukcruk laku, nyukcruk laku nu baheula, lulurung tujuh ngabandung, kadalapan keur disorang. Bisina nerus narutus, Bisina narajang alas, Paliasnerusnarutus, Palias narajang alas, Da puguh galur ing tutur, Ngambat papatan carita.

JABANG TUTUKA

Kanggo ka sadaya kadang wargi anu mikacinta ka budaya sunda, diantawisna Seni Wayang Golek, simkuring nyanggakeun ieu ringkasan Lakon-lakon Wayang Golek . Mudah-mudahan sing janten motivasi kanggo ka urang khususna para nonoman nu aya di tatar sunda, supados tiasa ngajenan, ngamumule, tur ngaronjatkeun budayana. Asa ku lebar pisan budaya urang (sunda) nu sakitu beunghar tur luhung ajenna dimomorekeun ku urang nu pituin sunda. Ulah dugikeun ka "Jati Kasilih Ku Junti" (Budaya urang kasilih / kalibas ku budaya deungeun). Tahap awalmah urang diajar mikaresep heula ka seni budayana, diantawisna dihandap ieu simkuring parantos nga-posting carita pondok/ringkasan wayang golek, Salian ti hiburan wayang golek teh mangrupi hiji jalan kanggo urang mulungan elmu agama, da numutkeun sajarahna waktos jaman Sunan Kalijaga, mantena tiasa nyebarkeun agama islam kalayan lancar tur gampil ditarima ku umat, salah sawios jalana nyaeta ku Seni Wayang. Mudah-mudahan sing s

HASTA BRATA – DALAPAN PAPAGON HIRUP KUMBUH.

“Jeung satemenna Kami geus ngébréhkeun ka manusa dina ieu AlQur’an , tina rupa-rupa siloka, tapi manusa téh makhluk anu paling loba némpas”(QS Al Kahfi : 154) Guaran ieu dumasar kana ajaran luluhur jeung hiji guru atawaUlama luhung ti Cirebon anu wastana Pandita Surya Sakti.  Ieu guaran téh disebutna Hasta Brata atawaDalapan Papagon Hirup. Ieu dalapan papagon hirup téh pituduh kamaha di antaranaupama manusa hayang ngahontal kabagjaan hirup enggoning ngolah nagara. Kadalapanpapagon téh nyaéta: 1.     WANITA. Perkara WANITA ieu hiji perkara anu pentingdina pilampahan manusa di dunya ieu. Pilampahan anu mangrupa naon baé lamunwanita henteu dibabawa, sigana urusannana moal pati bérés atawa lancar, naonsababna? Dumasar kana Surat An Nisaa ayat 1 kaunggelkieu: “ Hé sakabéh manusa! Maneh manéh kudu taqwa ka Pangran manéh, anungajadikeun manéh tina hiji jiwa (Adam). Jeung AnjeunNa ngajadikeun tina hijijiwa éta jodona (Hawa)….” Écés dina ieu ayat, yén Nabi Adam ogé kuKer

TATAKRAMA BASA SUNDA

Nurutkeun panalungtikan Tatakrama Basa Sunda atawa sok disebut oge UNDAK USUK BASA SUNDA (UUBS) teh wangunna saperti kieu: I. RAGAM BASA HORMAT (BASA LEMES) Dina hakekatna digunakeunana ragam hormat teh taya lian pikeun nembongkeun rasa hormat ti nu nyarita ka nu diajak nyarita jeung ka saha nu dicaritakeunana. Ragam Basa Hormat aya dalapan rupa nya eta: 1. Ragam Basa Lemes Pisan/Luhur; 2. Ragam Basa Lemes keur Batur; 3. Ragam basa Lemes keur Pribadi/Lemes Sedeng; 4. Ragam Basa Lemes Kagok/Panengah; 5. Ragam Basa Lemes Kampung/Dusun; jeung 6. Ragam Basa Lemes Budak.

Kitab Karatuan ti Sunda Ngalahirkeun Pamingpin Nusantara

HENTEU kabéh nyaho, kaasup sabagéan gedé kalangan sejarahwan, yén di tanah Sunda kungsi lahir kitab-kitab istiméwa anu ngalantarankeun raja-raja Jawa Dwipa nyongcolang jeung kakoncara sa Asia Tenggara. Salah sahijina nyaéta Kitab Pustaka Ratuning Bala Sariwu, kitab anu eusina taktik tempur kamilitéran. RADÉN SANJAYA téh raja munggaran anu sanggup ngahijikeun Nusantara. Inyana ngabogaan stratégi perang jeung tata-nagara. Nampa jujuluk Sang Taraju Jawa Dwipa anu kumawasa di tilu karajaan badag di Pulo Jawa jeung kakoncara di Asia Tenggara. Jaman harita, saban raja kudu boga pasaratan. Boga kaséhatan jasmani jeung rohani anu dieuyeuban ku kamampuh nu sipatna “tuhu” (kuat dina kasatiaan), “tuah” ( kuat lahir batin) jeung “tulah” (kuat atawa sanggup dina ngahukum deungeun). Raden Sanjaya, Radén Wijaya jeung Prabu Siliwangi boga éta tilu kakuatan, sabab ditunjang ku pangabisa dina ngajalankeun élmu anu aya dina Kitab Karatuan, nyaéta Kitab Sanghyang Sasanakerta jeung Kit

TUJUH anu kudu dipilampah dina kahirupan sapopoena pikeun Ki Sunda nyaeta : (Dok.Salakanagara)

  Kintunan : Heri Chakraningrat Suryadinata 1. JEMBAR DINA SABAR; Ngandung hartos yen Ki sunda keudah ngagaduhan kasabaran anu iklas datangna tina ati Sanubari ulah rek geuneuk maleukmeuk, kalayan tawakal ka Hyang Maha Tungal ( Tuhan Yang Maha Esa ) sareng daek ihtiar..... 2. BEAR DINA BUDI ; Ngandung hartos yen ki Sunda kedah tetep ramah tamah sopan santun nete taraje nincak hambalan leuleus jeujeur liat tali malapah gedang dina cumarosna ulah arek adigung adiguna/ sombong ujub ria takabur,teu weleh kudu hormat ka Sasama.. 3.SURTI DINA HARTI ; Ngandung hatos yen Ki Sunda kedah surti ati-ati sareng taliti kana naon nu di ucapkeun sababna naon nu di ucapkeun ku Ki Sunda kedah sami sareng nu di lampahkeun mun nyiduh sa crotna ngadek sa kecekna ,nilas sa keplasna hartosan entong arek asa-asa panceg dina hiji Pamadegan /ulah unggek ka linduan ulah rek endag ka anginan kalayan ulah arek bohong....

Leuit - Cadangan "Devisa" Urang Sunda

Image
LEUIT dalam kosa kata bahasa Sunda artinya adalah : LUMBUNG PADI yaitu sebuah bangunan yang letaknya terpisah dari Imah Gede / Rumah Induk tempat berkumpulnya keluarga atau handai taulan. Sedangkan fungsi dari leuit adalah tempat penyimpanan gabah yang memiliki kemampuan tahan cuaca, tahan hama penyakit, dan memiliki sistem tata udara yang baik sehingga gabah kering dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Leuit ini merupakan reserve/ cadangan stok gabah kering dari masyarakat Sunda yang digunakan hanya untuk keperluan besar seperti membantu tetangga yang kesusahan, dan lainnya. Leuit merupakan tempat penyimpanan gabah yang memiliki kemampuan tahan cuaca, tahan hama penyakit, dan memiliki sistem tata udara yang baik sehingga gabah kering dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Leuit ini merupakan reserve/ cadangan stok gabah kering dari masyarakat Sunda yang digunakan hanya untuk keperluan besar seperti membantu tetangga yang kesusahan, dan lainnya. Untu

Karajaan Galuh

Image
Sungai Citarum menjadi pembatas antara Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh . Kerajaan Sunda Galuh adalah suatu kerajaan yang merupakan penyatuan dua kerajaan besar di Tanah Sunda yang saling terkait erat, yaitu Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh . Kedua kerajaan tersebut merupakan pecahan dari kerajaan Tarumanagara . Berdasarkan peninggalan sejarah seperti prasasti dan naskah kuno, ibu kota Kerajaan Sunda berada di daerah yang sekarang menjadi kota Bogor , sedangkan ibu kota Kerajaan Galuh adalah kota Kawali di Kabupaten Ciamis . Namun demikian, banyak sumber peninggalan sejarah yang menyebut perpaduan kedua kerajaan ini dengan nama Kerajaan Sunda saja. Perjalanan pertama Prabu Jaya Pakuan ( Bujangga Manik ) mengelilingi pulau Jawa dilukiskan sebagai berikut: [1] [2] : Sadatang ka tungtung Sunda (Ketika ku mencapai perbatasan Sunda). Meuntasing di Cipamali (Aku menyeberangi Cipamali (yang sekarang dinamai kali Brebes)). Datang ka alas Jawa (dan masuklah aku ke

Filosofi Iket Sunda

Image
Pernah menyaksikan pagelaran wayang golek dalam budaya sunda? Didalamnya selalu dihiasi dengan kejenakaan 3 tokoh punakawan. Sebutlah cepot, dawala dan gareng. Cepot merupakan tokoh yang paling terkenal diantara ketiganya. Dan merupakan ciri khas dari Cepot adalah kulit berwarna merah, gigi tonggos dan tak lupa selalu menggunakan tutup kepala yang disebut sebagai iket.  Iket dalam budaya sunda memiliki filosofi tersendiri, disebut Makutawangsa : “sing saha bae anu make iket ieu, maka dirina kudu ngalakonkeun Pancadharma….“ artinya : “ barang siapa yang menggunakan iket ini, harus menjalankan Pancadharma… “ Hukum Pancadharma:

Iket (ikat kepala, penutup kepala orang sunda)

Image
tokoh masyrakat hingga tokoh musik, menggunakan iket (dok. Maria Hardayanto) Banyak pihak yang menyayangkan, ketika Rieke-Teten sebagai representasi golongan muda Jawa Barat memilih baju kotak-kotak dalam pilkada Jawa Barat. Karena selain dianggap hanya bentuk plagiasi kampanye Jokowi. Rieke dan Teten juga tidak memahami masyarakat yang akan dipimpinnya.

Nama Rupa Iket

Image
Beberapa Jenis Rupa IKET yang saya ketahui, berdasarkan hasil yang pernah saya lihat dari  kampung adat ( masih banyak kampung adat yang belum saya kunjungi, dan mohon bantuannya )   masih banyak lagi yang pernah saya dengar, atau lihat, dari beberapa sumber, tetapi saya masih saya cari informasinya, apakah iket tersebut masuk ke kategori rupa iket buhun atau rupa iket réka-an. Diantaranya Adalah:

Makna Filosofis Dalam “Iket” Sunda

Image
TIRTA GUNTARA Generasi muda saat ini banyak yang gandrung dengan pemakaian “iket“. Mereka memiliki cara pandang yang berbeda dalam membentuk “iket”, tetapi tetap memiliki acuan terhadap satu garis penciptaan karya “buhun” (kuno) "…saceundeung kaen" (Bujangga Manik, isi naskah baris 36) PENGGALAN kalimat tertulis di atas terdapat dalam naskah kuno Bujangga Manik yang menceritakan perjalanan Prabu Jaya Pakuan, seorang Raja Pakuan Pajajaran yang memilih hidupnya sebagai resi. Naskah diperkirakan ditulis sekitar abad ke-14. Isi naskah terdiri atas 29 lembar daun nipah yang masing-masing berisi 56 baris kalimat, terdiri atas 8 suku kata.

ONOM, Snouck dan Bupati Ciamis (Dok. Salakanagara)

Image
KISAH Onom (makhluk halus) dan perkawinan Snouck Hurgronye, salah seorang orientalis ternama zaman penjajahan Belanda yang menikah dengan gadis Ciamis, tampaknya bakal menjadi bagian tulisan sejarah yang cukup menarik. Tulisan sejarah Ciamis itu saat ini sedang disusun oleh sejarawan Prof. Dr. Dadan Wildan, Dr. Nina Lubis, dan kawan-kawan. Terbukti, ketika draf buku sejarah tersebut diseminarkan, Selasa (25/5) lalu di Pendopo Ciamis, saat penulis memaparkan cerita tentang Onom dan Snouck, para peserta benar-benar antusias. Daya tarik makhluk halus yang selama ini diyakini sebagai pendukung kekuatan dari Raja-raja/­Bupati Galuh, menjadi bagian catatan kaki yang diulas oleh penulis secara gamblang. Begitu juga ketika Snouck, ilmuwan Belanda yang merintis masuknya penjajahan Belanda di Aceh, dalam bagian buku itu ditulis menikah dengan gadis Ciamis, banyak tokoh Ciamis yang menjadi peserta seminar merasa kaget. Mereka tidak pernah membayangkan ternyata Snouck, ahli kaj

SITU AKSAN peninggalan Danau Bandung Purba (dok Salakanagara)

Image
Peninggalan Danau Purba Bandung yang sering juga disebut sebagai situ hyang sebenarnya masih banyak ditemukan di daerah Kota Bandung, tetapi akibat perubahan alam secara alamiah dan atau ketidak pedulian, kekurangtahuan serta kecerobohan pemerintah kota, sisa situ hyang lenyap ditelan pembangunan dan perluasan wilayah Kota Bandung. Sekarang tempat-tempat tersebut hampir semua hanya tinggal nama tanpa keberadaan airnya. Banyak tempat baik di Kota Bandung maupun di daerah cekungan Bandung yang mengindikasikan asalnya merupakan tempat yang berair, sebagaimana yang dipaparkan oleh T.Bachtiar (“Mengenal Asal-muasal Nama Tempat di Cekungan Bandung”, Pikiran Rakyat, Agustus 2005) yaitu antara lain nama tempat yang menggunakan kata Situ, leuwi, Ranca, Legok, Empang, Bantar, Rawa, Dano, Muara, Parakan, Beber, Lengkong, Parung, Talaga, Teluk, Tanggeung, dan Bugel.

AKSARA SUNDA (Ngalagena) - dok Salakanagara

Dalam Sejarah Aksara Sunda disebut pula aksara Ngalagena. Menurut catatan sejarah aksara ini telah dipakai oleh orang Sunda dari abad ke -14 sampai abad ke- 18. Jejak aksara Sunda dapat dilihat pada Prasasti Kawali atau disebut juga Prasasti Astana Gede yang dibuat untuk mengenang Prabu Niskala Wastukancana yang memerintah di Kawali, Ciamis, tahun 1371-1475. Prasasti Kebantenan yang termaktub dalam lempengan tembaga, berasal dari abad ke-15, juga memakai aksara Sunda Kuno. Berikut Prasasti Kawali dengan aksara Sunda Kuno: Tak ada bukti yang jelas tentang awal mula aksara Sunda lahir, sejak kapan nenek moyang orang Sunda menggunakan aksara ini. Yang jelas, sebelum abad ke-14, kebanyakan prasasti dan kropak (naskah lontar) ditulis dalam aksara lain, seperti aksara Pallawa (Prasasti Tugu abad ke-4) dan aksara Jawa Kuno (Prasasti Sanghyang Tapak abad ke-11). Bahasanya pun Sansekerta dan Jawa Kuno bahkan Melayu Kuno. Baru pada abad ke-14 dan seterusnya, aks

RADEN ALIT DAN TEMBANG AYANG2GUNG (Dok.Salakanagara)

Perlawanan Raden Alit: Oleh : Richadiana Kartakusuma Raden Alit melarang rakyat Jampang untuk memanen kopi yang telah masuk masa panen, bahkan ia memerintahkan untuk merusak tanaman kopi. Untuk mengamankan kepentingan Kompeni Belanda merencakan mengirimkan pasukannya ketempat peristiwa. Namun sebelum berangkat kelokasi, Tanuwijaya, kepala Kampung Baru Bogor mengirimkan berita bahwa Raden Alit telah meninggal dunia. Di balik itu Tanuwijaya mengirim berita kepada Raden Alit tentang adanya rencana Belanda untuk menyerang Jampang, sehinga dengan segera Raden Alit memboyong semua warganya, berjumlah 1.354 jiwa, untuk meninggalkan Jampang. Serangan itu pun diurungkan VOC. Mungkin berdasarkan penelitian intelijen VOC diketahui, bahwa Raden Alit belum meninggal. VOC segera menyerbu Jampang. Namun pasukan Raden Alit telah lebih dahulu memindahkan penduduk Jampang ke daerah Bayabang, di tepi Kali Citarum. Sayang jauhnya daerah baru itu sangat jauh, hanya sebagian yang bisa